Apa saja yang membuat seorang manajer sukses dalam organisasi?

Peran seorang manajer merupakan suatu hal yang penting dalam organisasi karena keberadaan manajer sebagai motivator bagi karyawan dan menjadi ujung dari keberhasilan suatu organisasi. Maka, untuk mencapai keberhasilan dalam organisasi, apa saja hal hal yang dapat membuat manajer menjadi sukses?

Seorang manajer yang sukses mengetahui apa yang dibutuhkan karyawan untuk bekerja secara efektif, produktif dan berkontribusi pada pengalaman pelanggan serta suasana tempat kerja yang harmonis. Manajer juga harus mengerti bahwa faktor yang paling signifikan adalah apakah karyawan termotivasi sehingga mau bekerja secara optimal. Membuat karyawan merasa dihargai , diakui dan diucapkan juga kunci untuk tampil efektif sebagai manajer. Terdapat beberapa kunci keterampilan seorang manajer yang sukses :

  • Membangun hubungan interpersonal yang efektif dan responsif.
    Menghormati kemampuan anggota, rekan kerja dan eksekutif dengan menunjukkan kepedulian, kolaborasi, perhargaan, kepercayaan dan perhatian. Mereka bergantung pada manajer untuk memperlakukan rekan dengan baik dan rasa hormat, menepati janji, menunjukkan integritas, keteguhan dan karakter pada saat terjadinya suatu kejadian dan tantangan yang paling menantang.

  • Menetapkan tujuan
    Setiap karyawan membutuhkan tujuan yang harus diupayakan. Manajer memastikan bahwa karyawan bekerja untuk mewujudkan keseluruhan tujuan organisasi. Tetapkan tujuan spesifik dan terukur dengan karyawan, kemudian secara teratur memantau kemajuan dalam mencapainya.

  • Berkomunikasi secara efektif baik secara langsung maupun melalui media cetak, teks, dan email. Mendengarkan dan memberkan umpan balik dua arah. Manajer harus dapat terbuka untuk menerima umpan balik dari rekan kerja dan staf. Menghindari respons defensif dan bersedia mengubah perilaku saat ada umpan balik dengan tepat sasaran.

  • Membangun tim dan memungkinkan staf lain untuk berkolaborasi lebih efektif dengan satu sama lain. Orang merasa seolah-olah mereka menjadi lebih efektif, lebih kreatif, lebih produktif di hadapan tim. Bersedia untuk duduk dan memecahkan masalah saat kerja tim tidak sesuai target. Manajer bisa memberi tahu karyawan secara langsung dan bertindak jujur saat ada yang menghambat kemajuan tim.

  • Memahami aspek keuangan bisnis, menetapkan tujuan dan ukuran serta mendokumentasikan kemajuan dan kesuksesan staf. Hal ini memungkinkan tim merasakan kemajuan, bahwa mereka mencapai target dan melebihi harapan. Manajer yang baik dapat memahami dan memainkan peran yang tepat dalam menciptakan kemajuan, umpan balik, dan komunikasi.

  • Mengetahui bagaimana menciptakan lingkungan di mana orang mengalami moral dan pengakuan positif dan karyawan termotivasi untuk bekerja keras demi kesuksesan bisnis. Pahami bahwa manajer adalah faktor paling penting sehingga karyawan senang dalam bekerja. Interaksinya dengan karyawan menentukan suasana tempat kerja setiap hari.

  • Memimpin dengan memberi contoh dan menetapkan performa melalui ekspektasi dan tingkah laku. Manajer memberikan pengakuan saat orang lain melakukan hal yang sama. Dengan berbicara, karyawan tahu bahwa manajer memberikan contoh real karena dia mengatakan dan melakukan hal yang sama.

  • Membantu orang untuk tumbuh dan mengembangkan keterampilan dan kemampuan melalui pendidikan dan pembelajaran di tempat kerja.
    Manajer membuat karyawan untuk terus tumbuh dan berkembang dan membuat karir karyawan serta pengembangan pribadi menjadi prioritas di tempat kerja. Karyawan merasa seolah-olah manajer mereka peduli dengan karir dan kemajuan mereka. Inilah salah satu faktor terpenting yang dibutuhkan karyawan dalam bekerja.

Sumber: