Apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat Agile Product Roadmap ?

roadmap2
Dalam membuat roadmap banyak penedekatan yang bisa dilakukan untuk membuatnya, salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan Agile. Apa saja hal yang perlu dilakukan sebelum membuat Agile Product Roadmap ?

Dalam membuat product roadmap yang bersifat Agile hal yang harus diperhatikan yaitu :

  • Cari tahu target Anda - Ini harus menjadi langkah pertama Anda dalam menciptakan product roadmap yang Agile. Seperti yang kita ketahui, dibutuhkan penelitian pasar dan analisis bisnis selama berminggu-minggu ketika datang untuk membuat peta jalan produk. Namun, sifat dinamis dari faktor-faktor ini mungkin memaksa Anda untuk bekerja lebih banyak pada analisis dan hasil penelitian Anda. Karena mereka akan berubah cukup sering, yang merupakan alasan mengapa Anda perlu menetapkan tujuan tepat di awal. Dengan cara ini, Anda dan tim Anda tidak akan menyimpang dari jalan. Sebagai hasilnya, Anda akan dapat menemukan strategi yang lebih baik.

  • Tetapkan tolok ukur- Anda harus memiliki gagasan lengkap tentang kualitas produk yang sedang bersaing di pasar. Setelah Anda menetapkan standar, akan lebih mudah bagi Anda untuk membandingkan hasil Anda dengan berbagai aspek pesaing Anda, seperti pendapatan dan pertumbuhan.

  • Ambilah masukan gabungan - Pada saat membuat peta jalan, penting untuk mengundang orang-orang kunci dari masing-masing dan setiap departemen bisnis Anda, seperti pemasaran, penjualan, pengembangan, perancangan, dll. Jenis lokakarya dan sesi sumbang saran ini terbukti cukup efektif dan berguna dalam memberikan Anda visi yang tepat untuk roadmap. Selain itu, itu juga akan membuat orang-orang penting Anda merasa bahwa mereka juga merupakan bagian dari proyek penting.

  • Buatlah cerita yang koheren - Untuk memberikan gambaran yang lebih baik kepada karyawan Anda, penting untuk membuat garis waktu yang dapat menunjukkan pertumbuhan produk Anda. Ini akan mempermudah Anda untuk mencapai visi serta mengetahui peran masing-masing dan setiap departemen. Oleh karena itu, orang-orang kunci Anda akan dapat memperoleh gagasan yang lebih baik tentang tanggung jawab mereka. Menjaga cerita atau garis waktu yang koheren serealistis mungkin juga penting.

  • Keep it simple - Tidak ada yang suka berurusan dengan banyak barang rumit. Oleh karena itu, roadmap produk yang dibuat oleh Anda harus mudah dimengerti. Dengan cara ini, orang-orang dari departemen uatama Anda tidak perlu banyak kerja keras untuk mengetahui rencana dan visi Anda. Akan lebih baik untuk tidak memasukkan terlalu banyak detail di roadmap; detail dapat digunakan untuk dokumen backlog produk.

  • Pertimbangkan pengguna Anda terlebih dahulu - Tidak peduli seberapa bagus produk Anda dan fitur-fiturnya; jika Anda tidak berfokus pada bagaimana produk atau fiturnya akan terbukti bermanfaat bagi pengguna target Anda, produk Anda mungkin tidak berhasil di pasar. Jadi, pada saat membangun roadmap, sangat penting untuk mempertimbangkan tanggapan yang Anda peroleh dari target konsumen Anda melalui riset pasar. Dengan cara ini, Anda akan dapat memberikan produk yang lebih berorientasi nilai untuk target pelanggan Anda.

  • Catat masalah dan solusinya - Produk yang Anda rencanakan untuk dikembangkan harus memiliki kemampuan untuk memberikan solusi kepada pelanggan target Anda dan penting untuk menyebutkan hal yang sama dalam roadmap produk Anda. Roadmap harus secara jelas mendefinisikan masalah yang akan dipecahkan oleh produk Anda yang akan datang dan juga, mencatat manfaat nyata dari produk yang akan datang juga penting.

Penting untuk memastikan bahwa roadmap mengandung esensi dari produk Anda yang akan datang. Menyebutkan tanggal atau tenggat waktu masing-masing dan setiap tahap pengembangan produk terbukti bermanfaat dalam hal ini.

Referensi
My Venture Pad