Apa saja yang harus diperhatikan ketika akan memelihara ular?

image

Memelihara ular membutuhkan banyak pertimbangan. Apakah yang harus diperhatikan ketika akan memeliharanya?

Dalam memelihara ular, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

  1. Pikir masak-masak sebelum memelihara ular. Hewan ini memiliki keunikan, yaitu bisa muncul sifat liarnya sewaktu-waktu. Jadi jangan kaget kalau ular sewaktu-waktu bisa mematuk. Amannya, pilih ular yang tidak berbisa dan tetap waspada.Kenali sifat ular yang akan dipelihara.

  2. Trik membeli ular. Bagi pemula, sebaiknya pilih ular mono pohon yang ukurannya punya tebal seperti jari tengah. Ini untuk meminimalkan risiko dan tidak perlu kandang besar. Selain itu, membeli ular untuk dipelihara ada baiknya dari hasil ternakan karena sudah terbiasa bertemu manusia. Tingkat agresivitasnya lebih terkendali.

  3. Kenali berbagai hal yang perlu dilakukan dalam perawatan ular. Misalnya ular jarang makan karena proses pencernaan berlangsung cukup lama. Makan satu tikus bisa untuk bertahan hidup selama seminggu bagi jenis ular phyton reticulatus. Bersihkan kandang saat kotor. Pahami pula wataknya, apakah tenang atau agresif. Pastinya, setiap pemilik ular harus siap digigit. 5. Selama terjadi gigitan jangan langsung ditarik karena bisa taringnya malah akan merobek kulit. Biarkan ular melepaskan sendiri gigitanya.

  4. Pada saat ular sakit, tanyakan penanggulangannya pada penghobi ular lain untuk mengatasinya. Pasalnya, masih banyak dokter hewan yang kurang memiliki pengetahuan memadai mengatasi ular. Hal ini berbeda dengan dokterhewan di Australia atau Amerika. Umumnya ular mengalami pilek dengan gejala ada suara napas “ngik-ngik”. Selain itu muncul pula lendir di mulutnya. Saat sakit, kepala ular cenderung kurang mampu mengangkat ke atas kala dijungkirbalikkan. Ular juga perlu dijemur beberapa saat untuk kesehatannya.

  5. Kalau ular mogok makan, berikan makanan dengan menghaluskan pakan yang dimasukkan ke mulut memakai suntikan. Misalnya daging tikus atau hamster diblender lalu dijadikan makanan lembut untuk ular.

Berikut merupakan tips dan cara seputar memelihara ular :

  1. Belilah peralatan yang anda butuhkan
    Dalam memelihara ular, peralatan yang dibutuhkan harus anda siapkan terlebih dahulu, seperti kandang atau akuarium, makanan ular dan juga peralatan lain seperti aksesoris yang di butuhkan agar mudah perawatannya. Anda dapat membelinya di petshop terdekat agar lebih mudah dan tidak susah dalam mencarinya.

  2. Di dalam kandang ular desain sedemikian rupa dan usahakan di dalam kandang ular selalu lembab dan tidak panas
    Pada habitat aslinya, ular menyukai daerah yang lembab. Untuk membuat daerah di sekitar kandang ular terlihat lembab anda dapat meletakkan air di dalam kandang ular dan membasahi badan ular ketika cuaca terik.

  3. Jangan terlalu sering memberi makan ular
    Dalam perawatan ular jangan terlalu sering memberi makan ular atau setiap hari karena pada saat ular makan sesuatu seperti tikus atau hewan lainnya makanan di dalam perut ular akan di cerna berlahan dan memakan waktu sekitar 3 hari. Kita dapat memberi makan ular ketika perut ular tidak membuncit lagi, anda dapat memberi ular tikus hidup atau mati sebagai makanan utama ular.

  4. Berilah ruang udara di dalam kandang ular
    Hal ini penting agar suhu di dalam kandang ular tidak panas dan menyebabkan ular tidak betah di dalam kandang. Anda bisa membuat sebuah lubang kecil di sekitar kandang ular namun jangan sampai lubang lebih besar dari badan ular agar ular tidak dapat kabur melalui lubang tersebut.

  5. Bersihkan kandang ular secara teratur
    Hal ini dilakukan agar kandang ular tidak berbau menyengat dan tentunya membuat ular nyaman di dalm kandang, jangan sampai kandang ular anda terlihat kotor dan berantakan juga berbau. Bau pada kandang ular dapat di sebabkan oleh kotoran ular dan juga air seni dari ular tersebut, anda dapat membersihkan kandang ular seminggu sekali secara teratur.

  6. Ular akan berganti kulit setiap 3 – 4 bulan
    Ketika ular akan berganti kulit sebaiknya di sekitar kandang ular anda dapat meletakkan bebatuan seperti kerikil untuk membantu proses pergantian kulit ular atau anda dapat membantu ular berganti kulit dengan bantuan kuku anda. Namun pada saat melakukan hal tersebut anda harus berhati-hati jangan sampai hal tersebut melukai ular kesayangan anda.

  7. Ketika ular sakit sebaiknya bawalah ular ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan dan pengobatan karena jika di biarkan ular bisa saja meninggal.

  8. Seringlah bermain dengan ular
    Dengan sering bermain dengan ular akan membuat ular semakain akrab denagn anda dan menjadikan ular terbiasa akan sentuhan manusia. Hal tersebut juga membantu dalam proses penjinakan ular, anda dapat mengelus-ulus kepala ular dan juga bermain dengan ular namun harus bersikap lembut dan jangan sampai melukai ular kesayangan anda.

Bacalah cara merawat dan memberi makan jenis ular peliharaan Anda. Berbincang-bincanglah dengan sesama pemilik ular dan belajar dari mereka juga merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

Tontonlah video di internet tentang cara merawat ular.

Rawatlah ular dengan baik. Ular adalah hewan yang menakjubkan jika Anda merawatnya dan memberinya makan dengan tepat, memberinya rumah, dan memeganginya dengan cara yang tepat.

Penelitian sudah menegaskan bahwa: “Semakin banyak Anda tahu, semakin besar kesempatan Anda untuk melakukan sesuatu dengan tepat dan semakin bahagia pula hubungan yang Anda jalin bersama."

Beberapa tips yang sangat penting untuk kalian ketahui adalah sebagai berikut :

  • Jenis ular yang jinak seperti ular garter, ular jagung, dan sanca bola adalah ular yang cocok sebagai peliharaan pertama bagi anak-anak dan orang dewasa.

  • Tanyakan pada pemilik ular lainnya tentang ular mereka, cara merawatnya, dan masalah apa saja yang dialami oleh mereka.

  • Jika Anda menyukai ular, teliti jenisnya terlebih dahulu dan buatlah pilihan yang bijak. Memelihara ular adalah tanggung jawab yang besar. Jangan lupa bahwa banyak orang takut pada ular. Praktikkan toleransi dan hormatilah mereka.

  • Gunakan berbagai sumber seperti jurnal, situs web, dan forum untuk meneliti berbagai spesies ular dan untuk menemukan pembiakan ular yang tepercaya di daerah Anda.

  • Ingatlah, hewan apa pun yang memiliki mulut bisa menggigit. Meskipun ada beberapa jenis ular yang jinak dan hampir tidak pernah menggigit, selalu ada kemungkinan terjadinya kecelakaan pada saat memberinya makan. Gunakan penjepit saat memberi makan ular Anda agar tangan Anda berada jauh dari mulut ular. Selalu cuci tangan Anda setelah menyentuh hewan pengerat atau burung sebelum memegangi ular Anda agar Anda tidak tercium seperti makanan. Ada kemungkinan ular Anda bisa mencium bau hewan-hewan yang biasa mereka makan pada Anda, dan memutuskan untuk “mencicipi” Anda terlebih dahulu.

  • Memelihara ular adalah komitmen jangka panjang dan jika Anda tidak bisa berkomitmen untuk merawat ular tersebut selama kurang lebih 30 tahun, jangan memeliharanya!