Apa saja yang harus diperhatikan ketika memelihara ikan koi di rumah ?

Ikan Koi

Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, karena ikan koi dipercaya membawa keberuntungan. Karena ikan koi sangat dekat berkerabat dengan ikan mas, dan oleh karena itu di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi.

Berikut ini adalah cara budidaya ikan koi dan perawatannya yang benar:

1. Jaga Kualitas Air

Jagalah selalu kualitas air kolam agar ikan koi yang Anda pelihara sehat. Perhatikan juga suhu dan tingkat kekeruhan air. Jangan sampai air ikan koi menjadi keruh karena ikan koi menjadi tidak nyaman. Walau sudah menggunakan sistem filter pada kolam ikan koi, terkadang air kolam bisa menjadi keruh karena kotoran yang dikeluarkan oleh ikan-ikan yang ada di kolam.

2. Mengganti Air Seminggu Sekali

Sebaiknya Anda mengganti sekitar 10% air kolam dalam waktu seminggu sekali. Jangan pernah ganti keseluruhan air karena ikan membutuhkan waktu untuk adaptasi. Adaptasi dengan pergantian air dapat membuat ikan stress sehingga lebih baik jangan menguras air kolam seutuhnya. Kondisi air juga bisa memengaruhi warna koi hingga 20%. Ingatlah bahwa warna ikan memengaruhi kualitas dan harga pasaran ikan tersebut.

3. Pembatasan Jumlah Ikan Dalam Kolam

Ikan koi membutuhkan ruang gerak yang cukup lega agar tumbuh besar dengan secepatnya. Jumlah ikan yang tidak sesuai dengan kapasitas kolam (ikan terlalu banyak) dapat menghambat pertumbuhan ikan koi. Anda harus memperhatikan jumlah ikan yang Anda miliki dengan besaran kolam yang ada.

Seperti beberapa jenis ikan hias air tawar lainnya, ikan koi juga membutuhkan kualitas air yang baik. Anda harus mempersiapkan air jernih yang bebas dari kontaminasi apapun termasuk zat-zat kimia. Bagi Anda yang baru selesai membuat kolam dengan menggunakan semen, Anda tidak boleh langsung memasukkan koi ke dalam kolam tersebut.

4. Perhatikan Kadar Keasaman Kolam Air

Kolam semen baru masih meninggalkan bau semen yang tidak bisa diterima oleh ikan koi, ikan mungkin akan mabuk. Untuk menghilangkan bau semen dengan cepat biasanya para peternak koi menggunakan pelepah pisang. Anda juga harus menjaga kadar keasaman air kolam pada level 6,5 hingga 8,5 agar ikan koi selalu sehat.

sumber: https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-ikan-koi