Apa saja yang dilakukan oleh seorang Manager Pemasaran?

Manajer pemasaran berfokus pada aplikasi yang praktis dan pengelolaan operasi pemasaran dalam organisasi. Agar manajer pemasaran efisien dan efektif dalam menjalankan fungsinya, maka manajer pemasaran memiliki kemampuan komunikasi dan analitis yang baik. Sehingga, apa saja saja yang dilakukan oleh seorang manager pemasaran?
Manager Marketing

Dalam organisasi kecil, manajer pemasaran bertanggung jawab atas keseluruhan aktivitas pemasaran organisasi dan oleh karena itu menangani perumusan, mengarahkan dan mengkoordinasikan kegiatan pemasaran sehingga dapat mempengaruhi pelanggan untuk memilih produk organisasi daripada pesaing.

1. Melakukan Riset Pasar

Manajer pemasaran melakukan riset pasar untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan di sebuah organisasi. Riset pemasaran memungkinkan para manajer untuk mengidentifikasi peluang pasar baru, membantu organisasi menciptakan apa saja yang disukai oleh pelanggan di pasaran untuk produk atau layanannya. Riset pasar juga melibatkan pesaing dari sebuah organisasi sehingga dapat mengembangkan produk unggulan dan menggunakan teknik pemasaran yang efisien. Perusahaan melakukan riset pasar dengan menggunakan kuesioner, wawancara tatap muka atau menganalisis kebiasaan dalam membeli pada pelanggan.

2. Mengembangkan Strategi Pemasaran

Manajer pemasaran bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk organisasi mereka. Strategi ini menguraikan dengan jelas bagaimana sebuah organisasi akan mempromosikan produk dan layanannya ke target pamasaran dengan tujuan meningkatkan volume penjualannya dan mempertahankan keunggulan kompetitif dibandingkan pesaingnya.

3. Pengelolaan hubungan pelanggan

Manajer pemasaran melakukan fungsi untuk memperjuangkan manajemen hubungan pelanggan dalam organisasi. Manajer pemasaran mengumpulkan informasi ini dari database pelanggan organisasi untuk membantu membuat survei kepuasan pelanggan. Manajer pemasaran kemudian membagikan informasi ini kepada karyawan lain untuk memastikan mereka menawarkan layanan pelanggan yang sangat baik kepada client mereka untuk membangun hubungan yang abadi.

4. Manajemen Karyawan

Manajer pemasaran bertanggung jawab atas departemen pemasaran, oleh karena itu bertanggung jawab atas karyawan di departemen mereka. Mereka menetapkan tugas dan menetapkan target untuk staf departemen. Ini juga merupakan fungsi manajer pemasaran untuk melakukan evaluasi kinerja berkala terhadap staf yang bekerja untuk mereka.

5. Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru

Manajer pemasaran menganalisis tren pasar dengan tujuan untuk mengidentifikasi pasar yang belum dieksploitasi atau baru untuk produk dan layanan organisasi. Dengan mempelajari pola pembelian konsumen, mereka dapat mengidentifikasi puncak dan periode permintaan di luar puncak untuk produk mereka. Dengan menggunakan peramalan penjualan, mereka dapat memperkirakan kinerja produk organisasi di masa depan. Juga melalui analisis pasar dan peramalan, mereka dapat mengembangkan strategi untuk memastikan organisasi tetap kompetitif.

Sumber: