Apa saja tips memilih kuas highlight?

tips memilih kuas highlight

Highlighter adalah makeup yang dapat menonjolkan fitur-fitur di wajah kita. Tentu untuk menggunakan nya diperlukan kuas khusus.

Apa saja tips memilih kuas highlight?

Penggunaan highlight pada riasan wajah dapat membuat kulit terlihat cerah dan terkesan lebih muda. Untuk itu dibutuhkan kuas yang tepat agar bisa mengaplikasikan highlight dengan baik. Di pasaran banyak sekali merek-merek kuas highlight yang dijual, seperti Real Techniques, Sigma Beauty, dan Tammia. Beragam merek tersebut mungkin membuat Anda kebingungan dalam menentukan pilihan kuas terbaik. Oleh karena itu, pada di bawah ini akan memaparkan cara memilih kuas highlight.

Ada berbagai bentuk kuas yang bisa digunakan sebagai kuas highlight, tergantung di area mana Anda mengaplikasikannya. Sebenarnya, kuas eye shadow dan kuas blush on juga bisa digunakan sebagai kuas highlight. Namun, kali ini kami akan memaparkan mengenai kuas yang memang didesain khusus untuk membuat riasan highlight. Anda perlu memilih produk dengan tepat karena semakin bagus kuas yang Anda gunakan, hasilnya akan semakin baik.

Pilihlah bentuk dan ketebalan kuas sesuai daerah pengaplikasiannya


Meskipun Anda menggunakan produk highlight yang sama, hasil saat Anda mengaplikasikannya pada tulang pipi bisa berbeda dengan hasil pada hidung. Oleh karena itu, pilihlah dengan bentuk dan ketebalan sesuai area wajah yang ingin Anda highlight. Tentunya, pilih kuas yang mudah digunakan, ya!

1. Round flat type untuk area di sekitar mata, T-zone, dan mulut

Round flat type untuk area di sekitar mata, T-zone, dan mulut

Bagi Anda yang ingin mengaplikasikan highlight pada bagian mata untuk membuatnya terlihat lebih menonjol atau pada T-zone untuk memberikan kesan tiga dimensi, gunakanlah kuas round flat type. Selain itu, bisa juga menggunakan kuas eyeshadow yang tebal atau kuas untuk concealer. Kuas berukuran kecil dapat mempermudah Anda mengaplikasikannya pada bagian detail yang membutuhkan tingkat presisi tinggi.

Pada bagian ujung hidung, aplikasikan tipis saja karena highlight yang terlalu tebal akan membuat hidung terlihat besar. Sapukan highlight tipis dengan kuas round flat type untuk area dahi juga. Di sisi lain, untuk meningkatkan kesan bibir yang feminim, Anda bisa beri sedikit highlight pada bagian filtrum atau bagian berbentuk M di atas bibir dan sedikit di bagian bawah bibir.

2.Kuas tebal untuk tulang pipi, C-zone, dan dagu

Kuas tebal untuk tulang pipi, C-zone, dan dagu

Ketika Anda membuat highlight pada C-zone, yakni di area sekitar mata dan tulang pipi, gunakanlah jenis kuas yang tebal dan lembut. Dengan kuas yang tebal atau bervolume, cukup satu kali pulasan sudah dapat memberikan gradasi alami dan membaur dengan kulit Anda.

Selain itu, bentuk kuasnya sering kali lebih ramping dari kuas untuk pipi sehingga Anda bisa menggambar garis lebih presisi atau membaurkan makeup jenis powder lebih baik. Hal ini akan menjadikannya menyatu dengan foundation dan terlihat natural. Pengaplikasian highlight pada C-zone juga dapat menyamarkan kulit kusam dan membuatnya terlihat lebih cerah. Kerutan dan noda juga lebih tersamarkan, serta wajah Anda akan terlihat lebih tirus.

Sesuaikan material bulu kuas highlight dengan hasil akhir yang Anda inginkan


Bulu kuas memiliki pengaruh dalam kenyamanan penggunaan dan hasil akhirnya. Secara umum, kuas yang terbuat dari nilon jenis taklon lebih murah, sedangkan bulu kuas yang berasal dari rambut hewan menampilkan kesan mewah. Meskipun demikian, bahan nilon belum tentu kalah dengan rambut alami. Sebaiknya sesuaikan dengan kulit Anda dan hasil akhir yang Anda inginkan.

1. Untuk warna yang bagus, pilihlah kuas dari rambut hewan asli

Untuk warna yang bagus, pilihlah kuas dari rambut hewan asli

Kelebihan dari bulu kuas rambut binatang asli adalah bisa memuat bubuk lebih banyak dibandingkan rambut buatan, serta warnanya bagus. Kuas tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan hasil akhir yang halus. Selain itu, kelembutan dan kekerasan bulu kuas juga berbeda tergantung pada jenis rambut binatang yang digunakan dan biasanya produk dengan harga mahal cenderung lebih lembut. Banyak produk yang menggunakan bulu tupai untuk kuas highlight karena paling lembut dan mudah dikontrol.

Jika dibandingkan dengan bahan rambut buatan, kuas dari rambut hewan lebih memerlukan waktu dan usaha untuk membersihkannya. Selain itu, produk ini juga lebih mudah rusak dan pada beberapa produk, terutama yang harganya murah, bisa menyebabkan gatal. Jika Anda memilih kuas dengan bahan rambut hewan, pastikan kualitas rambutnya bagus dan gunakan dengan hati-hati.

2. Untuk Anda pemilik kulit sensitif, pilihlah kuas dari bulu sintetis seperti nilon taklon

Untuk Anda pemilik kulit sensitif, pilihlah kuas dari bulu sintetis seperti nilon taklon

Kuas highlight berbahan nilon taklon adalah kuas yang terbuat dari nilon berkualitas tinggi, sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Berbeda dengan kuas nilon konvensional, kuas nilon taklon memiliki ujung rambut yang tipis dan rasanya sangat nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Selain harganya terjangkau, Anda tidak perlu khawatir dengan alergi terhadap rambut hewan. Kuas berbahan nilon taklon cukup awet dan dapat dicuci dengan menggunakan sabun cair. Jadi, Anda bisa membuatnya tetap bersih dengan perawatan yang mudah. Cocok untuk Anda yang mengutamakan kemudahan penggunaannya.

Pertimbangkan kerapatan dan tekstur bulu kuas dengan penggunaan Anda


Pertimbangkan kerapatan dan tekstur bulu kuas dengan penggunaan Anda

Kuas highlight umumnya memiliki bulu kuas yang halus dan tebal. Kuas dengan tekstur bulu yang halus seperti ini akan membuat taburan bubuk menjadi halus dan tipis. Cocok bagi Anda yang suka dengan light finishing, memiliki kulit muka yang rentan, serta menginginkan hasil akhir dengan efek shimmer atau pearl.

Di sisi lain, bulu kuas dengan kepadatan yang tinggi mampu membawa bubuk lebih banyak sehingga pengaplikasiannya jauh lebih terlihat. Tipe ini akan sangat berguna ketika Anda ingin membuat riasan yang kuat dan tajam. Lain lagi jika bulu kuasnya tipis dan padat, Anda bisa menggunakannya untuk memberikan highlight pada bagian inner corner mata dan bibir.

Cara merawat kuas highlight


Setelah mengetahui cara memilih dan beberapa produk rekomendasi, kali ini kami akan memberi tahu cara membersihkan kuas highlight. Meskipun Anda memiliki kuas yang bagus, jika Anda tidak rajin membersihkannya akan berakibat fatal ke riasan. Sisa riasan yang belum dibersihkan bisa berdampak buruk pada wajah. Untuk menghindari masalah kulit wajah, cuci kuas secara berkala dan jaga kebersihannya dengan baik!

1. Kuas berbahan nilon taklon bisa dibersihkan dengan sabun cair

Kuas berbahan nilon taklon bisa dibersihkan dengan sabun cair

Kuas nilon taklon sangat mudah dibersihkan menggunakan sabun cair. Pertama-tama, basahi bulu kuas dengan air hangat, lalu tuangkan sabun cair secukupnya di telapak tangan Anda. Kemudian, gerakkan kuas seolah-olah menggambar lingkaran di telapak tangan Anda, terus lakukan sampai semua kotoran jatuh. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih, lalu peras dan keringkan. Caranya, kuas highlight digantung dengan bagian bulu kuas menghadap ke bawah. Kami juga merekomendasikan alat seperti papan cuci yang diperuntukkan agar mencuci kuas jadi lebih mudah.

2. Gunakan sabun khusus untuk mencuci kuas berbahan rambut hewan

Gunakan sabun khusus untuk mencuci kuas berbahan rambut hewan

Rambut hewan lebih lembut dibandingan dengan nilon taklon. Kuas berbahan rambut hewan lebih mudah rusak jika Anda mencucinya terlalu sering. Untuk itu, daripada mencucinya setiap hari, lebih baik Anda melakukan perawatan harian dengan membersihkan sisa bubuk yang masih menempel pada kuas setelah pemakaian sebaik mungkin.

Hal di atas tidak perlu dilakukan setiap waktu, Anda cukup sesekali membersihkan sisa bubuk dan debu yang menempel. Anda juga bisa mencucinya dengan sabun sekitar enam bulan atau setahun sekali. Caranya, rendam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun dan biarkan kotoran keluar dengan sendirinya. Lebih aman jika Anda menggunakan sabun khusus untuk membersihkan kuas rambut hewan.

3. Simpan di tempat kering dan hindari paparan sinar matahari langsung

Simpan di tempat kering dan hindari paparan sinar matahari langsung

Kuas berbahan nilon taklon atau pun rambut hewan akan mengalami kerusakan jika terpapar sinar matahari terus menerus. Setelah dicuci, lebih baik letakkan di tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik untuk mengeringkannya.

Selain itu, sebaiknya gunakan pengering rambut karena bakteri bisa saja merambat bila hanya dibiarkan kering begitu saja. Tetap berhati-hati dengan panasnya saat menggunakan pengering rambut. Untuk penyimpanan, pastikan kuas Anda tidak terpapar langsung sinar matahari. Selain itu, tutupi atau bungkus kuas Anda dengan kain agar tidak terkena debu.