Apa saja tips memakai Sheet Mask untuk hasil yang maksimal?

Sheet mask belakangan ini banyak diserbu oleh para perempuan. Bukan hanya kemasannya yang lucu dan menarik, sheet mask tersedia dalam berbagai jenis, merk dan harga. Dan bebas memilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

1 Like

  1. Persiapkan Wajah dengan Benar
    Sheet mask mengandung essence yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Maka dari itu sebelum memakainya, pastikan wajah benar-benar bersih dari kotoran dan sisa-sisa makeup. Setelah itu sangat disarankan untuk memakai toner supaya kulit dapat menyerap kandungan sheet mask dengan baik.

  2. Simpan Sheet Mask di Kulkas
    Sebelum pemakaian, saya sangat menyarankan untuk menyimpan sheet mask di dalam kulkas untuk waktu kurang lebih sepuluh menit untuk efek light depuffing. Sheet mask akan menjadi dingin dan otomatis akan memberikan sensasi dingin dan menyegarkan saat dipakai. Kalau dipakai di pagi hari, efek menyegarkannya bisa membuat kita lebih terbangun dan kalau dipakai di malam hari, efek menyegarkannya bisa membantu kita lebih relaks setelah seharian beraktivitas.

  3. Manfaatkan Sisa Essence
    Dalam satu kemasan sheet mask biasanya terdapat banyak essence di dalamnya. Usapkan sisa essence ke bagian yang tidak terkena masker seperti leher, bahu, tangan, atau bagian tubuh lainnya yang terasa kering. Makanya, lebih baik menggunakan sheet mask saat tubuh kita sudah bersih supaya sisa essence juga bisa dimanfaatkan sebagai pelembab untuk tubuh.

  4. Jangan Terlalu Lama
    Baca dengan baik instruksi yang ada di kemasan sheet mask karena waktu pemakaian sheet mask itu berbeda-beda. Rata-rata waktu yang diperlukan hanya 20 menit saja. Memang sih rasanya kok masih basah ya maskernya, padahal sudah dipakai selama itu. Jadinya kita malah memakai maskernya sampai terasa kering di wajah. Nah, hal itu salah! Jangan terlalu lama memakai sheet mask karena malah membuat essence-nya menguap, bukannya menyerap ke kulit.

  5. Tepuk-Tepuk Wajah
    Setelah memakai sheet mask, wajah kita pasti masih terasa basah karena masih banyak essence di atas permukaan kulit. Jangan membilas wajah kita dengan air tapi tepuk-tepuk wajah kita dengan pelan supaya kulit dapat menyerap essence-nya. Bukan diusap aja ya, tapi ditepuk-tepuk supaya menyerap. Lalu lanjutkan dengan skincare kamu yang lain.

sumber:

Mengapa sheet mask booming?


Kosmetik menurut Okereke (2015) merupakan produk yang diaplikasikan pada tubuh atau wajah untuk meningkatkan penampilan dengan cara membersihkan, mempercantik, meningkatkan daya tarik dan mengubah penampilan tubuh. Kosmetika sebagai produk dalam memelihara kecantikan semakin berkembang seiring dengan perkembangan bioteknologi (Muchtaridi, 2017).


Sumber: http://ikft.kemenperin.go.id/

Sektor kosmetik Indonesia menunjukkan kinerja yang kuat sepanjang 2017 sejalan dengan pertumbuhan kelas menengah dan konsumen yang semakin makmur di Indonesia.Industri kosmetik dan perlengkapan mandi Indonesia mencatat pertumbuhan luar biasa sebesar 11,99% pada tahun 2017 dengan total nilai penjualan sebesar Rp 19 triliun. Ini lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata industri dalam enam tahun terakhir sekitar 10% (Global Business Guide Indonesia, 2018). Salah satu produk dari kosmetik pada bagian kulit wajah adalah masker wajah atau facial mask.

Sheet mask atau dalam sebutan kimia kosmetik disebut sebagai masker dengan lapisan tipis kering merupakan salah satu variasi dari berbagai jenis masker yang beredar luas di masyarakat. Penerapan dan pengembangan produk masker dengan lapisan tipis kering (dry film/sheet) dinilai menguntungkan produk sehingga dapat dipotong atau dibentuk sesuai yang diinginkan dibandingkan pasta, bubuk, dll. Produk masker seperti pasta memiliki kandungan bentonit sebagai basis pembersih wajah belum sepenuhnya dimanfaatkan secara efektif. Masker yang telah diaplikasikan kemudian harus melalui proses penggosokan kulit untuk menghilangkan produk tersebut. Agarwalet, dkk (2016) menjumpai banyak masker yang kering tersebut cenderung jatuh dari wajah dan mengotori kamar mandi, pakaian, dan konsumen juga perlu menggunakan produk pembersih untuk membilas sisa masker.

Sheet Mask adalah salah satu tren terbaru dan populer di Asia. Keunggulan jenis masker ini dibandingkan dengan jenis masker lain adalah sheet mask memiliki mekanisme Occlusive Dressing Treatment (ODT) yang memiliki profil penyerapan dan penetrasi yang baik, kemasan yang efisien dan higienis serta tidak perlu dibersihkan setelah penggunaan (Revenyet, dkk 2016). Menurut Zadeh, dkk (2018) bahan yang dipakai dalam sheet mask dapat bervariasi tergantung merek dan bentuk sheet mask. Sheet mask yang diaplikasikan akan melembabkan kulit dengan baik dan mendalam,menghilangkan sebum, dan meremajakan kulit atau mencegah hiperpigmentasi (Zadeh, 2018).

Referensi
  1. Muchtaridi. 2017. Kosmetika Halal atau Haram serta Sertifikasinya. Majalah Farmasetika 2: 12-15.
  2. Reveny, Julia, Juanita Tanuwijaya & Marco Stanley. 2017. Formulation and EvaluatingAnti-Aging Effect of Vitamin E in Biocellulose Sheet Mask.International Journal ofChemTech Research10(1): 322-330.