Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih facial steamer?

memilih facial steamer

Debu dan polusi setiap hari bikin wajah jadi kusam. Kamu perlu bersihkan sel kulit mati secara menyeluruh agar wajah kembali cerah. Gunakan face steamer untuk membantu membuka pori-pori wajah dan mengangkat sel kulit mati.

Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih facial steamer?

Kulit wajah yang sehat dan indah tentu menjadi idaman semua wanita. Salah satu musuh terbesar bagi kulit adalah kurang kelembapan atau kering karena hal ini dapat menyebabkan keriput, jerawat, dan berbagai masalah lainnya. Untuk itu, hadirlah facial steamer yang mampu menjadi penyelamat bagi kulit Anda. Facial steamer akan meningkatkan kesehatan kulit Anda dengan uap atau ion yang dihasilkannya.

Manfaat penggunaan facial steamer


Mungkin banyak orang telah mengetahui bahwa penggunaan facial steamer sangat baik untuk kulit, tetapi apa efek dan manfaatnya secara spesifik? Tentu akan lebih mudah untuk memilih facial steamer jika Anda mengetahui manfaat spesifiknya. Jadi, pertama-tama kami akan menjelaskan secara singkat tentang manfaat penggunaannya.

1. Memberikan efek yang luar biasa pada kulit

Memberikan efek yang luar biasa pada kulit

Facial steamer memiliki banyak manfaat positif bagi kulit, misalnya efek pembersihan kulit. Tidak peduli sekeras apa upaya Anda dalam membersihkan muka, faktanya tetap terdapat banyak sisa kotoran dari makeup dan sebum di dalam pori-pori. Namun, ketika mengaplikasikan facial steamer bersamaan saat membersihkan kulit, pori-pori akan lebih mudah terbuka sehingga kotoran yang tidak Anda sadari dapat dibersihkan dengan baik.

Selain itu, manfaat lainnya adalah efek pelembap. Uap facial steamer menembus jauh ke bagian dalam kulit dan memberikan kesegaran pada kulit sehingga menjadikan kulit elastis dan kencang. Anda yang memiliki masalah kulit kering juga bisa mendapatkan kulit yang senantiasa lembap dengan penggunaan produk ini secara teratur. Saat kulit terjaga kelembapannya, kerutan akan tampak lebih samar sehingga penampilan Anda pun jadi lebih memukau.

2. Menjadikan biaya perawatan kulit wajah lebih murah

Menjadikan biaya perawatan kulit wajah lebih murah

Tidak seperti produk perawatan wajah lainnya, facial steamer hanya membutuhkan main unit dan air untuk dapat digunakan. Hal-hal seperti gel atau cairan khusus lain pada dasarnya tidak perlu diperlukan sehingga tidak membutuhkan biaya operasional.

Pada produk perawatan wajah yang lain, biasanya Anda harus mengeluarkan waktu dan biaya yang mahal untuk membelinya. Namun, jika Anda menggunakan facial steamer, bahkan dengan penggunaan setiap hari, biaya yang Anda keluarkan justru berkurang. Hal itu disebabkan setelah membelinya, Anda tidak memerlukan biaya untuk membeli bahan tambahan selain main unit dari facial steamer tersebut.

Sekarang, kami akan menjelaskan beberapa poin yang harus diperhatikan dalam memilih facial steamer. Berhubung harga facial steamer tidak murah, mari perhatikan cara memilih berikut agar Anda tidak salah dalam membeli.

Pilih sesuai lokasi penggunaannya


Pilih sesuai lokasi penggunaannya

Ada berbagai jenis facial steamer, mulai dari yang berukuran besar untuk digunakan di rumah hingga jenis yang dapat dibawa kemana saja. Silakan sesuaikan dengan tempat penggunaannya sebelum melakukan pembelian.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk perawatan pagi dan sore hari di rumah, pilihlah produk dengan fitur, harga, dan ukuran yang tepat. Jika Anda berencana untuk menggunakannya di tempat kerja atau di berbagai tempat lainnya, pastikan produk pilihan Anda mudah untuk dibawa.

Bagi Anda yang ingin menggunakan saat sedang bepergian, misalnya untuk memperbaiki riasan, tipe mobile atau portabel bisa dijadikan pilihan. Namun, secara fungsi tipe ini agak kurang maksimal karena jumlah uap yang keluar lebih terbatas, dampaknya pun akan lebih kecil dibanding tipe lain yang berukuran lebih besar. Jadi, gunakanlah tipe ini untuk membantu Anda melakukan retouch make-up saja.

Perhatikan jenis uap yang dihasilkan, hangat atau dingin


Perhatikan jenis uap yang dihasilkan, hangat atau dingin

Beberapa facial steamer dapat menghasilkan tidak hanya uap panas, tetapi juga uap dingin seperti kabut. Sebenarnya, perawatan dengan menggunakan uap panas dan dingin bersama-sama saperti ini efektif untuk kulit. Keduanya memiliki efek ganda, yaitu uap panasnya akan membuat sirkulasi darah lebih lancar, sementara uap dinginnya bekerja mengencangkan pori-pori dan mencegah jerawat timbul.

Dalam perawatan kecantikan, biasanya akan diawali dengan pemberian uap panas yang dilanjutkan dengan pemberian uap dingin. Hal ini akan meningkatkan kekebalan kulit berkat efek hangat dan dingin yang diberikan.

Perawatan hangat dan dingin secara bersamaan ini sangat dianjurkan terutama bagi mereka yang ingin melawan tanda-tanda penuaan. Jika Anda berusia lebih dari 30 tahun dan memiliki tanda-tanda penuaan yang mulai terlihat pada wajah, silakan pilih facial steamer tipe ini.

Pilih berdasarkan review pengguna


Pilih berdasarkan review pengguna

Meski telah mengikuti cara pemilihan facial steamer, hal tersebut tidak dapat menjadi acuan untuk mengetahui kecocokan facial steamer tersebut dengan kulit wajah Anda sebelum mencobanya sendiri. Jadi, sebelum melakukan pembelian, ada baiknya memeriksa berbagai ulasan yang ada tentang produk tersebut.

Biasanya ulasan suatu produk tertulis dalam bentuk rating dan review. Akan tetapi, sangat baik bila Anda juga melakukan pencarian informasi dengan lebih menyeluruh, misalnya usia rata-rata penggunanya, kecocokannya dengan tipe kulit tertentu, dan sebagainya. Anda juga bisa memperkirakan dengan mencari informasi dari orang yang kondisi kulitnya mendekati atau sama dengan kulit Anda.

Meski begitu, Anda juga tidak perlu terlalu terpaku pada peringkat yang terdapat dalam berbagai review pengguna. Efek yang dirasakan setiap pengguna bisa saja berbeda satu sama lain tergantung pada masalah kulit yang dialami. Karena itu, perhatikan dengan detail isi dari review yang disampaikan pengguna.

Pilih yang sesuai dengan kepribadian Anda


Pilih yang sesuai dengan kepribadian Anda

Apakah kepribadian berhubungan dengan pemilihan facial steamer? Mungkin banyak orang yang berpikir demikian. Meski terdengar sedikit berlebihan, tetapi pemilihan facial steamer nyatanya berkaitan juga dengan kepribadian Anda.

Bila Anda termasuk orang yang kurang apik dalam merawat mesin, pilihlah facial steamer yang simpel. Hindari memilih produk yang area penampungan airnya sulit dilepas dan dibersihkan. Produk seperti itu akan membuat Anda merasa kerepotan merawatnya sehingga bisa saja produk tersebut jadi hanya Anda gunakan sekali saja.

Lalu, bila Anda mencari facial steamer yang bisa digunakan dengan satu tangan saja, misalnya sambil menonton TV, pilihlah produk yang mekanisme penggunaannya tidak rumit. Baru-baru ini, diluncurkan facial steamer dengan banyak fitur profesional di pasaran, tetapi penggunaannya tergolong rumit dan harganya pun mahal. Karena itu, pastikan bahwa Anda benar-benar akan menggunakan seluruh fitur yang terdapat pada facial steamer tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Facial steamer bukanlah benda berharga murah, jadi pastikan untuk memilih produk yang tepat sesuai preferensi dan kepribadian Anda.

Pilih berdasarkan fitur yang Anda butuhkan


Pilih berdasarkan fitur yang Anda butuhkan

Fitur pada facial steamer bisa saja dianggap sebagai alternatif, tetapi adanya fitur tertentu pada facial steamer pilihan Anda tentu akan membuatnya terasa semakin fungsional. Fitur yang belakangan ini populer adalah fungsi untuk melepaskan ion, fitur ini memiliki efek melembapkan yang sangat baik. Fitur seperti ini sangat cocok untuk orang yang memiliki kulit kering atau ingin menggunakannya di ruang kantor yang dilengkapi AC.

Baru-baru ini, ada juga produk yang mampu menghasilkan air hidrogen. Senyawa tersebut diyakini bermanfaat untuk mengurangi oksigen aktif dalam tubuh. Selain itu, ada juga produk yang dilengkapi pengharum untuk meningkatkan efek relaksasi. Ketahui kondisi kulit Anda dan pilihlah produk dengan fitur yang paling sesuai kebutuhan Anda.