Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih gel cukur?

memilih gel cukur

Gel cukur adalah pelumas yang mempermudah kegiatan bercukur Anda.

Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih gel cukur?

1 Like

Bercukur adalah satu satu bentuk perawatan wajah untuk pria. Sebagai pelumas untuk mencukur, saat ini shaving gel atau gel cukur semakin diminati baik di antara pengguna pisau cukur maupun alat cukur elektrik. Anda akan menemukan berbagai merek gel cukur yang nyaman di kulit, seperti Aveeno, Gilette, atau Sukin beredar di pasaran.

Setiap produk mengusung kelebihan masing-masing, jadi Anda harus jeli untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan.

Kelebihan dan kekurangan gel cukur


Kelebihan dan kekurangan gel cukur

Salah satu keunggulan gel cukur adalah memiliki tekstur yang transparan yang membuat Anda dapat melihat dan mencukur area yang Anda inginkan saja. Selain itu, gel cukur membuat alat cukur meluncur lebih mulus sehingga dapat mengurangi gesekan antara pisau dan kulit yang dapat menyebabkan iritasi dan rasa perih.

Di sisi lain, banyak produk gel cukur mengandung mentol yang memberi rasa dingin yang kuat di kulit. Namun, saat ini semakin banyak produsen gel cukur yang mengurangi kandungan mentol pada produk mereka sehingga untuk Anda yang mempunyai kulit sensitif akan tetap nyaman menggunakannya.

Anda akan menemukan begitu banyak produk gel cukur beredar di pasaran. Berikut ini, kami akan menjelaskan cara memilihnya agar Anda dapat menemukan produk yang paling pas dengan kebutuhan Anda.

Pastikan gel cukur sesuai dengan alat cukur Anda


Pastikan gel cukur sesuai dengan alat cukur Anda

Secara garis besar, terdapat gel cukur untuk pisau cukur dan untuk alat cukur elektrik. Namun, sebagian alat cukur elektrik tidak dapat digunakan untuk wet shaving sehingga Anda tidak dapat menggunakannya dengan gel cukur. Jadi, sebelum menggunakannya dengan gel cukur, periksa spesifikasi alat cukur elektrik Anda terlebih dahulu.

Berbeda alat cukur, maka berbeda pula gel cukur yang cocok untuk Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih agar dana yang telah Anda keluarkan tidak terbuang sia-sia, ya!

Adakah bahan tambahan yang menyehatkan kulit Anda?


Adakah bahan tambahan yang menyehatkan kulit Anda?

Gel cukur tentunya akan Anda gunakan secara rutin. Oleh sebab itu, kami menyarankan untuk membeli gel cukur yang tidak hanya mempermudah Anda bercukur, tetapi juga menjaga kelembapan kulit Anda.

Anda bisa memilih produk dengan kandungan bahan pelembap, seperti ekstrak Aloe vera, glycerin, atau hyaluronic acid yang dapat membantu mengurangi gesekan antara kulit dengan pisau cukur. Terutama untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, gel cukur dengan kandungan pelembap merupakan pilihan terbaik.

Berbicara tentang gel cukur yang nyaman di kulit, banyak gel cukur yang dijual mengandung zat aditif yang keras di kulit sebagian orang. Tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu membersihkannya secara menyeluruh. Selain itu, memilih gel dengan kandungan-kandungan yang baik untuk kulit juga dapat menjadi poin plus.

Ingin yang menyegarkan atau melembapkan?


Ingin yang menyegarkan atau melembapkan?

Ada 2 tipe gel cukur berdasarkan sensasi pemakaiannya. Tipe pertama adalah gel cukur yang mengandung mentol atau bahan sejenis yang mampu memberi sensasi menyegarkan setelah bercukur. Tipe kedua adalah gel cukur yang memberikan sensasi melembapkan dengan kandungan pelembapnya agar kulit tidak kering dan kasar.

Bila Anda memiliki kulit kering atau sensitif, Anda bisa memilih produk yang banyak mengandung pelembap. Saat cuaca sedang panas atau kelembapan udara rendah, Anda bisa menggunakan gel cukur yang mampu menyegarkan kulit Anda.

Pastikan lokasi penjualan dan harga produknya terjangkau


Pastikan lokasi penjualan dan harga produknya terjangkau

Untuk Anda yang mencukur hampir setiap hari, selain memilih gel cukur dengan kandungan yang baik di kulit, Anda juga perlu memikirkan tentang harga. Dengan mempertimbangkan harga, Anda akan dapat membeli produk favorit Anda secara rutin.

Anda juga perlu mempertimbangkan produk yang mudah dijangkau di toko swalayan atau apotek agar Anda dapat segera membelinya saat diperlukan. Dengan melihat keterjangkauan produk dan harga, Anda dapat terus menggunakan gel cukur favorit Anda.

Gel Cukur merupakan varian dari bahan yang mempermudah proses cukur rambut. Varian lain yang dapat digunakan adalah busa dan minyak. Rollingstone, sebuah majalah lifestyle berbasis di Amerika merekomendasikan bagi sesorang yang ingin mencukur menggunakan gel harus memperhatikan beberapa hal:

1. Sesuai dengan kulit sensitif

Many shave gels are packed with soothing ingredients like aloe vera and chamomile, to cool and condition skin from razor burn (shavers.co.uk)

Kulit yang melakukan kontak langsung dengan benda asing seperti logam dapat menimbulkan efek samping buruk bagi kulit. Gel cukur termasuk jenis pelumas yang paling direkomendasikan untuk seseorang dengan kulit sensitif, hal ini dikarenakan gel cukur memiliki bahan-bahan yang menenangkan seperti lidah buaya sehingga dapat mengkondisikan kulit dan mengurangi efek dari pisau cukur. Karakteristik dari gel cukur adalah tebal dan melumasi dengan baik, hal ini dapat mempermudah jalannya pisau cukur di atas kulit.

2. Mudah dalam pengaplikasian, sulit pada pembersihan

The lather that is created by gels tends to clog up razor blades more easily but they’re straight back to working order with a good rinse and thorough cleaning (shavers.co.uk)

Gel cukur termasuk produk paling mudah untuk digunakan. Gel dapat langsung diaplikasikan ke kulit dan bahkan memudahkan mencukur rambut hingga sangat bersih. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah bagaimana membersihkan gel tersebut dari kulit setelah mencukur, hal ini dikarenakan gel cukur sangat lengket. Tips untuk memudahkan pembersihan adalah dengan menempelkan handuk hangat pada bagian yang telah dicukur kemudiah disapu dengan lembut hingga seluruh gel terangkat dari kulit

3. Harganya lebih mahal dari jenis pelumas cukur lain


Sumber: iprice.co.id

Rata-rata harga produk gel cukur lebih mahal dari jenis busa atau minyak. Selain itu pengaplikasian dari gel cukur juga harus menyeluruh sehingga dapat dikatakan cukup boros untuk digunakan. Akan tetapi hal tersebut sebanding dengan hasil yang didapat apabila mencukur dengan gel cukur.

Produk gel cukur keberadaannya di luar negeri sudah sangat banyak, akan tetapi pilihan produk lokal untuk produk ini masih terbatas. Keunggulan dari produk lokal adalah proses pembuatannya berdasarkan kondisi masyarakat Indonesia sehingga memiliki karakteristik yang sesuai untuk diaplikasikan pada jenis kulit orang Indonesia. Selain itu dengan menggunakan merk Indonesia akan lebih memajukan usaha milik negara. Produk gel cukur di Indonesia yang telah memiliki izin edar resmi adalah CAPTAIN dengan produk gel cukurnya bernama CAPTAIN Shaving Gel.


Sumber: shopee.co.id

We believe that Indonesian men deserve quality products to make them look good & feel good everyday, at a fair price. Combining years of experiences and knowledges from hundreds of our professional team on the field, we have created, and will keep on creating, line up of products that are formulated and designed for effectively serve the needs of men’s daily grooming essentials. (soco.sociolla.id)

CAPTAIN merupakan merk dari produk-produk perawatan khusus pria. Produk dari CAPTAIN pada awalnya adalah bagian dari CAPTAIN Barbershop Pakubuwono yaitu salon premium pria. Lokasi dari salon tersebut di Jakarta Selatan. Kemudian setelah penyempurnaan dan mendapatkan izin edar maka produk-produk dari CAPTAIN bisa dijual bebas.

Fungsi yang diandalkan pada produk CAPTAIN Shaving Gel adalah efek mendinginkan ketika pengaplikasian gel pada kulit. Selain itu terdapat kandungan anti bakteri sehingga aman untuk digunakan. Gel pada produk ini juga ringan sehingga lebih direkomendasikan dibasuh dengan air dingin, selain untuk menambah rasa sejuk dengan air dingin dapat menutup kembali pori-pori wajah yang telah dicukur.

Cara penggunaan yang direkomendasikan adalah :


  1. Bersihkan wajah sebelum mulai bercukur, lebih baik dengan air hangat.

  2. Keringkan wajah

  3. Aplikasikan CAPTAIN Shave Gel pada bagian wajah yang akan dicukur.

  4. Diamkan sejenak (10-15 detik), lalu mulai bercukur.

  5. Basuh wajah dengan air (air dingin lebih baik) atau lap dengan handuk untuk membersihkan sisa-sisa shave gel yang masih menempel.

Mengingat produk Captain merupakan produk lokal Indonesia tentunya terdapat nilai tambah sebagai kebanggan sebagai warga negara Indonesia. Mari lestarikan UMKM untuk mencapai kedaulatan ekonomi bangsa.