Apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa?

image

Dalam proses belajar, sangat penting untuk menilai bagaimana hasil belajar para siswa. Hasil belajar digunakan sebagai alat ukur untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu, apa saja faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa?

Clark dalam Robertus Angkowo dan A. Kosasih menjelaskan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama, yakni:

a. Faktor dari dalam diri siswa (Eksternal)

Faktor dari dalam diri siswa terutama menyangkut kemampuan yang dimiliki siswa. Faktor ini besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang akan dicapai. Clark dalam Robertus Angkowo dan A. Kosasih mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa di sekolah 70% di pengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30% dipengaruhi oleh lingkungan. Berkaitan dengan faktor dari dalam diri siswa, selain faktor kemampuan ada juga faktor lain yaitu motivasi, minat, perhatian, sikap, kebiasaan belajar, ketekunan, kondisi sosial ekonomi, kondisi fisik dan psikis.

b. Faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lingkungan (Internal).

Salah satu faktor lingkungan yang paling dominan mempengerahui hasil belajar adalah kualitas pengajaran. Yang dimaksud dengan kualitas pengajaran adalah tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses pembelajaran dalam mencapai tujuan instruksional.

c. Faktor pendekatan pengajaran (approach to learning).

Faktor pendekatan pengajaran (approach to learning) berkaitan dengan upaya belajar yang dilakukan yang meliputi strategi dan metode pengajaran. Upaya tersebut dilakukan bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa dan menguasai materi yang dipelajari.

Berdasarkan pendapat Robertus Angkowo tersebut, dapat dipahami salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor pendekatan pengajaran, yaitu berkaitan dengan penerapan strategi pengajaran. Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains, maka peneliti akan menerapkan teknik pembelajaran kolaboratif group grid.