Apa saja yang dapat dilakukan dalam merespon risiko yang bersifat negatif?

image
Ada risiko yang bersifat positif dan ada juga risiko yang bersifat negatif. Apa saja yang dapat dilakukan dalam merespon risiko yang bersifat negatif?

  1. Accept
    Jika dampak dan probabilitasnya rensah, risiko tersebut dapat kita terima begitu saja. Menerima risiko bukan berarti mengabaikannya, risiko dalam dalam kategori diterima dimasukkan dalam daftar pantauan. Selama berlangsungnya proyek, kita harus meninjau apakah probabilitas dan / atau dampak dari risiko meningkat atau tidak.

  2. Avoid
    Jika probabilitas dan dampak suatu risiko tinggi, kita dapat meresponnya dengan menghindari risiko tersebut. Beberapa cara untuk menghindari risiko adalah dengan mengklarifikasi persyaratan sehingga bagian yang berpotensi berisiko tinggi dari ruang lingkup dikecualikan, atau jika risiko adalah pada jadwal, dengan memperpanjang jadwal.

  3. Transfer
    Jika dampaknya tinggi dan probabilitasnya rendah, kita dapat mengalihkan risiko kepada pihak ketiga. Contoh dalam kasus manufaktur akan mencakup pembelian asuransi kewajiban produk, atau jika risiko berkaitan dengan komponen tertentu, kita dapat mengoutsourcing pembuatan komponen itu ke perusahaan yang lebih siap untuk menanganinya.

  4. Mitigate
    Ketika baik dampak atau probabilitas tinggi, untuk mengurangi risiko tersebut kita dapat mengambil langkah dengan menurunkan kemungkinan risiko tersebut terjadi, atau mengurangi dampak pada proyek jika risiko tersebut terjadi.