Apa saja tujuan dan manfaat dari superordinate goal?

Superordinate goal

Superordinate goal adalah tujuan penting yang hanya dapat dicapai melalui kooperasi.

Salah satu teknik yang paling efektif untuk menyelesaikan konflik antar kelompok adalah untuk dikembangkan adalah dengan apa yang disebut tujuan atau sasaran superordinate. Tujuan superordinate adalah tujuan yang dilakukan bersama oleh semua kelompok dalam suatu konflik yang tidak dapat dicapai oleh satu kelompok tanpa upaya dukungan kelompok lainnya. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa setelah diperkenalkan, tujuan atau sasaran superordinate dapat mengurangi bias kelompok dalam (in-group) terhadap kelompok luar dan dapat melerai konflik antarkelompok (Bettencourt, Brewer, Croak, & Miller, 1992; Gaertner et al., 1999; Sherif et al., 1961).

Dengan memperkenalkan tujuan atau sasaran superordinate ke dalam konflik, tujuan atau sasaran dapat dicapai hanya melalui upaya bersama dari sisi yang berlawanan, mempromosikan perilaku kooperatif dan berfungsi sebagai dasar untuk merestrukturisasi hubungan antar kelompok.
Tujuan atau sasaran superordinate menciptakan ketergantungan kooperatif antara in-group dan out-group. Dengan mengubah situasi permusuhan menang-kalah menjadi salah satu pemecahan masalah kolaboratif, dengan kemungkinan hasil win-win (menang-menang), tujuan superordinat mengurangi gesekan antar kelompok-kelompok.

Referensi

Sumber Artikel: https://www.universitaspsikologi.com/2018/04/pengertian-dan-teori-konflik-antar-kelompok.html?m=1