Apa saja tips untuk mencegah dan mengurangi kerusakan akibat catok rambut?

Catok rambut bagi wanita sudah hampir menjadi salah satu kebutuhan primer sehari-hari. Catokan memang berguna untuk merapikan dan mengatur gaya rambut.

image

Berikut tips yang dapat Anda coba:

  1. Pakai conditioner dan heat protector sebelum catok
    Gunakan pelembab atau conditioner pada rambut setelah keramas, guna membuat rambut terasa lebih lembut juga terhindari dari kondisi kasar dan kusam. Sedangkan penggunaan heat protector yang digunakan sebelum mencatok rambut, berguna untuk menyempitkan lapisan silikon ke rambut Anda. Silikon tersebut bertindak sebagai penghalang dan pelindung antara rambut dengan efek panas. Bagusnya lagi, heat protector bisa membantu menjaga agar rambut Anda tetap halus dan lurus setelah dicatok.

  2. Atur suhu catokan serendah mungkin
    Untuk menghindari kerusakan parah pada lapisan rambut, coba atur suhu pada catokan serendah mungkin. Karena suhu panas yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Tipsnya, atur suhu serendah mungkin dan biarkan beberapa saat hingga panas maksimal, baru Anda bisa mencatok rambut Anda sambil meminimalisasi kerusakan akibat panas berlebih.

  3. Lakukan perawatan rambut sesering mungkin
    Imbangi mencatok rambut dengan merawat rambut. Lakukan perawatan rambut seperti creambath, hair spa, atau masker rambut dengan bahan-bahan tradisional untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan rambut Anda.

Sumber: