Apa saja yang dilakukan oleh seorang Manajer Pemasaran dalam perusahaan?

Manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya.

Hal apa saja yang dilakukan oleh seorang Manajer Pemasaran dalam perusahaan?

Manajer pemasaran adalah seseorang yang mengelola pemasaran sebuah bisnis atau produk. Mereka bertanggung jawab atas beberapa layanan atau produk bahkan hanya bertanggung jawab atas satu produk saja. Seorang manajer pemasaran harus memiliki sifat yang mudah berbaur dengan orang lain, spontan, dan suka bekerja sama. Sesuai dengan sifat-sifat yang sudah disebutkan tadi, mereka harus selalu fokus, berorientasi pada detail, dan sangat berhati-hati dalam memenuhi batasa anggaran dana serta batasan waktu.

Manajer pemasaran bekerja sama dengan anggota tim lainnya untuk menciptkan kampanye periklanan yang sederhana dan kompleks. Mereka juga dapat bernegosiasi tentang sebuah kontrak untuk berbagai jenis iklan setelah membentuk anggaran pemasaran. Mereka akan bekerja sama dengan anggota tim lainnya untuk menentukan cara terbaik dan paling kreatif untuk melakukan pengiklanan produk atau layanan dari sebuah perusahaan. mereka mungkin diminta untuk mepresentasikan gagasan tentang cara terbaik dan kretaif tersebut kepada perusahaan dan kepada kliennya untuk mendapatkan persetujuan atas pelaksanaan periklanan.

Manajer pemasaran juga menentukan daya jual suatu produk atau layanan yang baru. Mereka melakukan pengujian tentang tingkat kepentingan umum bagi produk atau layanan yang baru itu. Mereka melakukan penetapan harga dan penempatan produk dengan anggota tim yang lain. Mereka mencari pasar baru yang mungkin memerlukan produk atau layanan dari perusahaan mereka. Manajer pemasaran melakukan penelitian dari suatu produk yang kompleks, termasuk pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan dari produk tersebut sebelum mengenalkan produk itu ke pasar.

Banyak manajer pemasaran yang melakukan suatu perjalanan untuk bertemu dengan klien, bekerja dengan tim produksi untuk menyempurnakan produk dan melakukan jajak pendapat yang bersifat informal mengenai produk atau layanan. Selain itu, manajer pemasaran juga melakukan perjalanan untuk bertemu dengan media prospektif seperti perusahaan produksi video, perusahaan produksi cetak dan tempat-tempat untuk mempromosikan produk tersebut di muka umum jika memang diperlukan.

Sumber : What does a marketing manager do? - CareerExplorer