Apa saja yang dilakukan di dalam Schedule Management Approach?

Proses penjadwalan dimulai dengan pekerjaan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan stakeholder. Ini termasuk pekerjaan teknis yang menciptakan output, kerja manajemen perubahan yang memberikan manfaat, dan aktivitas manajemen yang menangani aspek seperti manajemen risiko dan manajemen pemangku kepentingan.

Pada bagian Schedule Management Approach berfungsi untuk memberikan kerangka umum untuk pendekatan yang akan diambil untuk membuat project schedule. Termasuk scheduling tool / format, milestones, dan schedule development roles dan responsibilities.

Project schedule akan dibuat dengan menggunakan MS Project 2007 yang dimulai dengan kiriman yang diidentifikasi dalam Work Breakdown Structure (WBS) proyek. Definisi aktivitas akan mengidentifikasi paket kerja spesifik yang harus dilakukan untuk menyelesaikan setiap deliverable. Perkiraan durasi aktivitas akan digunakan untuk menghitung jumlah periode kerja yang dibutuhkan untuk melengkapi pekerjaan. Perkiraan sumber daya akan digunakan untuk menetapkan sumber daya ke paket kerja guna menyelesaikan pengembangan jadwal.

Setelah jadwal awal dikembangkan, selanjutnya akan ditinjau oleh tim proyek dan setiap sumber yang ditugaskan untuk tugas proyek.

Berikut ini akan menjadi milestones untuk project schedule :

  • Penyelesaian pernyataan lingkup dan Kamus WBS / WBS
  • Jadwal proyek Baselined
  • Persetujuan anggaran proyek akhir
  • Proyek kick-off
  • Persetujuan peran dan tanggung jawab
  • Persyaratan persetujuan definisi
  • Penyelesaian pemetaan / inventarisasi data
  • Implementasi proyek
  • Penerimaan kiriman akhir
  • Peran dan tanggung jawab untuk pengembangan jadwal adalah sebagai berikut:

Manajer proyek akan bertanggung jawab untuk memfasilitasi definisi paket kerja, urutan, dan perkiraan durasi dan sumber daya dengan tim proyek. Manajer proyek juga akan membuat jadwal proyek dengan menggunakan MS Project 2007 dan memvalidasi jadwal dengan tim proyek, pemangku kepentingan, dan sponsor proyek.

Tim proyek bertanggung jawab untuk berpartisipasi dalam definisi paket kerja, urutan, dan estimasi durasi dan sumber daya. Tim proyek juga akan meninjau dan memvalidasi jadwal yang diusulkan dan melakukan kegiatan yang ditugaskan setelah jadwal disetujui.

Sponsor proyek akan berpartisipasi dalam meninjau jadwal yang diusulkan dan menyetujui jadwal akhir sebelum baselined.

Pemangku kepentingan proyek akan berpartisipasi dalam meninjau jadwal yang diusulkan dan membantu dalam validasi.

Referensi :