Apa saja tips-tips khusus dalam merawat kelinci hamil?

Adakah beberapa tips untuk perawatan kelinci yang hamil ?

Jika anda sudah mengenali ciri-ciri di atas pada kelinci peliharaan anda maka dapat dikatakan kelinci anda sedang hamil. Untuk itu anda perlu memberi perawatan khusus agar kehamilannya berjalan lancer dan dapat melahirkan anak kelinci dengan selamat dan sehat. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat anda terapkan saat merawat kelinci yang sedang hamil diantaranya:

  1. Memperhatikan kebutuhan makan kelinci
    Seperti yang diketahui kelinci yang sedang hamil sangat mudah merasa lapar dan memiliki nafsu makan yang lebih besar sehingga sebagai peternak atau pemelihara anda harus benar-benar memperhatikan kebutuhan dan kecukupan makanannya. Jangan sampai ia kelaparan dalam waktu lama karena dapat membahayakan dirinya sendiri dan janin yang dikandung. Induk kelinci bisa stres bahkan menjadi kanibal yang memakan anaknya sendiri.

  2. Memperhatikan kebutuhan minum kelinci
    Selain itu kebutuhan minumnya juga harus diperhatikan. Sediakan selalu minuman yang cukup sehingga induk kelinci tidak merasa kehausan dalam waktu lama.

  3. Menjaga kebersihan kandang
    Hal lain yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang induk kelinci. Selalu bersihkan kandang dengan rutin agar induk kelinci yang sedang hamil terhindar dari berbagai infeksi penyakit seperti penyakit kulit. Karena tidak hanya berbahaya bagi dirinya namun juga bagi janin yang dikandungnya. Selain itu kelinci hamil sebaiknya tidak terinfeksi penyakit untuk menghindari pengobatan yang mengharuskan ia disuntik yang dapat menyebabkan ia beresiko mengalami keguguran.