Apa saja tips memilih sampo untuk perawatan rambut keriting?

memilih sampo untuk perawatan rambut keriting

Shampo adalah salah satu kosmetik pembersih rambut dan kulit kepaladari segala macam kotoran, baik yang berupa minyak, debu, sel–sel yang sudahmati dan sebagainya (Latifah. F, 2007)

Apa saja tips memilih sampo untuk perawatan rambut keriting?

Penggunaan sampo khusus untuk rambut yang dikeriting akan mampu mempertahankan gelombang rambut lebih lama ketimbang bila Anda memakai sampo biasa. Meski telah dijual secara luas di pasaran, masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih produk yang tepat untuk kondisi rambut keriting mereka. Kali ini, kami akan menjelaskan cara pemilihan sampo khusus untuk merawat dan mempertahankan gelombang ikal rambut Anda.

Pertama, kami akan menjelaskan cara memilih sampo untuk perawatan rambut keriting. Perhatikan poin-poin berikut agar Anda dapat mempertahankan gelombang rambut keriting Anda lebih lama.

Pilih berdasarkan bahan pembersihnya, disarankan yang mengandung asam amino


Pilih berdasarkan bahan pembersihnya, disarankan yang mengandung asam amino

Untuk mempertahankan gelombang rambut keriting Anda, penting untuk memperhatikan kandungan zat pembersih pada suatu produk sampo. Pilihlah sampo berbahan dasar asam amino atau memiliki kandungan sabun yang bersifat asam sebagai bahan pembersihnya.

Pada umumnya, ada tiga jenis komponen pembersih pada sampo, yaitu asam amino, sabun asam, dan sabun alkali. Di antara ketiga komponen tersebut, sampo berbahan asam amino dan sabun asam mampu menjaga tingkat keasaman yang rendah pada kulit kepala sebagaimana mestinya. Dengan begitu, rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat dan lebih mudah menyerap nutrisi.

Sebaliknya, sampo berbahan pembersih sabun alkali bisa menyebabkan hilangnya efek bergelombang pada rambut yang dikeriting. Jadi, untuk Anda yang mencari sampo bagi perawatan rambut keriting, hindarilah penggunaan bahan semacam ini.

Pilih yang mengandung hematin untuk mempertahankan gelombang rambut


Pilih yang mengandung hematin untuk mempertahankan gelombang rambut

Apakah Anda pernah mencium aroma khas dari rambut setelah melakukan proses pengeritingan? Aroma tersebut menunjukkan bahwa sisa obat pengeriting masih menempel pada rambut. Jika sisa obat dibiarkan, akan menimbulkan kerusakan pada rambut dan tentu berpengaruh buruk pada gelombang rambut.

Hematin tidak hanya memiliki kemampuan untuk menghilangkan aroma obat pengeriting rambut, tetapi juga dapat menghilangkan alkali yang merupakan bahan utama dari obat pengeriting. Dengan memakai sampo yang mengandung hematin, Anda bisa mendapatkan manfaat ganda, yaitu melembapkan dan memperbaiki kerusakan rambut. Namun, sayangnya produk dengan kandungan hematin seperti ini masih cukup sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Pilih yang mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid dan ceramide


Pilih yang mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid dan ceramide

Jika rambut Anda kering, kutikula yang merupakan jaringan terluar rambut akan terganggu. Ketika jaringan ini terganggu, kemampuannya untuk menjaga kilau dan nutrisi pada rambut juga ikut terhambat. Akhirnya, kondisi ini akan mempersulit untuk mempertahankan gelombang keriting rambut.

Sementara jika kulit kepala kering, ketombe dapat muncul dan nutrisi pun bisa jadi tidak sampai ke rambut secara maksimal. Hal ini akan membuat akar rambut tidak dapat menyokong rambut dengan baik.

Karena itu, pilihlah sampo untuk perawatan rambut keriting yang memiliki efek pelembap tinggi dan mampu menjaga kelembapan dengan baik. Produk-produk yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, kolagen, dan lainnya dapat Anda jadikan pilihan.

Pilih sampo nonsilikon agar keriting lebih tahan lama, tetapi pertimbangkan juga efek rambut kasar


Pilih sampo nonsilikon agar keriting lebih tahan lama, tetapi pertimbangkan juga efek rambut kasar

Sebagian besar produk di pasaran merupakan sampo silikon. Silikon memiliki manfaat melapisi rambut dan membuatnya terasa lembut. Akan tetapi, lapisan tersebut akan mengakibatkan rambut menjadi tidak dapat mempertahankan keritingnya.

Sampo nonsilikon merupakan produk yang baik untuk mempertahankan gelombang keriting rambut Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa produk ini bisa mengakibatkan rambut menjadi kasar dan tidak memberikan sensasi rambut telah dikeramas. Sampo silikon sebenarnya tidak akan mengakibatkan efek buruk terlalu besar terhadap rambut keriting Anda jika kemampuan membersihkannya cukup lemah. Jadi, anggaplah poin ini sebagai pertimbangan tambahan.

Periksa juga busa sampo dan hasil akhir setelah keramas


Periksa juga busa sampo dan hasil akhir setelah keramas

Untuk sampo nonsilikon atau sampo dengan kemampuan membersihkan yang rendah, biasanya produk semacam ini tidak berbusa sama sekali. Jadi, mungkin Anda akan merasa kurang puas karena rambut tidak terasa seperti telah dicuci, kecuali jika Anda mencuci rambut hingga dua kali.

Jika Anda memilih sampo dengan kemampuan berbusa yang baik, Anda akan menghemat biaya dan mendapatkan sensasi rambut yang telah dicuci. Jadi, silakan perhatikan poin ini dengan baik. Namun, berhubung kemampuan berbusa seperti ini sering kali tidak dituliskan secara jelas pada produk, Anda bisa mendapatkan informasi ini dari review pengguna lainnya.

Sebagai tambahan, sampo nonsilikon atau sampo dengan kandungan asam amino terkadang mengakibatkan rambut menjadi kasar. Bagi Anda yang mengkhawatirkan hal semacam ini, periksalah hasil akhir yang diberikan dari sampo pilihan Anda. Untuk pemilik rambut kering, pilihlah sampo yang melembapkan.

Bagi Anda yang menggunakan produk styling rambut, disarankan untuk memilih sampo yang menyegarkan. Sementara, jika Anda ingin memperkuat gelombang keriting rambut, gunakanlah sampo yang lembut untuk membuat rambut terlihat mengembang

Tiga tips untuk mempertahankan rambut yang dikeriting


Penggunaan sampo untuk perawatan rambut keriting bisa mempertahankan gelombang keriting rambut Anda lebih lama. Namun, dengan menambah sedikit saja perawatan lebih lanjut, Anda dapat mempertahankan gelombang rambut lebih lama lagi dengan efek lebih baik! Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa tips yang dapat dengan mudah dilakukan terkait waktu dan cara menggunakan sampo yang tepat.

1. Jangan gunakan sampo di hari pertama Anda mengeriting rambut

Jangan gunakan sampo di hari pertama Anda mengeriting rambut

Sebisa mungkin tahanlah diri Anda untuk tidak mencuci rambut menggunakan sampo di hari Anda mengeriting rambut di salon. Obat yang digunakan untuk mengeriting biasanya membutuhkan waktu 24 jam untuk menempel dan memberikan bentuk maksimal pada rambut.Jika Anda menggunakan sampo sebelum obat pengeriting bekerja dengan sempurna, obat tersebut akan ikut tercuci. Jika memungkinkan, disarankan juga untuk tidak menggunakan sampo hingga pada hari kedua setelah proses pengeritingan rambut.

2. Setelah keramas, keringkan rambut secara menyeluruh

Setelah keramas, keringkan rambut secara menyeluruh

Untuk mempertahankan gelombang keriting rambut, keringkanlah rambut Anda secara menyeluruh setelah keramas. Saat rambut dalam keadaan basah, kutikula pada rambut berada dalam keadaan terbuka dan mudah kering. Rambut yang kering bisa berakibat pada kerusakan rambut. Jika hal ini dibiarkan, rambut akan semakin rusak dan sulit untuk memunculkan kembali gelombang keritingnya.

Selain itu, rambut yang mengandung uap air juga lebih berat bobotnya sehingga akan meregang akibat tarikan gravitasi. Ketika Anda mengeringkan rambut, pilinlah rambut Anda dengan jari tangan sesuai arah lekukan keritingnya. Dengan begitu, efek keriting pada rambut bisa bertahan lebih lama.

3. Jangan disisir!

Jangan disisir!

Menyisir rambut adalah hal yang paling tidak boleh dilakukan jika Anda ingin mempertahankan gelombang keriting rambut Anda. Jika rambut ditarik, gelombang ikalnya akan merenggang. Menarik rambut secara paksa dengan jari juga dapat menyebabkan hilangnya efek keriting pada rambut. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari mem-blow rambut sambil menggunakan sisir. Anda dapat mencegah terjadinya rambut kusut atau kasar dengan menggunakan sampo perawatan rambut keriting yang mengandung efek pelembap tinggi.