Apa saja yang dapat menyebabkan gigi ngilu?

Gigi ngilu

Seringkali kita menyepelekan gigi ngilu, padahal gigi ngilu bisa menjadi pertanda adanya penyakit gigi yang serius. Apa saja yang dapat menyebabkan gigi ngilu?

Kerap mengalami gigi ngilu? Awas, jangan disepelekan. Pasalnya, gigi ngilu merupakan pertanda adanya suatu masalah di dalam rongga mulut Anda!

Inilah3 kejadian mengejutkan di balik gigi ngilu :

  • Penurunan gusi
    Sebagian besar kasus gigi ngilu disebabkan oleh penurunan gusi. Kondisi ini mengakibatkan sebagian permukaan akar gigi terbuka. Awalnya, akar gigi tersebut dilapisi oleh lapisan cementum. Namun, kebiasaan menyikat gigi yang buruk, atau kebiasaan mengunyah es batu menyebabkan lapisan tersebut hilang perlahan.

  • Karies gigi
    Karies –penyebab gigi berlubang atau patah– menyebabkan gigi kehilangan sebagian strukturnya. Hal ini membuat bagian dentin gigi terbuka. Akibatnya, gigi menjadi sangat sensitif terhadap berbagai rangsangan. Akhirnya, gigi ngilu sering kali tidak terhindarkan.

  • Tambalan gigi yang lepas
    Tambalan gigi bisa rusak jika tidak dijaga kebersihannya. Pasalnya, tepi tambalan yang berbatasan dengan gigi menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Jika tidak dibersihkan, karies baru di bawah tambalan akan terbentuk. Apabila sudah terjadi, gigi akan terasa ngilu dan sakit.

www.klikdokter.com

Hipersensitivitas dentin (DH) adalah kondisi klinis yang umum biasanya berhubungan dengan permukaan dentin terbuka. Hal ini dapat mempengaruhi pasien dari setiap kelompok usia dan paling sering mempengaruhi gigi taring dan premolar kedua lengkungan. Pasien biasanya akan merasakan rasa nyeri yang berlangsung singkat dan tajam yang timbul akibat dentin yang terpapar terkena rangsangan seperti panas, dingin, uap, sentuhan, atau kimiawi. Walaupun rangsangan yang memicu rasa nyeri tersebut bisa bermacam-macam, tetapi rangsangan dingin merupakan pemicu yang paling sering dikeluhkan.

Hipersensitif dentin bisa terjadi pada daerah gigi mana pun, tetapi daerah yang paling sensitif adalah daerah servikal dan permukaan akar gigi. Bagaimana dengan makanan asam? Apakah mengonsumsi makanan asam dapat menyebabkan gigi ngilu?

Makanan Asam dan Gigi Ngilu

Rasa ngilu juga dapat dipicu oleh rangsangan kimiawi seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung asamya itu buah-buahan terutama buah jeruk; minuman bersoda yang mengandung asam karbonat dan asam sitrat; saus salad; teh herbal; dan alkohol.

Bahan-bahan dengan pH rendah tersebut dapat menyebabkan hilangnya jaringan keras gigi (email dan dentin) melalui reaksi kimia tanpa melibatkan aktivitas bakteri, yang disebut erosi. Lingkungan rongga mulut yang asam juga akan menyebabkan terbukanya tubulus dentin lebih banyak lagi yang mengakibatkan terjadinya peningkatan sensitivitas gigi.

Jika Anda mengkonsumsi makanan-makanan yang asam, pastikan bahwa setelahnya Anda menetralkan pH dalam mulut dengan banyak minum air putih. Jangan lupa juga untuk menyikat gigi secara rutin agar kebersihan gigi dan mulut selalu terjaga. Selain itu, pilihlah pasta gigi khusus gigi sensitif yang mengandung Hydroxyapatite (hap mineral) – salah satu komponen mineral utama pembentuk dentin dan email gigi, biasa ditemukan pada gigi dan tulang pada tubuh manusia yang bermanfaat untuk mencegah rasa ngilu sampai ke saraf gigi.

Sumber : https://www.infogigi.com/1825/gigi-ngilu-sebab-mengkonsumsi-makanan-asam.html