Apa saja yang harus diketahui untuk memahami lensa kamera?

lensa kamera

Lensa kamera merupakan pengganti “mata” seorang fotografer. Lensa kamera memegang peranan kunci dalam dunia fotografi.

Apa saja yang harus diketahui untuk memahami lensa kamera ?

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai lensa kamera yang harus kamu pahami:

1.Focal Length

image

Karakteristik utama dari sebuah lensa adalah focal length. Focal length didefinisikan sebagai jarak dari pusat optik lensa ke titik fokus yang terletak pada sensor dalam satuan mm. Focal length menentukan seberapa lebar sudut pandang lensa.

2.Lens Ratio

image

Ketika kamu melihat sisi depan lensa, maka akan tampak angka (1:2.8, 1:2.8-4, 1:3.5-5.6, dsb) yang merupakan aperture maksimal dari lensa. Aperture menentukan banyaknya cahaya masuk ke lensa untuk dikirimkan ke sensor gambar.

Beberapa jenis lensa kamera yang dapat menjadi pilihan kamu untuk memotret, antara lain:

3.Lensa Standar

image

Lensa standar memiliki focal length yang baku (50 mm, 85 mm, 100 mm) dan menghasilkan gambar sesuai dengan apa yang mata manusia lihat.

4.Lensa Wide Angle

image

Lensa wide angle memiliki focal length yang lebih rendah (10 mm – 42 mm) jika dibandingkan dengan lensa standar. Lensa ini memungkinkan kamu untuk memperoleh angle yang lebih luas. Bagus untuk memotret outdoor.

5.Lensa Telephoto

image

kamu untuk memperpendek jarak dan mempertajam objek dari jarak jauh. Lensa tele ini sangat baik digunakan untuk fotografi jenis wild life, potrait, sport dan juga dokumenter.

6.Lensa Zoom

image

Lensa zoom memiliki berbagai jenis focal length, antara 24 mm sampai 30 mm sehingga memungkinkan kamu untuk memperoleh komposisi yang lebih luas secara fleksibel.

7.Lensa Fisheye

image

Lensa Fisheye adalah lensa wide yang memiliki spesialisasi mengubah garis lurus menjadi sebuah kurva. Terkadang gambar yang dihasilkan berbentuk lingkaran, setengah lingkaran atau oval dengan sudut pandang yang lebar mencapai 180 derajat.

8.Lensa Makro

image

Lensa makro digunakan untuk foto close up dengan focal length antara 50mm – 200 mm. Lensa ini menghasilkan gambar yang luar biasa tajam di area fokus, tetapi obyek lainnya akan kabur. Lensa ini bisa mengabadikan objek yang berukuran kecil seperti serangga dan bunga secara detail.

9.Lensa Tilt-Shift

image

Berbeda dengan lensa lainnya yang disebutkan di atas, lensa Tilt-Shift bisa digerakkan ke kanan dan kiri untuk memberikan sudut pandang baru. Dengan cara ini, fotografer bisa lebih leluasa mengatur titik fokus pada gambar yang akan dihasilkan.

Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray: