Apa saja Unsur-unsur Komunikasi yang Memiliki Keterkaitan dengan Proses Penyampaian Public speaking?

Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Sedangkan public speaking adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umu (orang banyak) lainnya.

Apa saja Unsur-unsur Komunikasi yang Memiliki Keterkaitan dengan Proses Penyampaian Public speaking?

Public speaking bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak agar bisa diterima maksud dan maknanya dengan baik, dalam proses penyampaian pesan tersebut terjadilah suatu komunikasi yang biasa terjadi dalam interaksi sosial. Komunikasi tersebut bisa terjadi karena adanya tanggapan dari khalayak terhadap apa yang telah disampaikan oleh pembicara, dalam proses penyampaian pesan tersebut terdapat unsur-unsur dari komunikasi sosial yang memiliki keterkaitan dengan proses penyampaian public speaking. Unsur-unsur tersebut antara lain:

  • Komunikator
    Yaitu pihak yang memulai komunikasi dalam suatu komunikasi sosial. Komunikator mungkin seseorang atau suatu institusi. Dalam proses komunikasi ini, komunikator merupakan unsur yang aktif atau dengan kata lain mengambil prakarsa untuk bertindak, sedangkan dalam public speaking biasa disebut dengan pembicara

  • Amanat
    Yaitu mengenai berbagai macam hal yang akan disampaikan baik berupa perintah, kabar, buah pikiran, dan sebagainya. Maksud penyampaian ini ialah sebagai upaya pemahaman dan tanggapan dari pihak lain, yaitu penerima amanat sesuai dengan maksud pengirim. Jika amanat berupa perintah, hendaknya perintah itu dilaksanakan dan jika berupa buah pikiran, hendaknya bisa dimengerti sebagai suatu informasi. Sama halnya dengan public speaking, dalam proses penyampaian pesan dan informasi yang disampaikan didalamnya terdapat amanat-amanat yang diharapkan bisa diterima dengan baik oleh khalayak.

  • Media
    Yaitu daya upaya yang dipakai untuk menyampaikan amanat kepada penerima kemudian dinamakan dengan media komunikasi sosial. Media komunikasi sosial ini mengandung dua unsur, yaitu unsur pernyataan atau ungkapan dari amanat itu sendiri yang memiliki bentuk-bentuk berbeda seperti kode, isyarat, gerak, lambang, dan sebagainya. Kemudian unsur yang kedua adlah alat yang dipakai untuk menyampaikan amanat tersebut seperti surat, telepon, radio, televisi dan lain sebagainya. Dalam public speaking proses penyampaian pesan atau kegiatan mempengaruhi khalayak juga menggunakan berbagai media yang lebih memudahkan khalayak untuk menangkap pesan yang disampaikan.

  • Komunikan
    Yaitu orang atau satuan orang-orang yang menjadi sasaran dari komunikasi ini. Kepada merekalah komunikasi disampaikan, dari merekalah diharapkan muncul suatu tanggapan, dan dalam diri mereka proses komunikasi itu berakhir. Dalam proses komunikasi komunikan merupakan unsur pasif, berbeda dengan komunikator yang berperan sebagai unsur aktif. Jika dalam public speaking pihak yang menjadi sasaran komunikasi biasa disebut dengan khalayak, pengertian dari khalayak sendiri juga sama dengan komunikan dalam komunikasi sosial.

  • Tanggapan (respons)
    Adalah tujuan yang diharapkan oleh komunikator. Yang diharapkan disini adalah bahwa tanggapan komunikasi sama dengan maksud yang disampaikan oleh komunikator. Dengan demikian komunikasi dapat dikatakan berhasil serta efektivitas komunikasi tercapai.

Selain keterkaita dalam unsur-unsurnya, komunikasi sosial dan public speaking juga mempunyai hubungan dalam fungsi dari komunikasi sosial maupun public speaking itu sendiri. Fungsi tersebut antara lain adalah sebagai pemberi informasi dan pemberi bimbingan. Jadi dapat disimpulkan bahwa antara public speaking dengan komunikasi sosial memiliki suatu keterkaitan jika dilihat dari unsur-unsur serta fungsinya. Karena pada dasarnya baik komunikasi sosial maupun public speaking memiliki tujuan yang sama serta sama-sama berhubungan dengan masyarakat luas.