Apa saja tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi ?

Khalifah di muka bumi

Manusia diciptakan oleh Allah swt sebagai khalifah di muka bumi. Apa saja tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi ?

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh manusia sebagai khalifah di muka bumi ini antara lain :

Pemimpin Dirinya Sendiri

Manusia sebagai khalifah di bumi artinya setiap manusia adalah khalifah, pemimpin dirinya sendiri sebelum memimpin saudaranya yang lain.

Dengan belajar mengontrol apa yang dipikirkan kita, hati kita, tingkah laku kita, perasaan kita, dan sikap yang seharusnya ditampilkan, tanpa kita sadari bahwa kita sedang memimpin diri kita sendiri.

Kita hidup di dunia ini akan selalu dihadapkan pada dua pilihan, yaitu dengan berujung dengan baik atau buruk. Itulah kelebihan kita lainnya yaitu diberi pilihan.

Menjaga alam dan saling menyayangi

Selain tugas manusia sebagai khalifah di bumi ini yaitu beribadah kepada Sang Maha Pencipta, tugas lain manusia di bumi ini yaitu menjaga alam dan isinya. Alam yang memberikan kita keberadaan hidup, oleh karena itu kita harus menjaga dan melestarikannya. Dengan cara menggunakan apa yang ada di alam ini dengan secukupnya tanpa berlebihan. Tidak merusak apa yang ada di alam ini, karena itu akan merugikan diri kita sendiri.

Tugas lain manusia sebagai khalifah di bumi ini yaitu saling menyayangi dan menjaga setiap sesama umat manusia, menolong sesama saudaranya. Allah menciptakan umat manusia beragam bukan untuk saling menjatuhkan, atau saling bermusuhan, melainkan untuk saling mengenal, supaya kita bisa belajar satu sama lainnya. Karena itu jangan jadikan perbedaan untuk kita saling menjatuhkan dan perpecahan. Manusia hidup di bumi ini butuh orang lain, antara satu sama lainnya saling ketergantungan, karena pada hakikatnya kita ini satu turunan, yaitu turunan nabi Adam. Tanamkan rasa toleransi dan menyayangi, senantiasa tolong menolong, serta selalu mengingatkan dalam perbaikan.

Memakmurkan dan memelihara bumi.

Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di bumi ini artinya manusia diciptakan untuk menjadi penguasa dan pengatur segala yang ada di bumi ini yaitu menjaga tumbuh-tumbuhan, hewan, hutan, laut, gunung, perikanan, dan lain-lain. Manusia sebagai khalifah di bumi ini harus bisa memanfaatkan semua yang ada di bumi ini demi kemaslahatannya.

Manusia sebagai khalifah di bumi memiliki kewajiban bersama yang dibebankan Allah yaitu mengekplorisasi kekayaan bumi untuk kemaslahatan umat manusia. Selain itu tugasnya yaitu memelihara bumi dan memelihara akidah yang ada di dalamnya.