Apa saja wilayah yang ada di Taman Nasional Baluran?

Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur merupakan sebuah taman nasional dengan luas area 25.000 hektar.
Apa saja wilayah yang ada di Taman Nasional Baluran?

taman nasional baluran

Beberapa pembagian wilayah tempat wisata Taman Nasional Baluran adalah seperti keterangan di bawah ini.

  • Hutan Musim

Pertama kali anda masuk Taman Nasional Baluran, anda akan disambut dengan rimbunnya hutan musim. Wilayah ini dinamakan hutan musim karena tempat ini berubah sesuai musim yang ada. Pada musim penghujan, hutan ini akan terlihat rimbun dan menghijau, namun pada musim kemarau, hijaunya dedaunan tidak akan tampak, dan berubah warna menjadi kuning bahkan rontok, sehingga hutan musim akan didominasi warna coklat. Kawasan ini akan anda lalui sejauh kurang lebih 5 kilometer.

  • Hutan Evergreen

Di kilometer 6 sampai dengan 9, Anda akan dibawa ke kawasan hutan abadi atau dikenal dengan hutan evergreen. Hutan ini akan selalu terlihat hijau di sepanjang tahun dan sepanjang musim. Hutan evergreen terletak di atas tanah yang subur karena lapisan tanahnya yang selalu dibasahi air. Di tempat ini, terdapat aliran air atau sungai yang terus mengalir sehingga membuat kawasan evergreen ini terus tumbuh subur. anda datang kapanpun ke tempat ini, anda akan selalu disambut oleh warna hijaunya hutan evergreen.

  • Padang Rumput ( Savana Bekol )

Di sinilah surga Taman Nasional Baluran berada. Padang rumput yang terbentang luas di sejauh mata memandang. Hewan-hewan yang berkeliaran kesana kemari menjadi pemandangan indah tersendiri bagi pengunjung. Anda bisa menyaksikan padang rumput lebih jauh lagi melalui menara pandang. Menara setinggi 30 meter ini membantu anda untuk melihat-lihat view dengan jarak yang lebih jauh. Keadaan rumput di padang savana ini menyesuaikan keadaan seperti pada hutan musim. Anda akan menjumpai rumput-rumput berwarna coklat dan gersang di musim kering, sedangkan pada musim hujan, rumput-rumput akan tumbuh subur.