Apa saja tips memilih sabun muka batangan untuk kulit sensitif?

memilih sabun muka batangan untuk kulit sensitif

Sabun muka adalah salah satu produk penting yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan kulit mati serta menjaga kebersihan kulit.

Apa saja tips memilih sabun muka batangan untuk kulit sensitif?

Pembersih wajah merupakan salah satu rangkaian perawatan yang penting bagi kulit sensitif. Sabun muka batangan yang formulanya lebih ringan dibandingkan facial foam dikatakan lebih cocok untuk jenis kulit ini. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kemampuan membersihkan kotorannya karena hal itu akan memengaruhi proses perawatan selanjutnya.

Saat ini, telah banyak beredar sabun muka batangan bagi kulit sensitif yang formulanya ringan, namun dapat mengangkat kotoran dengan baik.

Kulit sensitif adalah kulit yang memiliki lapisan kulit ari tipis dan kekebalan rendah. Kulit jenis ini bereaksi secara berlebihan pada faktor lingkungan, mudah perih, gatal, dan kemerahan.

Dalam bagian ini, kami akan membahas kriteria sabun muka batangan yang aman bagi kulit sensitif, termasuk beberapa poin yang harus Anda pertimbangkan dalam memilihnya. Semoga panduan ini bisa membantu Anda dalam memilih satu produk yang cocok.

Hindari zat aditif yang dapat mengiritasi kulit


Hindari zat aditif yang dapat mengiritasi kulit

Kulit sensitif cenderung mudah iritasi sebagai reaksi dari rangsangan yang diterimanya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menghindari pemicunya. Pemicu tersebut bisa berupa formula sabun yang terlalu keras atau bahan kimia pada pengawet, pewarna, dan pewangi yang ditambahkan dalam sabun pencuci muka. Karena itu, pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami dan hindari produk yang mengandung bahan sintetis.

Meskipun sabun muka yang wangi akan menaikkan mood Anda, ada baiknya Anda memilih produk yang tanpa pewangi untuk menghindari iritasi. Lagi pula, aroma sabun sama sekali tidak ada hubungannya dengan kemampuan mengangkat kotoran. Namun, apabila Anda benar-benar ingin sabun yang wangi, pilihlah produk yang menggunakan pewangi dari bahan alami. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dengan aroma citrus dan peppermint. Kedua aroma itu dapat memicu reaksi kulit sensitif meskipun terbuat dari bahan alami.

Pilih produk yang mengandung banyak pelembap


Pilih produk yang mengandung banyak pelembap

Zat pelembap yang paling bagus untuk kulit sensitif adalah glycerin atau gliserol. Gliserol adalah hasil reaksi kimia alami yang terbentuk saat pembuatan sabun. Sayangnya, proses pembuatan sabun dengan metode netralisasi yang banyak diterapkan pabrik justru menghilangkan sebagian besar gliserol. Gliserol paling banyak ditemukan pada sabun batangan yang dibuat dengan metode cold process dan framing yang sangat membutuhkan ketelatenan.

Selain itu, pilihlah produk yang mengandung ceramide serta hyaluronic acid. Ceramide adalah zat yang berfungsi untuk melindungi kulit, sedangkan hyaluronic acid berfungsi untuk mengikat air juga menjaga kelembapan kulit. Seperti halnya gliserol, kedua zat ini pun lebih banyak didapatkan pada sabun yang dibuat dengan metode cold process dan framing.

Pilih sabun yang mengandung zat anti-inflamasi


Pilih sabun yang mengandung zat anti-inflamasi

Kulit sensitif sangat rentan terhadap iritasi atau peradangan yang membuat kulit menjadi merah atau gatal. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memilih produk yang mengandung zat anti-inflamasi seperti glycyrrhizic acid 2K. Pilihlah zat anti-inflamasi yang terbuat dari bahan alami seperti ekstrak licorice atau ekstrak chamomile. Selain kedua bahan itu, virgin coconut oil juga disebut-sebut sebagai bahan yang mengandung zat anti-inflamasi alami yang baik selain berkhasiat melembapkan kulit.

Pemilik kulit sensitif biasanya mengandalkan kandungan dalam produk pelembap saja untuk mengatasi iritasi atau peradangan pada kulitnya. Dengan pemakaian sabun muka yang mengandung zat anti-inflamasi, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Akan tetapi, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih pelembap. Seperti halnya pembersih muka, pelembap juga berpotensi dalam menyebabkan iritasi atau peradangan, terutama pelembap yang memiliki formula khusus yang bertujuan untuk mempercantik kulit.

Berikut adalah beberapa tips lain untuk memilih sabun batangan:

  1. Cari sabun batangan dengan pelembab
    Karena sabun batangan cenderung mengeringkan kulit, cari yang mengandung pelembab. Cetaphil direkomendasikan oleh banyak dokter kulit karena melembabkan kulit dengan petrolatum, yang juga dikenal sebagai Vaseline. Pelembab yang menenangkan lainnya termasuk lidah buaya, vitamin E dan minyak almond manis.

  2. Cobalah sabun dengan exfoliating
    Jika Anda memiliki kulit yang terlalu kering, sirkulasi yang buruk atau kulit yang terasa kasar dan bersisik, Anda mungkin ingin mencoba sabun yang mengandung exfoliating. Pilih sabun alami yang dibuat dengan oatmeal atau biji jeruk untuk menggosok sel-sel kulit mati itu.

  3. Pilih sabun dengan gliserin
    Jika Anda memiliki jerawat, eksim, atau masalah dermatologis lainnya, cari sabun batangan yang mengandung gliserin. Ini akan membersihkan kulit Anda tanpa memperparah kondisi Anda.

  4. Pastikan sabun diberi label "bebas pewangi"
    Kata “wewangian” adalah istilah selimut untuk lebih dari 3.000 bahan kimia, yang salah satunya Anda alergi terhadap alergi (lihat: Alergi Fragrance). Untuk menghindari iritasi kulit Anda, pastikan daftar bahannya tidak mengandung kata “pewangi” atau bahwa sabun itu sendiri dilabeli sebagai “bebas pewangi.” Jika Anda tidak dapat menghindari sabun yang beraroma buah atau berbau harum, carilah yang mengandung minyak esensial seperti minyak lavender, sereh atau berry juniper.