Apa saja tips-tips sebelum berbelanja online?

belanja online

Zaman sekarang banyak dari anda yang memilih membeli barang secara online. Lebih praktis, tidak perlu ke toko, hanya dengan kartu dan tunggu barang datang. Membeli barang online anda harus berhati-hati juga ya kalau tidak hati-hati anda bisa tertipu dan rugi.

Tidak mau kan anda tertipu dan jadi korban belanja online? Yuk simak tips dari kami dibawah ini supaya anda menjadi pembeli yang pintar.

  1. Percayakan uang anda pada situs

    Saat ini banyak seklai situs jual beli yang menjual berbagai macam barang. Mulai dari produk makanan, pakaian, elektronik dan keperluan rumah tangga tersedia dalam satu situs. Ada juga yang membuka lapak facebook dan Instagram. Sebelum anda memutuskan membeli barang, pastikan bahwa situs atau penjual yang berbuhungan dengan anda memang terpercaya.

  2. Lawan rasa malas dalam membaca aturan kebijakan situs

    Anda suka malas membaca dengan teliti peraturan dalam bertransaksi. Padahal hanya dengan menyimak peraturan ini anda bisa mengetahui apa yang harus anda lakukan ketika kejadian yang tidak menyenangkan terjadi. Misalnya, kalua ternyata barang yang anda pesan tidak sesuai dengan harapan anda anda jadi tahu bagaimana mengembalikanya. Kalua ternyata situs itu tidak menyediakan peraturan tentang pengembalian barang? Anda jadi bisa lebih hati-hati dan mungkin malah mebatalkan transaksi sekalian.

Jangan tergiur dengan harga yang murah

Hal ini juga sangat penting untuk diingat, jangan tergiur dengan harga yang murah yang diberikan situs tersebut. Kalua anda mau membeli barang, jangan hanya perhatikan harga, tapi juga perhatikan kualitas barang tersebut. Anda pasti punya alasan kenapa anda membeli barang tersebut secara online. Harga boleh murah tapi kalu kualitas murahan. Nanti nyesal lho.

Berikut ini tips-tips berbelanja online, diantaranya :

  1. Selalu pesan dari koneksi yang aman
    Jika komputer Anda tidak terlindungi dari software yang berpotensi membahayakan, maka nformasi kata sandi dan keuangan Anda berisiko dicuri.

  2. Kenalilah tempat Anda membeli
    Jika Anda sudah pernah berbelanja ditoko online itu Anda dapat merasa tenang untuk berbelanja lagi disana. Namun jika belum maka Anda dapat mencari tahu ulasan tentang toko tersebut, jika toko belum memiliki ulasan atau banyak ulasan negatif, jangan memesan dari situs mereka.

  3. Hindari Penawaran yang terlalu bagus
    Misalnya ada sebuah toko online yang menawarkan harga miring pada suatu barang. Pertimbangkan apakah barang tersebut legal. Jika Anda akan membeli di situs tersebut pikirkanlah apakah barang yang Anda beli sama kualitasnya seperti yang di pajang si situs tersebut.

  4. Jangan berbelanja pada toko online yang membutuhkan informasi lebih dari yang diperlukan untuk melakukan jual beli.
    Biasanya toko online memberikan pilihan metode pembayaran, alamat tujuan, dan alamat email. Tetapi jika pedegang meminta informasi lain, jangan pernah Anda berikan. Jangan pernah memberikan informasi rekening bank Anda atau nomer SIM.

ini tips-tips berbelanja online :

1. Cari Tahu Reputasi Penjual
Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang secara online, terutama di marketplace. Penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap toko penjual barang yang akan dibeli.
Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, yaitu memastikan status toko apakah aktif atau tidak, lamanya umur toko, hingga testimoni lebih banyak positif atau negatif.

2. Cek Ulasan Produk
Setelah memastikan penjual bisa dipercaya, cek ulasan produk yang ingin kamu beli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dulu.
Simak ulasan satu per satu hingga foto yang disematkan guna membuatmu semakin yakin terhadap produk yang akan dibeli.

3. Apakah Harganya Masuk Akal?
Jangan tergiur oleh harga murah, karena hal ini bisa saja membuatmu terjebak. Bandingkan harga produk yang sama dengan beberapa toko sekaligus.
Apakah harganya masuk akal? Jika perbandingan harganya sedikit satu sama lain adalah hal yang wajar. Akan mencurigakan jika harga terlalu murah atau bahkan jauh melebihi yang disarankan.
Apabila terlalu murah bisa jadi ada niat untuk melakukan penipuan atau barang yang dijual bukanlah produk original.

4. Baca Deskripsi Produk
Jika sudah memastikan reputasi toko dan harga produk terbilang wajar-wajar saja. Baca deskripsi produk dengan saksama.
Pertama, sesuaikan judul dengan deskripsi yang ada di halaman produk. Pastikan nama barang, varian, spesifikasi hingga kelengkapan yang ditawarkan sudah sesuai.
Jika informasi kurang lengkap, kamu bisa menanyakan langsung ke penjual melalui fitur pesan.

5. Cermati Syarat dan Ketentuan
Setiap toko memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Baik itu masa garansi, perjanjian waktu pengembalian dan sebagainya.
Dengan mencermati syarat dan ketentuan yang diberlakukan setiap toko, maka kita sudah siap menerima apa yang telah dijanjikan oleh penjual.

6. Hindari Transfer Langsung
Sebaiknya, pilih platform marketplace jika kita hendak berbelanja secara online. Karena dengan ini, saat melakukan pembayaran akan ada pihak yang berada di tengah-tengah antara pembeli dan penjual.
Jadi, pembeli tidak langsung mengirim pembayaran ke penjual. Tetapi ditampung dulu oleh pihak electronic commerce (e-commerce), dan baru akan dikirim ke penjual setelah dipastikan barang tiba dengan selamat.

7. Simpan Bukti Pembayaran
Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, simpan bukti pembayaran baik-baik. Ini mungkin saja diperlukan apabilan terjadi hal-hal yang tidak diperkirakan sebelumnya.

8. Pastikan Keamanan Perangkat
Saat berbelanja daring, utamakan menggunakan perangkat laptop atau smartphone miliki pribadi. Hindari belanja di tempat dan menggunakan perangkat umum, karena keamanan yang tak terjamin.
Selain itu, usahakan install aplikasi antivirus terbaik yang mampu menangkal berbagai ancaman di dunia maya yang bisa menyerang kapan pun.

9. Cek Paket dan Hilangkan Jejak Data
Jika semua hal sudah dipastikan dengan baik dan transaksi berjalan lancar. Maka kita tinggal tunggu saja barang pesanan yang kita beli sampai ke tempat tujuan.
Setelah paket sampai di tangan, apakah sudah selesai? Tentu belum. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka dan memeriksa isi di dalam paket.
Apakah barang yang ada di dalam paket sesuai dengan apa yang kita beli? Dan, pastikan juga tidak ada kerusakan pada produk tersebut. Jika ada kerusakan, kita bisa segera melaporkannya untuk ditangani lebih lanjut.

Sumber

https://www.tokopedia.com/blog/tips-belanja-online-tek/