Apa saja yang dilakukan dalam pendekatan sederhana untuk melakukan Costumer Research?


Pentingnya dilakukan Costumer Research dalam kegiatan Bisnis apa pun.

data-analysis-1-638

Berdasarkan sumber yang didapatkan, Constant Contact telah mensurvei 1.200 bisnis dalam skala kecil dan menanyakan bagaimana mereka menggunakan data dalam pengambilan keputusan. Dengan hasil 67% mengatakan bahwa data dan membantu dalam mempertahankan customer, sedangkan 65% mengatakan bahwa data dapat membantu meningkatkan pengalaman customer.

Ketika terpikirkan tentang bagaimana bisnis yang sedang dijalankan dapat menggunakan data-data yang ada dalam pengambilan keputusan, terlebih dahulu dapat dilakukan research dan mengumpulkan feedback dengan cara online, offline maupun interaksi face-to-face bagi pelaku bisnis skala kecil yang ingin memahami penyebab timbulnya masalah, tingkat pengalaman terhadap produk atau service, penilaian kebutuhan dan ekspektasi customer, dan menentukan kira-kira produk atau layanan berikutnya yang dapat diterima oleh customer. Research tersebut dapat dikatakan baik apabila antara pertanyaan dan jawaban relevan terhadap tujuan bisnis.

Dalam melakukan research salah satu cara yang paling mudah adalah mengumpulkan data melalui survei online. Dengan survei online, dapat disusun beberapa pertanyaan dan mengumpulkan feedback sebagai bentuk promosi survei tersebut. Akan tetapi sebelum survei tersebut disebarluaskan, perlu dilakukan tes terlebih dahulu pada ruang lingkup yang lebih kecil. Setelah itu paling tidak lakukan identifikasi 2-3 yang digunakan sebagai kunci dari survei untuk menganalisis hasilnya.

Reference

https://blogs.constantcontact.com/customer-research/