Apa saja Tips Skincare Routine untuk Kulit Berminyak?

Tips Skincare Routine untuk Kulit Berminyak

Apa saja Tips Skincare Routine untuk Kulit Berminyak?

Tinggal di iklim tropis biasanya menghadapi permasalahan kulit berminyak. Skincare routine yang tepat menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan minyak di wajah sehingga terhindar dari tampilan kulit seperti ‘kilang minyak’.

Pakar kulit Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin dari New York membagikan sejumlah tips skincare routine untuk kulit berminyak. Inilah tahapan daily skincare routine yang disarankan oleh sang dokter.

1. Pembersih Wajah

Tahap pertama skincare routine untuk kulit berminyak adalah mencari produk pembersih yang tepat. Bagi mereka yang kulitnya berminyak dan berjerawat, Dr. Melissa menyarankan menggunakan produk pembersih wajah atau facial wash yang mengandung benzoyl peroxide. Kandungan tersebut akan merawat jerawat dengan memberikan oksigen ke pori-pori yang fungsinya untuk membunuh bakteri. Benzoyl peroxide juga membantu mengatasi kemerahan dan peradangan pada jerawat.

Skincare routine untuk kulit berminyak tapi tidak berjerawat bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid. Kandungan tersebut tidak membersihkan secara berlebihan, namun tetap mengeksfoliasi kulit dengan lembut.

“Mereka yang punya masalah kulit berminyak cenderung menggunakan produk skincare yang sangat keras dan mengiritasi yang bermaksud untuk mengurangi minyak, tapi minyak alami di kulit malah ikut menghilang, hasilnya justru memperburuk kondisi kulit,” jelas Dr. Melissa, seperti dikutip dari My Domaine.

5 Tips Skincare Routine untuk Kulit Berminyak \ 480x359

2. Toner

Skincare routine untuk kulit berminyak selanjutnya adalah menggunakan toner. Tugas utama toner adalah menyeimbangkan pH kulit dan menetralisir wajah sehingga rangkaian skincare untuk kulit berminyak selanjutnya bisa lebih efektif.

Dr. Melissa tidak menyarankan menggunakan toner yang memiliki kandungan alkohol karena terlalu keras untuk kulit berminyak. Ia menyarankan untuk menggunakan toner yang mengandung retinol, retinoid, dan antioksidan.

3. Serum

Serum untuk kulit berminyak disarankan yang mengandung antoksidan. Kandungan antioksidan ada di dalam vitamin C, vitamin C, ekstrak green tea dan ekstrak zaitun. Skin care routine menggunakan serum dengan kandungan antioksidan baik untuk kulit berminyak karena mempenetrasi lebih dalam sehingga menghidrasi dari dalam kulit.

5 Tips Skincare Routine untuk Kulit Berminyak \ 480x359

4. Moisturizer

Daily skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah menggunakan moisturizer. Karena memiliki kulit berminyak, Dr. Melissa menyarankan menggunakan oil-free moisturizer. Kandungan bebas minyak ditemukan dalam glycerin. Kandungan skincare ini tidak membuat pori-pori jadi tersumbat.

5. Sunscreen

Urutan skincare terakhir untuk kulit berminyak adalah menggunakan sunscreen. Mereka yang memiliki kulit berminyak terkadang malas untuk menggunakan sunscreen karena khawatir kulit jadi semakin berminyak. Dr. Melissa mengatakan bahwa hal tersebut adalah mitos yang salah.

“Menggunakan sunscreen sangat penting bagi orang yang berjerawat karena paparan matahari bisa memperparah inflamasi, membuat hiperpigmentasi, dan memicu peradangan jerawat. Kuncinya adalah menggunakan sunscreen dengan label ‘non-comedogenic’ atau 'acne-prone,” saran Dr. Melissa.

1. Cleansing is a must!

Membersihkan wajah secara rutin setiap harinya merupakan cara terbaik untuk mengontrol kelebihan minyak di wajah dan meremajakan kembali kulit. Bersihkan wajah dengan cleansing foam atau gel ( cleanser tipe ini sangat direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak).

Sangat penting bagi pemilik kulit berminyak untuk memilih produk yang tepat, jadi pilih produk yang oil-free . Kalau suka bahan-bahan alami, air mawar atau campuran madu dan lemon merupakan cleanser yang baik untuk mengontrol minyak dan membuat kulit terlihat sehat.

2. Scrubbing

Salah satu trik untuk mengatasi kelebihan kilap di wajah adalah melakukan scrubbing seminggu sekali. Produksi minyak yang berlebih dapat memicu jerawat, whiteheads, blackheads , serta menumpuk sel kulit mati. Pastikan scrubbing wajahmu dengan perlahan.

3. Face Mask

Mengaplikasikan face mask seminggu sekali sangat efektif untuk kulit berminyak lantaran (beberapa) face mask dapat mengurangi produksi sebum di wajah. Kalau lebih suka maskeran dengan bahan-bahan alami, sebaiknya pilih pisang, strawberry, lidah buaya, atau mentimun.

4. Pakai Hydrating toner

Tidak hanya kulit berminyak, semua tipe kulit kalau sedang dehidrasi tentunya terlihat kusam dan tidak sehat. Kembalikan kesegaran wajahmu dengan toner. Karena kulitmu berminyak, maka alcohol-free toner akan jadi teman terbaik kamu untuk menghidrasi kulit plus dapat memperlambat proses penuaan

Kulit berminyak kerap menjadi momok menakutkan untuk sebagian perempuan. Wajah mereka akan tampak seperti kilang minyak jika berada di bawah sinar matahari. Kunci untuk menjaga keseimbangan minyak di wajah adalah dengan penggunaan skincare rutin yang tepat. Pakar kulit Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin dari New York membagikan sejumlah tips skincare routine untuk kulit berminyak. Berikut adalah tipsnya :

1. Pembersih Wajah

Tahap pertama skincare routine untuk kulit berminyak adalah mencari produk pembersih yang tepat. Bagi mereka yang kulitnya berminyak dan berjerawat, Dr. Melissa menyarankan menggunakan produk pembersih wajah atau facial wash yang mengandung benzoyl peroxide . Kandungan tersebut akan merawat jerawat dengan memberikan oksigen ke pori-pori yang fungsinya untuk membunuh bakteri. Benzoyl peroxide juga membantu mengatasi kemerahan dan peradangan pada jerawat.

Skincare routine untuk kulit berminyak tapi tidak berjerawat bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid . Kandungan tersebut tidak membersihkan secara berlebihan, namun tetap mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Biasanya yang punya masalah kulit berminyak cenderung menggunakan produk skincare sangat keras dan mengiritasi. Bermaksud untuk mengurangi minyak, tapi minyak alami di kulit malah ikut menghilang, hasilnya justru memperburuk kondisi kulit.

2. Toner

Tugas utama toner adalah menyeimbangkan pH kulit dan menetralisir wajah sehingga rangkaian skincare untuk kulit berminyak selanjutnya bisa lebih efektif. Dr. Melissa tidak menyarankan menggunakan toner yang memiliki kandungan alkohol karena terlalu keras untuk kulit berminyak. Disarankan menggunakan toner yang mengandung retinol, retinoid, dan antioksidan.

3. Serum

Serum untuk kulit berminyak disarankan yang mengandung antoksidan. Kandungan antioksidan ada di dalam vitamin C, ekstrak green tea, dan ekstrak zaitun. Pilih serum dengan kandungan antioksidan karena mempenetrasi lebih dalam sehingga menghidrasi dari dalam kulit.

4. Moisturizer

Dr. Melissa menyarankan menggunakan oil-free moisturizer . Kandungan bebas minyak ditemukan dalam glycerin. Kandungan skincare ini tidak membuat pori-pori jadi tersumbat.

5. Sunscreen

Mereka yang memiliki kulit berminyak terkadang malas untuk menggunakan sunscreen karena khawatir kulit jadi semakin berminyak. Menurut Dr. Melissa, hal tersebut adalah mitos yang salah. Menggunakan sunscreen sangat penting bagi orang yang berjerawat karena paparan matahari bisa memperparah inflamasi, membuat hiperpigmentasi, dan memicu peradangan jerawat. Kuncinya adalah menggunakan sunscreen dengan label non-comedogenic atau acne-prone.