Apa Saja Yang Masuk Dalam Kegiatan Nirmana dalam Seni Rupa?

Nirmana adalah ilmu yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan hubungan persepsi, bentuk, warna, ruang, dan bahan berwujud dua dimensi ataupun tiga dimensi. Kegiatan apa saja yang masuk dalam Nirmana ini?

Nirmana adalah ilmu yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan hubungan persepsi, bentuk, warna, ruang, dan bahan berwujud dua dimensi ataupun tiga dimensi. Kegiatan utama ilmu ini adalah mengembangkan kemahiran untuk mengolah dan mengkomunikasikan bahasa rupa menggunakan bahan dan teknik tertentu.

Terdapat cara pandang yang kurang tepat di masyarakat kita, bahwa untuk berkarya seni rupa atau desain, seorang siswa akan bisa dengan sendirinya berdasarkan bakat alam yang dimilikinya. Cara pandang seperti ini telah ditinggalkan sejak setengah abad lampau. Di negara-negara maju, seorang siswa yang memiliki minat dalam dirinya untuk mengembangkan dunia kesenirupaan harus terlebih dahulu menguasai ilmu dasarnya agar hasilnya lebih optimal. Ilmu dasar tersebut diantaranya menguasai teknik rupa dasar dan kemahiran menggambar.