Apa saja yang harus dimiliki seorang kritikus sastra?

kritikus sastra

Sebagai orang yang mengkritik, tentu tidak boleh mengkritik dengan pengetahuan yang kosong. Apa saja yang harus dimiliki seorang kritikus sastra?

sesungguhnya hal pertama yang harus dimiliki seorang kritikus adalah bakat kritik dan rasa (dzauq)
Bakat kritik adalah kemampuan yang diberikan Allah kepada sebagian manusia, dengan hal itu mereka mampu mengamati/ menganalisa sesuatu hal dengan pengamatan/ analisa yang tepat dan akurat sehingga tersingkaplah kelemahan-kelemahan yang tersembunyi dan mampu merasakan keindahan-keindahan yang tampak maupun yang tidak tampak/ tersembunyi, dan mampu membedakan hal-hal yang hampir sama, serta mampu mengetahui perbedaan-perbedaaan yang tidak mudah di tangkap oleh kasat mata.

Benar! Semua manusia memang sama-sama memiliki kemampuan untuk menganalisa dan membedakan serta membandingkan, tetapi orang-orang yang memiliki bakat kritiklah yang memiliki kemampuan yang lebih daripada orang-orang pada umumnya, jika sekirannya ada kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mereka dan memanfaatkan hal itu, niscaya mereka akan menjadi kritikus sastra yang handal.

Dan mengenai dzauq, hal itu adalah kemampuan khusus yang membuat seseorang menjadi pintar, dia akan mampu dengan baik dalam berupaya dan memilih dan sangat memperhatikan akan kecocokan warna, suara, dan bentuknya dan juga dia tahu akan ketidak cocokan diantaranya