Apa saja yang dapat mendukung pangan perkotaan dalam mencapai ketahanan pangan?

Urbanisasi yang terus meningkat akan menyebabkan ketidaksetaraan sosial ekonomi dan mempengaruhi ketahanan pangan. maka dari itu sangat penting untuk mengkaji lebih jauh mengenai ketahanan pangan perkotaan. apa saja yang dapat mendukung pangan perkotaan dalam mencapai ketahanan pangan?

Kerawanan pangan tidak hanya terjadi di pedesaan. Kerawanan pangan juga banyak terjadi di perkotaan terutama kota kota kecil dan menengah mengingat lokasinya yang berdekatan dengan daerah pedesaan serta pertumbuhan populasi yang cepat. Hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung pangan perkotaan dalam mencapai ketahanan pangan adalah sebagai berikut:

  • Kebijakan pemerintah yang berfokus pada sistem pangan. yaitu kebijakan pemerintah yang didasarkan dalam upaya untuk memaksimalkan manfaat sosio-ekonomi dan pangan. Kegiatan yang mendukung ketahanan pangan berupa keamanan pangan, peningkatan pendapatan dan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, pengembangan agribisnis, peningkatan pelestarian lingkungan, pertanian berkelanjutan, dan penggunaan lahan serta pengolahan sampah organic yang efektif
  • Kemudahan Informasi pangan. yaitu pemerintah memberikan kampanye dan pengetahuan tentang masalah dan solusi keamanan pangan. Hal ini juga dapat dilakukan melalui praktik secara langsung bagaimana pemenuhan gizi yang baik untuk masyarakat. Contoh yang sudah diberlakukan adalah pada Pakta Kebijakan Pangan Perkotaan Milan yang diluncurkan pada tahun 2015 dan telah ditandatangani oleh lebih dari 160 kota di seluruh dunia

Sumber:
Sonnino, R. (2019). Feeding Urban Areas: Challenges and Opportunities. Encyclopedia of Food Security and Sustainability, Vol. 1 , 110-112.