Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih foundation untuk keperluan cosplay?

memilih foundation terbaik untuk keperluan cosplay

Foundation adalah make up dengan warna seperti kulit yang diaplikasikan ke wajah. Fungsi foundation adalah untuk menyeragamkan dan meratakan warna kulit serta menyamarkan kekurangan. Foundation juga dikenal dengan sebutan alas bedak, karena jenis kosmetik ini menjadi dasar aplikasi make up

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih foundation untuk keperluan cosplay?

Foundation merupakan kosmetik terpenting untuk menyempurnakan riasan cosplay Anda. Yang dibutuhkan oleh para cosplayer adalah foundation yang mampu bertahan lama, tahan air dan keringat, serta membuat kulit menjadi semulus karakter di layar animasi. Apabila Anda seorang cosplayer yang sedang mencari saran alas bedak terbaik, Anda berada di artikel yang tepat.

Sebelumnya, kami akan membagi tips cara memilih foundation terbaik untuk kebutuhan cosplay Anda. Simak poin di bawah ini satu per satu dan temukan produk yang tepat!

Pilih foundation yang mendekati warna kulit karakter yang Anda perankan


Pilih foundation yang mendekati warna kulit karakter yang Anda perankan

Hal utama yang harus diperhatikan saat memilih foundation untuk cosplay adalah shade atau warnanya. Warna kulit setiap karakter berbeda. Ada karakter berkulit putih bersih, sawo matang, cokelat, kuning, hitam, bahkan kulit berwarna biru. Untuk menampilkan cosplay yang sempurna, pilihlah foundation dengan shade yang mampu menciptakan warna kulit berdasarkan karakter aslinya.

Banyak foundation yang memang secara khusus diproduksi untuk keperluan cosplay dan panggung hiburan. Foundation tersebut diproduksi dengan banyak pilihan warna yang sesuai dengan kulit karakter yang Anda inginkan. Apabila tidak berhasil menemukan warna yang sesuai, Anda dapat mencampurkan sendiri beberapa warna foundation sampai mendapat hasil yang diinginkan.

Pilih foundation berdasarkan tekstur dan hasil yang ingin diperoleh


Pilih foundation berdasarkan tekstur dan hasil yang ingin diperoleh

Foundation memiliki berbagai bentuk, yaitu bedak tabur, cair, krim, dan stik. Jenis bedak tabur bertekstur sangat ringan, cocok untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan. Alas bedak yang tidak memberikan lapisan tebal pada kulit akan menghasilkan riasan alami. Untuk Anda yang menginginkan hasil riasan ringan dan lebih natural, foundation jenis ini dianjurkan.

Di samping itu, bagi Anda yang mengincar wajah yang tampak segar dan transparan, jenis foundation cair lebih cocok. Saat mengaplikasikannya dengan spons atau kuas secara merata, wajah Anda akan tampak mengilat atau dewy. Apabila Anda ingin memperoleh hasil riasan matte finish, pilih foundation jenis krim atau stik. Foundation jenis ini memiliki daya coverage tinggi, cocok untuk dipakai menghadiri acara cosplay dan pemotretan dalam waktu lama.

Seperti yang Anda lihat, hasil akhir riasan tergantung pada teksturnya. Jadi, silakan mempertimbangkan foundation yang sesuai dengan jenis kulit, preferensi, kebutuhan acara, dan tampilan sesuai dengan karakter yang Anda perankan.

Pilih foundation yang awet, antiluntur, dan dilengkapi dengan perlindungan sinar UV


Saat memilih alas bedak untuk cosplay, utamakan produk-produk yang mengandung formula SPF, waterproof, dan memiliki coverage yang awet hingga beberapa jam. Cek beberapa poin di bawah ini sebelum membeli.

Pilih produk yang tahan air dan memiliki oil control yang baik supaya lebih tahan lama

Pilih produk yang tahan air dan memiliki oil control yang baik supaya lebih tahan lama

Untuk kebutuhan acara dan pemotretan cosplay, Anda tentunya tidak bisa terlalu sering melakukan touch up riasan. Oleh karena itu, sebaiknya memilih foundation yang antiluntur dan tahan lama. Foundation jenis ini biasanya memiliki formula tahan air atau tahan keringat. Dengan foundation yang bersifat waterproof, Anda tidak perlu khawatir riasan luntur ketika melakukan photoshoot di pantai atau tepi kolam renang. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk yang mengandung bahan dengan formula oil control untuk mencegah kerusakan sebum.

Alas bedak dengan kandungan tabir surya sangat bagus untuk pemotretan dan acara outdoor!

Alas bedak dengan kandungan tabir surya sangat bagus untuk pemotretan dan acara outdoor!

Saat melakukan pemotretan cosplay di tempat terbuka atau pada acara yang mendapat paparan sinar matahari, disarankan untuk menggunakan foundation dengan efek penangkal sinar UV. Formula ini akan berguna untuk mempertahankan riasan Anda. Jangan lupa menggunakan base makeup atau tabir surya dengan efek perlindungan yang tinggi sebelum mengoleskan foundation.

Pilih foundation yang lembut di kulit Anda


Tujuan utama kita adalah menciptakan riasan yang sesuai dengan wajah dan warna kulit karakter. Akan tetapi, karena foundation tersebut akan melekat dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda juga memikirkan kondisi dan kesehatan kulit. Foundation untuk cosplay sebaiknya mengandung bahan pelembap yang tinggi dan terbuat dari bahan alami. Dengan demikian, mari kita memilih alas bedak yang sesuai dengan kualitas kulit Anda.

Pilih yang mengandung moisturizer untuk melembapkan kulit dalam waktu yang lama

Pilih yang mengandung moisturizer untuk melembapkan kulit dalam waktu yang lama

Anda telah memilih makeup untuk riasan cosplay dengan penuh kehati-hatian. Namun, pori-pori kulit tetap bisa membesar dan riasan menjadi rusak karena kulit mudah kering akibat riasan berat. Untuk menjaga agar kulit tetap segar dan lembap, terutama apabila Anda memiliki kulit kering, pilihlah produk dengan kandungan bahan terbaik. Misalnya, foundation dengan kandungan kolagen, asam hyaluronic, dan squalane. Dengan mengatasi masalah kulit kering, riasan cosplay Anda menjadi lebih sempurna.

Untut kulit sensitif, pilih alas bedak berbahan alami

Untut kulit sensitif, pilih alas bedak berbahan alami

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, pilihlah foundation dari bahan alami yang tidak akan merangsang alergi. Anda akan mendapatkan hasil riasan cosplay terbaik apabila kulit Anda mulus. Untuk itu, daya coverage dari foundation haruslah maksimal, tetapi sebisa mungkin foundation tersebut tidak membebani kulit Anda. Jika Anda mengalami alergi atau masalah kulit setelah penggunaan foundation, hentikan pemakaian dan berkonsultasilah dengan dokter kulit Anda.

Foundation yang dapat digunakan untuk kulit tubuh akan sangat bermanfaat!


Foundation yang dapat digunakan untuk kulit tubuh akan sangat bermanfaat!

Orang-orang berpikir bahwa foundation hanya bisa dipakai untuk wajah. Akan tetapi, foundation untuk cosplay sebaiknya dapat digunakan untuk kulit tubuh juga. Apalagi saat Anda mengenakan kostum dengan banyak bagian kulit yang terbuka. Ada baiknya Anda menggunakan foundation untuk tubuh agar tidak terdapat perbedaan antara warna kulit wajah dan warna kulit tubuh.

Saat memilih foundation untuk kulit tubuh, kami merekomendasikan tipe tahan air yang sulit luntur meski bergesekan dengan kostum. Anda dapat menikmati acara cosplay dengan lebih nyaman apabila memilih body foundation yang tidak lengket di kulit.

Saat merias wajah terutama foundation, tujuan Anda adalah untuk mendapatkan tampilan yang sealami mungkin. Berikut ini adalah hal-hal yang yang harus diperhatikan dalam memilih foundation.

  1. Dimana Anda membeli
    Langkah pertama untuk mendapatkan foundation yang tepat adalah membelinya dari toko yang tepat. Lebih baik membeli foundation dari department store karena Anda akan memiliki berbagai pilihan. Mereka juga besar dalam memberikan bantuan dan yang paling penting, memungkinkan Anda untuk menguji sebelum membeli.

  2. Cobalan terlebih dahulu dan gunakan dengan tepat
    Banyak orang sebelum membeli foundation mencoba produk terlebih dahulu di tangan mereka. Ini adalah hal yang salah, karena area tangan memiliki reaksi yang berbeda daripada wajah (lebih tahan terhadap sensitif). Oleh karena itu, jika memungkinkan akan lebih baik jika dicoba pada leher Anda.

  3. Warna apa yang cocok dengan kulit Anda
    Sebelum membeli pastikan apakah warna yang gelap atau yang terang yang cocok pada kulit Anda. Jika Anda tidak yakin dengan itu, Anda bisa meminta bantuan profesional yang biasanya lebih mengerti di toko tersebut. Atau lebih baik lagi, cobalah mencampur keduanya. Banyak orang telah menemukan campuran fondasi yang tepat dengan mencampurkan dua warna yang terlalu terang atau terlalu kusam. Pastikan Anda menguji ini sebelum membeli.

  4. Uji dalam cahaya alami
    Kebanyakan orang lupa bahwa mereka akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam cahaya alami. Jika Anda mengandalkan pencahayaan yang digunakan di sebagian besar toko, Anda akan melewatkan fondasi yang baik tanpa mengetahuinya. Sebagian besar toko memiliki pencahayaan yang keras yang memberi bayangan pada wajah Anda.

    Cukup melangkah keluar dan periksa riasan Anda sebelum memutuskan apakah itu cocok atau tidak. Anda dapat berjalan ke jendela yang terbuka untuk mengonfirmasi ini jika pergi ke luar adalah masalah besar. Poin utamanya adalah memastikan Anda memeriksanya di bawah cahaya alami.