Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih tempat lensa kontak?

memilih tempat lensa kontak

Lensa kontak adalah alternatif yang baik dari peresepan kacamata sebagai perbaikan penglihatan, adalah lensa tipis, bersih, cekung yang diletakkan di permukaan mata. Lensa yang hampir tidak terlihat tersebut membantu orang dengan gangguan penglihatan seperti astigmatisma dan rabun dekat atau jauh. Lensa kontak juga sekarang digunakan sebagai perangkat fashion untuk menciptakan warna mata yang indah secara estetis dan sementara.

Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih tempat lensa kontak?

Tempat lensa kontak dibutuhkan ketika Anda menggunakan lensa kontak. Penggunaan tempat lensa kontak harus diganti secara rutin untuk lebih menjamin kebersihannya. Oleh karena itu, ada banyak orang yang bertanya-tanya, apakah penggunaan tempat lensa kontak ini memang perlu atau tidak.

Saat ini, Anda dapat menemukan tempat lensa kontak dengan mudah di pasaran dengan beragam desain, harga, kepraktisan, kenyamanan, dan lain sebagainya. Secara umum, tempat lensa kontak ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu untuk jenis softlens dan hardlens.

Pertama-tama, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika sedang memilih tempat lensa kontak. Tentunya jenis lensa kontak yang Anda gunakan baik itu softlens maupun hardlens akan memengaruhinya. Mari simak penjelasan kami berikut ini.

Pilih sesuai dengan jenis lensa kontak Anda


Secara umum, ada dua jenis lensa kontak, yaitu softlens dan hardlens. Tempat penyimpanan untuk kedua jenis lensa ini juga tentu berbeda. Karena itu, pilihlah sesuai dengan jenis lensa kontak yang Anda gunakan.

1. Softlens disimpan pada tempat yang mendatar

Tempat lensa kontak untuk jenis softlens umumnya memiliki bentuk mendatar sehingga softlens dapat terbenam seluruhnya ke dalam cairan pembersih. Cara membersihkan softlens pun harus Anda perhatikan dengan baik karena pencucian menggunakan air biasa dapat mengubah komposisi softlens. Karena itu, setelah Anda mencuci tempat lensa kontak Anda, keringkanlah dengan benar agar tidak ada sisa air di dalam tempat lensa kontak tersebut sebelum Anda gunakan kembali.

Apabila Anda sering menggunakan softlens dan membawa tempat lensa kontak yang berisi cairan pembersih, ada baiknya Anda menyiapkan lebih dari satu tempat dan menggunakannya secara bergantian. Selain itu, gantilah tempat lensa kontak Anda setiap 1,5 hingga 3 bulan sekali.

2. Hardlens disimpan pada tempat yang memiliki dudukan

Hardlens disimpan pada tempat yang memiliki dudukan

Lensa kontak berjenis hardlens tidak memiliki kandungan pelembap sehingga ada baiknya Anda memilih tempat yang memiliki dudukan untuk menahan lensa kontak agar permukaannya tidak tergores.

Pada kenyataannya, cukup banyak pengguna hardlens yang menggunakan tempat lensa kontak untuk softlens, meski hal ini tidak disarankan. Ketika hal ini dilakukan, lensa kontak dapat terkena pinggiran tempat lensa kontak dan membuatnya tergores. Karena itu, penting untuk memiliki tempat lensa kontak yang sesuai dengan jenis lensa kontak Anda. Disarankan Anda mengganti tempat lensa kontak untuk jenis hardlens setiap enam bulan hingga satu tahun sekali.

Periksa ada tidaknya partisi pada tempat untuk hardlens


Berbeda dengan wadah softlens, Anda harus memperhatikan ada tidaknya partisi pada tempat lensa kontak untuk jenis hardlens. Mengapa hal ini dirasa penting? Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari ada atau tidaknya partisi pada tempat lensa kontak. Setelah memahaminya, pilihlah yang dirasa paling cocok untuk Anda.

1. Ada partisi, lebih terjaga kebersihannya

Ada partisi, lebih terjaga kebersihannya

Anda perlu mengisi cairan pembersih sebanyak dua kali, masing-masing pada setiap sisi tempat lensa kontak jika menggunakan tempat lensa kontak dengan partisi. Hal ini terlihat lebih merepotkan, tetapi dapat mencegah terjadinya kehilangan dua buah lensa kontak sekaligus ketika Anda sedang menuang cairan pembersih dan lensa kontak tidak sengaja terbawa di cairan tersebut.

Tidak hanya itu, bila salah satu lensa Anda kotor, adanya partisi akan mencegah kotoran pada satu lensa mengenai lensa lainnya. Jadi, tempat lensa kontak ini dirasa cocok untuk Anda yang mengutamakan faktor kebersihan.

2. Tidak ada partisi, lebih mudah dan cepat saat membersihkan tempat lensa kontak

Tidak ada partisi, lebih mudah dan cepat saat membersihkan tempat lensa kontak

Kelebihan dari tempat lensa kontak tanpa partisi adalah Anda hanya perlu melakukan pengisian cairan pembersih satu kali saja. Oleh karena itu, tempat lensa kontak ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menyiapkan tempat lensa kontak dengan cepat dan mudah.

Di sisi lain, tentu akan lebih sulit menjaga kebersihan cairan pembersih lensa kontak Anda pada wadah seperti ini ketimbang wadah yang memiliki partisi. Lalu, bila salah satu lensa kontak kotor dan disimpan di dalamnya, kotoran tersebut akan menempel pada lensa kontak satunya dan membuat Anda kehilangan kedua lensa kontak Anda sekaligus. Karena itu, gunakanlah dengan hati-hati bila Anda memilih produk seperti ini.

Pilih yang harganya terjangkau karena akan diganti secara rutin


Pilih yang harganya terjangkau karena akan diganti secara rutin

Demi alasan kesehatan dan kebersihan, tempat lensa kontak harus diganti secara rutin. Karena itu, pilihlah tempat lensa kontak yang memiliki harga terjangkau. Bila Anda memiliki anggaran terbatas atau merasa repot harus membeli tempat lensa terus-menerus secara berkala, Anda bisa membeli lensa kontak yang dijual set beserta tempat lensa kontaknya.

Pilih produk yang sisi kiri dan kanannya mudah dibedakan


Pilih produk yang sisi kiri dan kanannya mudah dibedakan

Untuk menghindari terjadinya kesalahan pemasangan lensa kontak kiri dan kanan, pilihlah tempat lensa kontak yang dapat membedakan sisi kiri dan kanannya dengan mudah. Apabila tidak ada pembeda antara sisi kiri dan kanan, berilah tanda dengan spidol atau tempelkan stiker untuk memudahkan Anda dalam membedakannya.

Pilih desain yang Anda sukai


Pilih desain yang Anda sukai

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tempat lensa kontak sudah dijelaskan di atas. Sebenarnya, yang terpenting dari semua hal tersebut adalah desain dari tempat lensa kontak itu sendiri. Tempat lensa kontak ini akan Anda gunakan sehari-hari, karenanya pilihlah desain yang menarik dan menyenangkan setiap kali Anda melihatnya.

Pilih set tempat lensa kontak agar nyaman dibawa bepergian


Pilih set tempat lensa kontak agar nyaman dibawa bepergian

Jenis tempat lensa kontak yang nyaman untuk Anda gunakan saat bepergian adalah tempat lensa kontak yang dilengkapi dengan botol cairan pembersih berukuran kecil. Hal ini tentunya akan menghemat tempat penyimpanan dan lebih praktis. Dengan set tempat lensa kontak seperti ini, Anda bisa lebih leluasa membawa perlengkapan lensa kontak yang penting dengan mudah.

Tempat lensa kontak yang memiliki cermin juga dapat Anda gunakan. Anda akan dapat dengan mudah memasang dan melepas lensa kontak di mana pun, bahkan di tempat yang tidak terdapat cermin.