Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli kucing yang cocok untuk kita ?

Kucing

Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli kucing yang cocok untuk kita ?
Adakah tips untuk membeli kucing yang cocok untuk kita?

1. Apakah kucing ini akan menjadi kucing rumahan yang sepanjang hidupnya ada di dalam rumah,atau akan dibiarkan keluar masuk rumah semaunya?

2. Bagaimana interaksi kucing dengan anggota keluarga pemilik kucing tersebut,terutama anak-anak dan interaksi dengan hewan peliharaan lain yang sudah ada dimiliki sebelumnya?

3. Yang tidak kalah penting adalah seberapa banyak waktu dan uang yang tersedia untuk memelihara kucing?

Dari 3 pertanyaan inilah pemilik kucing akan mengetahui jenis kucing yang cocok untuknya.

Bagi anda yang memiliki dana terbatas,tentu tidak tepat apabila memilih kucing ras persian yang membutuhkan biaya tinggi untuk perawatan ,perlengkapan, maupun pakannya.apabila anda ingin kucing dibiarkan leluasa keluar masuk rumah, tetapi anda tidak mempunyai cukup waktu untuk merawat kebersihan bulu kucing, maka pilihlah jenis kucing yang bulunya pendek. Apabila anda tidak ingin ada interaksi antara kucing dan anak-anak, maka pilihan yang paling baik adalah jenis kucing yang dapat dikandangkan sepanjang hidupnya dan relatif malas bergerak.

Apabila memungkinkan, galilah berbagai pertimbangan diluar 3 hal yang telah saya sebutkan diatas.hal ini sangat penting karena akan menentukan kemampuan anda dalam merawat kucing.

Selain itu, yang terpenting juga adalah untuk melakukan cek terhadap kondisi kesehatan kucing yang akan anda beli. Ada 6 langkah pemeriksaan yang mudah dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing, yaitu sebagai berikut.

1. Lingkungan

Lingkungan di sekitar kandang tempat kucing tersebut dipelihara harus diperiksa. Adakah kotoran atau bau tidak sedap yang ditimbulkan di sekitar kucing? Apakah kondisi serupa juga ditemui pada individu maupun kelompok kucing yang lain? Apakah kucing terlihat sakit,depresi,atau kurang sehat? Apabila ditemukan salah satu kriteria yang saya sebutkan,meskipun hanya satu ekor dalam kelompok,maka sebaiknya anda berhati-hati. Dalam kondisi ini penyakit kemungkinan sedang dalam proses menjangkit kucing yang ada dalam kandang atau kelompok kucing di tempat itu.

2. Karakter

Selanjutnya adalah pengamatan terhadap tingkah laku kucing secara lebih rinci. Apakah kucing terlihat aktif? Apakah kucing bersahabat dengan orang lain maupun kucing lain dalam kelompoknya? Apakah kucing terlihat pemalu atau menyendiri? Kucing kesayangan yang baik cenderung suka dan tidak akan takut kepada manusia.

3. Kulit dan Bulu

Pengamatan selanjutnya terhadap kondisi kulit dan bulu kucing. Kucing dipegang, lalu bulu-bulunya disibakkan, amati apakah ada kutu di antara bulu-bulunya? adakah rambut rontok, kerak kulit, atau tanda-tanda luka dan infeksi? adakah kadas dan kurap yang merupakan penyakit zoonosis?

Kucing merupakan hewan istimewa yang sangat teliti dalam menjaga keindahan kulit dan bulunya. Oleh sebab itu, apabila sampai ditemukan kondisi bulu yang tidak terpelihara dengan baik,maka ini merupakan tanda spesifik adanya parasit atau gangguan kesehatan lain.

4. Permukaan Tubuh

Seluruh permukaan kucing diraba. Apakah ditemukan adanya benjolan? Jika benjolan itu lunak dan dapat digerakkan,kemungkinan benjolan itu adalah hernia, yang memerlukan tindakan operasi di kemudian hari. Selanjutnya, perhatikanlah apakah perut terlihat membengkak? Jika “iya” ada 2 kemungkinan,yaitu karena perutnya penuh makanan atau penuh cacing.

Untuk memastikannya, coba lihat pada bagian bawah ekornya,apakah ada potongan tubuh cacing dan apakah ada tanda-tanda diare? Apabila pada bulu di sekitar ekor dan anus ditemukan adanya tanda-tanda diare, maka itu merupakan pertanda awal bahwa kucing mengalami gangguan pencernaan.

5. Kepala

Bagian telinga diperiksa. Apabila ada leleran cairan yang keluar dari dalamnya dan ada bau kuat yang timbul dari dalam telinga, maka itu merupakan tanda adanya infeksi. Berikutnya bagian mata. Kedua mata harus tampak bersih,jernih,tidak berkabut, atau memerah. Lalu pada bagian hidung, pastikan tidak ada leleran ataupun kerak. Terakhir bagian mulut,meliputi gusi dan gigi. Pada kondisi yang sehat gusi akan berwarna merah muda. Pada bagian gigi, terdapat gigi yang tanggal atau tidak.

6. Postur Tubuh

Bentuk kaki dan cara berjalan kucing diamati. Apabila kaki cukup simetris dan tidak pincang, maka pemeriksaan yang anda lakukan secara umum sudah cukup.
Apabila anda sudah melakukan 6 langkah diatas namun masih bimbang untuk membelinya, maka langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah memeriksakan kesehatan kucing kepada dokter hewan.

Sumber:http://hewanpeliharaan25.blogspot.co.id/2015/09/tips-dalam-membeli-kucing.html

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akanmembeli kucing antara lain :

  • Umur Kucing
    Biasanya umur kucing sangat berkaitan dengan tingkah laku serta sifatnya. Anak kucing dengan umur 3 mingguan biasanya memiliki sifat yang sama dengan induknya. Oleh sebab itu anda harus merawat anak kucing secara intensif hingga dewasa agar sifat buruk yang dimiliki induk kucing tidak menurun kepada kucing peliharaan. Sifat buruk induk kucing meliputi agresif, galak, tidak mau diajak bermain dan lain sebagainya.

  • Jenis Kelamin Kucing
    Tidak masalah ingin memilih jantan atau betina, akan tetapi saat anda membeli kucing betina maka anda harus siap akan kemungkinan kucing sering kawin dan membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan jantan. Sedangkan kucing jantan sendiri cukup mudah dikontrol dibandingkan betina. Sebab saat musim kawin, jantan cenderung keluar rumah dan mencari kucing betina yang ingin dikawini olehnya.

  • Budget

Sumber:
https://sukakucing.com/2016/03/pertimbangan-sebelum-membeli-kucing.html