Apa saja yang bisa kalian dapatkan saat berkunjung ke Pacitan?

Pacitan

Letak Kabupaten Pacitan yang terdapat di derah pinggiran laut menjadikan Pacitan menjadi surganya wisata di Jawa, Karena selain dikenal dengan kota 1001 Goa tetapi Pacitan juga memiliki pantai yang sangat indah. Selain itu Pacitan juga di kenal dengan kota masa kecil bapak SBY. Banyak keindahan yang masih tersimpan dengan rapat di Pacitan ini. Selain keindahan alam yang menakjubkan Pacitan juga mempunyai aneka kuliner khas yang sangat menggoda. Apa saja yang bisa kalian dapatkan saat berkunjung ke Pacitan?

1. Pantai Klayar
Pantai ini adalah pantai yang sangat terkenal di Pacitan banyak sekali pengunjung di pantai ini dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pengunjung mengunjungi pantai ini bukan hanya untuk melihat pemandangan yang menakjubkan saja tetapi mereka ingin melihat langsung “Seruling Samudra” jika kalian tidak tau apa itu “Seruling Samudra” batu karang besar yang apabila ada ombak besar datang maka akan menyembur ke sela-sela batu karang yang menimbulkan suara merdu seperti seruling. Selain itu kalian dapat menemukan batu karang yang bentuknya seperti Sphinx.

2. Goa Gong
Setelah kita melihat pantai-pantai yang indah ada baiknya kita harus mengunjungi goa yang sangat terkenal ini yang disebut dengan Goa Gong. Konon katanya nama dari goa ini karena ada batu besar yang bisa mengeluarkan bunyi seperti gong. Pemerintah setempat memberikan lampu warna warni yang memberi kesan ekstotik.

3. Monumen Jendral Sudirman
Monumen adalah bentuk dari penghormatan terhadap jasa pahlawan dari Jendral Sudirman, Jendral besar yang sangat ditakuti para penjajah. Monumen yang berdiri dimana dulu Jendral pernah mendirikan markas dan menentukkan strategi gerilya yaitu di Pakis Baru, Kecamatan Nawangan. Disana kamu dapat menikmati pemandangan monumen kuno dengan arsitektur ala orde baru yang diukir terhadap apresiasi tinggi terhadap seni. Terdapat anak tangga yang berjumlah 70 buah, Dan bisa mengambil foto untuk keperluan pribadi. Seperti kata Soekarno “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya.”

4. Sungai Maron
Sungai Maron “Grand Canyon” Pacitan, Karena pemandangannya seperti di Grand Canyon Amerika. Sungai yang letaknya bertepat di Desa Desono, Pringkuku yang memiliki jarak 45 menit dari pusat Kota Pacitan. Sungai ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Desono dan Sendang karena sumber airnya dan habitat alami ikan air tawar. Maka dari itu air disungai tersebut bersih dan asri karena sangat dijaga oleh masyarakatnya. Di Sungai ini kalian dapat menyusuri sungai dengan menikmati pemandangan yang sangat menawan. Yang menariknya lagi di Sungai Maron sering diadakan lomba dayung setiap tahunnya. Dengan bermodalkan Rp 2000/orang dan harga sewa perahu Rp. 100.000-150.000 saja. Dan akan sangat terbayarkan jika kalian sudah menyusuri sungai tersebut.

5. Pemandian Banyu Anget
Jika sudah cukup dingin-dinginnya di Pantai kalian dapat mengunjungi Pemandian Banyu Anget yang sangat terkenal di Pacitan yang mempunyai sumber air panas dari perbukitan kapur. Terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari. Agar bisa dinikmati oleh pengunjung air mendidih yang terkumpul di kolam utama akan dicampur dengan air dingin di 3 kolam lainnya. Di sekitar pemandian ini pemandangannya juga sangat menawan, dikelilingi perbukitan yang hijau dan asri.

6. Nasi Tiwul
Selain tempat wisata di Pacitan, kamu juga harus mencoba kuliner yang sangat digemari yaitu Nasi Tiwul, Menyantapnya akan lebih lengkap dengan urap kenikir dan sayur dari daging hiu muda,Tidak lengkap tanpa Sambal mentah yang ikut mendampingi untuk menyantap kuliner ini yang membuat lidahmu seperti terbakar karena pedasnya. Untuk menetrailisir pedas kalian dapat memesan minuman es kelapa muda yang segar. Selain enak makanan ini memiliki nilai gizi yang cukup baik untuk tubuh. Karena bahan baku dari makanan ini adalah cassava atau ketela yang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan padi.

Sumber: