Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat roadmap / peta jalan produk ?


Roadmap merupakan salah satu dari serangkaian proses untuk memuat sebuah produk. dalam hal tersebut apa saja yang dibutuhkan untuk membuat roadmap / peta jalan ?

Yang dibutuhkan dalam membuat roadmap adalah :

  1. Fokus kepada hasil luaran, sebuah petajalan tersebut sesuai dengan hasil yang diharapkan berdasarkan strategi produk.

  2. Menggambarkan evolusi produk, para stakeholder masih dapat mendiskusikan perubahan-perubahan yang ada berdasarkan “iterative learning” seiring dengan berjalannya waktu.
    Identifikasik rencana strategis bisnisnya. Proses ini dilakukan untuk menentukan arahan serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan SDM).

  3. Lakukan pemindaian lingkungan bisnis, gunakan analisis untuk memberikan gambaran tentang kondisi bisnis saat ini. Tools analisis yang dapat digunakan adalah SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological), atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic, Ecological, Regulatory).

  4. Tentukan sasaran strategis jangka menengah (periodenya bisa 4 – 5 tahun). Kenapa jangka menengah, agar roadmap secara strategis lebih mendekati goal jangka panjang.

  5. Susun program, waktu dan bentuk kegiatan bisnisnya dengan menyertakan indikator keberhasilannya.

  6. Petakan informasi tersebut secara jelas dan padat dalam roadmap.