Apa saja tips yang bagus untuk belajar mandiri atau sendiri ?

Untuk bisa mendapatkan kesuksesan di masa depan harus giat dalam belajar, dengan belajar seseorang dapat mendapatkan ilmu yang belum diketahui. Mahasiswa ataupun pelajar berlomba-lomba agar mendpatkan hasil yang membanggakan di akhir ujian. Belajar tidak hanya bisa dilakukan beramai-ramai di dalam kelas, tetapi dapat dilakukan diluar kelas juga.

Hasil dari belajar tergantung dari bagaimana cara kita dalam belajar, karena setiap orang memiliki cara belajar masing-masing. Agar dapat mendapatkan hasil yang baik dalam ujian, lebih baik jika mahasiswa atau pelajar mempunyai dan menerapkan tips belajar yang baik di saat mereka belajar. Tips adalah saran atau masukan untuk melakukan sesuatu.

Di dalam belajar kita harus menerapkan tips agar belajar kita lebih efektif dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal, meskipun belajar sendiri tidak berkelompok.

Apa tips yang bagus untuk belajar sendiri?

Belajar sendiri tentu sangat menyenangkan bagi beberapa orang. Selain mendapat ketenangan yang ia inginkan , dia juga bisa mengatur waktu kapan ia ingin mulai dan kapan ia ingin berhenti untuk belajar. Namun belajar sendiri tentu mempunyai cara tersendiri agar menjadi lebih efektif dari belajar bersama sama. Berikut beberapa tips dan trik belajar sendiri.

  1. Bayangkan dirimu seorang Pro
    Cara ini sering juga digunakan untuk membangun mental anda. Cara ini dilakukan dengan meningkatkan kepercayaaanmu bahwa kamu akan sukses dengan terus belajar. Kamu juga harus membayangkan bagaimana semuanya akan terjadi secara detail kedepannya saat kamu belajar bahkan ketika kamu akan ujian.

    Mulailah ketika sarapan pagi dan pejamkan matamu bahwa bagaimana kamu ingin menjalani hari ini dan yakinkan kembali dirimu untuk meraih sukses hari ini. Lalu pikirkan juga ketika sore nanti kamu telah berhasil menyerap semua pelajaran hari ini dan akan melakukan refreshing dengan berjalan-jalan atau sekedar menonton film sebagai hadiah kepada dirimu sendiri karena berhasil menyerap dengan baik pelajaran hari ini.

  2. Belajar yang sulit di awal hari
    Kenapa belajar yang sulit diawal hari ? Ya, otak manusia sendiri dapat bekerja optimal 2-4 jam setelah ia bangun tidur. Jadi belajar pelajaran yang kamu anggap susah diawal hari bisa membantu kamu untuk memahami pelajaran tersebut lebih mudah daripada biasanya.

  3. Pembagian waktu
    Belajar sampai lupa waktu sangat tidak cocok untuk belajar sendiri. Justru pembagian waktu merupakan salah satu kunci kebershasilan belajar sendiri. Cobalah dengan 25 menit untuk belajar. Baik itu membaca, menulis, atau praktek tergantung tipe belajar terbaik kamu. Lalu gunakan 5 menit untuk istirahat, selanjutnya kerjakan soal soal yang bisa kamu buat sendiri atau dari guru atau dosenmu selama 25 menit. Lalu ambillah istirahat. Jauhilah meja kamu. Ambil udara segar, snack, bisa juga dengan meminum kopi atau teh.

  4. Selalu ingat kembali
    Trik pertama dalam mengingat kembali yang ampuh ialah berbicara dengan beberapa orang tentang apa saja yang kamu pelajari. Bisa juga dengan anggota keluarga, sahabat, dan lain lain. Terlalu malu untuk berbicara didepan umum ? anggaplah dirimu sebagai guru dan mereka ialah seorang murid yang sangat membutuhkan ilmu pengetahuan dari mu.

    Trik Kedua ialah membuat point-point penting tentang apa saja yang kamu pelajari di beberapa kertas yang kamu tempelkan di kamarmu. Tulislah dengan spidol bewarna agar terlihat menarik. Garis bawahi kata kata yang menurut kamu ialah kata kunci pada apa yang kamu baru pelajari. Selipkan beberapa humor ala kamu agar membuatnya lebih menarik. Terus baca ketika kamu melihatnya di kamarmu.

  5. Tidur dengan cukup.
    Jika kamu ingin metode belajar sendirimu berhasil tidurlah dengan cukup dimalam hari. Karena menurut sebuag studi tidur yang cukup dapat membantu kamu mengingat apa yang kamu pelajari dengan baik, serta membuang segala hal yang dianggap otak tidak perlu. Lalu bagaimana caraa mengoptimalkan tidur agar menjadi lebih fresh di keesokan harinya. Pertama tidurlah dengan keadaan tubuh yang miring. Sebuah studi menjelaskan jika tidur dengan badan yang mring dapat membantu pembuangan sampah sampah memori di otak selama seharian. Lalu hindari juga bermain hape sebelum tidur karena cahayanya dapat menyebabkan otak kamu selalu waspada dengan keadaan sekitar. Minum susu serta melakukan hal hal relaxing lainnya sebelum tidur seperti mendengarkan musik dapat membantu kamu mendapatkan tidur yang optimal.

Sumber : https://steemit.com/self/@lehuo/what-are-the-smart-tips-for-self-studying

Belajar merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari karena bagaimanapun juga kita adalah mahasiswa yang memiliki kewajiban untuk belajar, senang maupun tidak senang. Belajar juga harus dilakukan agar kita tidak ketinggalan materi yang diajarkan oleh dosen. Dan diantara kita pasti memiliki rasa malas untuk belajar, menganggap bahwa belajar itu merupakan beban, apalagi ditambah dengan mata kuliah yang sulit membuat kita menjadi kurang belajar. Kadang kita juga lebih mementingkan kegiatan lain seperti rekreasi, jalan dengan teman, memainkan Gadget, menonton TV, dan sibuk berorganisasi daripada belajar dengan alasan tidak ada waktu untuk belajar sendiri. Berikut adalah tips untuk belajar sendiri :

  1. Dapat Mengatur Waktu Belajar
    Kita sebagai mahasiswa diwajibkan / diharuskan untuk dapat mengatur waktu belajar kita. Daripada sibuk menghabiskan satu malam untuk belajar mereka lebih suka belajar dalam waktu yang singkat namun kaya akan manfaat. Disaat belajar dalam waktu yang lama otakmu akan mengalami kelelahan. Rasa lelah tersebutlah yang justru membuat otak tidak bisa diajak bekerja sama secara maksimal. Maka dari itu, mengatur waktu belajar menjadi hal penting yang harus dilakukan. Cara ini terbukti efektif untuk kalangan mahasiswa yang memiliki jadwal kuliah yang cukup padat.

  2. Mencari Materi Kuliah untuk Belajar Sendiri
    Sebagian dari kita mungkin akan mengandalkan bahan ajar dosen sebagai materi belajar. Setelah sesi kuliah biasanya kita akan langsung meng-copy ke flashdisk dan saat ujian tinggal belajar dari sana semua. Hal berbeda justru dilakukan oleh mereka yang punya nilai mumpuni. Alih-alih belajar dari materi yang sama, mereka justru gencar mencari sumber lainnya. Dengan bantuan intenet, mereka berusaha mencari sumber tandingan yang bisa memperkaya khasanah pemikiran. Materi dari dosen hanya dijadikan guide untuk mencari sumber lanjutan yang berhasil membuat mereka mencetak prestasi gemilang. Hal inilah yang menjadikan tugas kuliah dan hasil ujian mereka berakhir dengan nilai mumpuni.

  3. Sering-Sering Membaca
    Membaca adalah salah satu kegiatan yang diperlukan oleh semua orang tidak hanya mahasiswa saja. Karena dengan membaca membuat kita mendapat materi dengan leluasa tanpa gangguan apapun. Membaca juga bermanfaat untuk menigkatkan alat indera kita dan mempertajam ingatan otak kita.

  4. Jangan Selalu Mengikuti Trend Masa Kini
    Jaman sekarang banyak remaja yang suka mengikuti trend sehingga mereka mengeluarkan banyak biaya untuk mengikuti trend yang belum tentu jelas dan selalu berubah-ubah. Sebaiknya kita sebagai mahasiswa tidak mengikuti trend karena hal tersebut bisa mengubah gaya hidup seorang mahasiswa. Karena jika kita mengikuti trend yang tidak jelas maka waktu kita yang dibuat untuk belajar akan hilang sia-sia.

  5. Menentukan Target / Membuat Mind Mapping
    Dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa kita juga harus menentukan target yang ingin dicapai dengan cara membuat mind mapping. Dengan membuat mind mapping kita bisa menentukan target kita tanpa harus melenceng kemana-mana. Tanpa membuat itu mahasiswa tidak memiliki tujuan hidup dan tidak memiliki semangat belajar dalam bangku perkuliahahan. Target yang ditentukan harus sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita. Jangan mematok target yang terlalu tinggi karena malah membuat kita stress jika tidak mampu meraihnya. Namun kita juga jangan menentukan target yang rendah karena itu juga akan percuma.

  6. Disiplin
    Disiplin sangat penting untuk diterapkan untuk mencapai kesuksesan termasuk dalam hal belajar. Dengan disiplin, maka kita tidak akan melewatkan waktu belajar sesuai dengan jadwal yang telah kita tentukan. Disiplin juga membantu kita terhindar dari godaan untuk melakukan hal lain pada saat jam belajar kita.

  7. Jangan Meremehkan Suatu Hal
    Seringkali kita memandang remeh sesuatu hal yang kecil. Kita menganggap bahwa sesuatu yang kecil, akan berdampak kecil pula. Namun semua itu salah karena hal yang kecil jika diremehkan terus-menerus bisa berdampak besar. Dan hal tersebut bisa membuat kita kerepotan. Jika ada masalah yang kecil sebaiknya kita bergegas untuk segera menyelesaikannya agar memudahkan kita dalam menjalani kehidupan.

Referensi

Menuntut ilmu adalah hal yang penting bagi seorang, dengan belajar kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Namun banyak dari kita yang bermalas-malasan untuk belajar, atau merasa sudah belajar dengan sungguh-sungguh tapi masih saja medapat hasil yang tidak maksimal.

Berikut adalah tips belajar yang baik untuk diri kita sendiri:

  1. Tetap Berpikiran Positif
    Semua serba salah, hidup ini memang tidak lah adil bagi kita semua. Terkadang hidup begitu sulit bagi kita, di sekolah kita banyak mendapatkan hal-hal yang dapat memberatkan pikiran kita. Semua kegiatan di hidup kita memerlukan prioritas kita agar mendapatkan hasil yang maksimal.

    Dengan banyaknya masalah yang datang membuat kita terus berpikiran negatif dan negatif. Jika pikiran kita sudah terbebani dengan masalah bersifat pribadi yang lainnya, maka pelajaran yang diterima di sekolah atau perguruan tinggi tidak akan maksimal karena terlalu memikirkan masalah lain daripada pelajaran. Oleh karena itu belajarlah selalu berpikiran positif, teruslah berpikiran positif karena itu akan membantu kita berhasil dalam belajar.

  2. Mencari Sumber Informasi
    Dengan selalu mencari sumber informasi membuat kita mendapatkan ilmu yang banyak juga. Ilmu yang kita peroleh dapat menjadi referensi kita untuk mengerjakan tugas maupun memaksimalkan kita dalam belajar.

  3. Bermain Dengan Brainstorming
    Brainstorming adalah teknik yang menggabungkan aktivitas, penulisan, dan kolaborasi verbal. (Satu orang bisa melakukan brainstorming, tapi ini lebih efektif dalam sebuah kelompok). Dengan menerapkan brainstorming kita dapat menyalurkan ide kreatifitas, dan tentu saja akan memudahkan kita dalam belajar.

  4. Selalu Mencatat
    Jika kita menulis dengan tangan akan merangsang gagasan kita, kreatifitas kita akan keluar dengan sendirinya. Dengan selalu menulis dan mencatat pelajaran ataupun informasi yang kita dapatkan, kita secara tidak sadar juga membaca dan otak ikut mengingat-ingat apa yang kita tulis.

  5. Menggunakan Bahan
    Menggunakan bahan yang dimaksud dalam hal ini adalah kita dapat menggunaka bahan seperti kertas warna-warni, spidol berwarna ataupun kertas bergambar pada catatan kita. Menambahkan bahan-bahan lain pada buku catatan kita dapat membuat buku catatan kita menjadi lebih menarik. Jika buku catatan kita lebih menarik, kita tidak akan bosan untuk membaca kembali apa yang ada dicatatan kita. Menulis menggunakan tinta berwarna juga akan memudahkan kita dalam mengingat tulisan daripada menggunakan tinta berwarna hitam saja.

  6. Menandai Buku
    Jika di dalam buku terdapat point-point penting, kita dapat menandai point penting itu dengan menggunakan pensil pen dll. Menandai hal penting di dalam buku memudahkan kita untuk belajar, karena kita dapat dengan mudah mencari saat dibutuhkan.

  7. Mengasihi Diri Sendiri
    Mengasihi diri sendiri adalah cara bagaimana kita dapat mengenali diri kita sendiri. Dari apa yang kita mau, apa yang kita butuhkan dan apa yang dicapai di dalam pembelajaran dan apa kekurangan kita dalam belajar. Dengan begitu kita kaan tau, apa yang harus diperbaiki dalam diri kita selanjutnya agar belajar kita lebih maksimal lagi.

  8. Gambar Tujuan Kita
    Membuat mind mapping atau menggambarkan rencana kita selanjutnya dalam sebuah media, adalah salah satu cara kita untuk memahami apa yang harus kita lakukan kedepannya. Seperti yang pernah dikatakan oleh W. Clement Stone “Whatever the mind of man can conceive, it can achieve”. Bahwa apapun yang dapat disusun oleh manusia, akan dapat dicapai pula. Persiapkan diri kita dengan segala cara yang diperlukan, rintangan akan tampak bisa diatasi, dan kita akan meraih tujuan kita.

Dengan menggunakan cara belajar yang benar, kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam belajar supaya mendapatkan hasil yang maksimal kita harus mempunyai keinginan yang kuat, tekun dan belajar dengan ikhlas. Karena keinginan adalah proses awal sebuah pencapaian, Dan tekun dalam belajar berarti terus menerus belajar sampai memahami.

SUMBER:
Shaneela Sultana “The Smart Tips for Self Studying” https://theunipedia.com/blogs/the-smart-tips-for-self-studying