Apa saja tips foto Long Exposure di air terjun?

foto Long Exposure

Long exposure merupakan teknik yang menggunakan shutter lama sehingga mampu menghasilkan motion pada objek yang kita foto. Sebenernya apa aja sih tips-tips untuk menghasilkan foto long exposure yang bagus terutama foto air terjun ?

Beberapa Tips Praktis Foto Long Exposure Air Terjun yang sangat berguna bagi saya berdasarkan belfot:

  1. Ajak bicaralah penduduk lokal, biasanya penjual makanan kecil atau minuman di sekitar lokasi adalah penduduk asli daerah tersebut. Mereka tahu banyak hal yang tidak kita ketahui

  2. Kalau anda belum memilki filter CPL tapi hobi memotret pemdangan dan landscape, sudah saatnya berpikir untuk membeli filter ini. Selain mengurangi refleksi, menambah kontras dan kedalaman waran, filter CPL membantu memotong cahaya sampai 2 stop untuk membuat foto long exposure.

  3. Musim hujan adalah waktu ideal memotret air terjun. Debit air sedang tinggi, sampah banyak yang hanyut terbawa arus yang meninggi dan dedaunan sedang hijau-hijaunya

  4. Mendung adalah sahabat foto long exposure. Mendung memungkinkan kita tidak perlu menggunakan filter ND untuk mendapatkan shutter speed yang rendah.

  5. Kamera memiliki fitur ISO ekstra rendah. Nilai terendah ISO biasanya ada di angka 100 atau 200, namun kamera biasanya memiliki fitur ISO ekstra rendah seperti 50 atau 64. Cek di manual kameramu agar bisa mengaktifkan fitur ini dan bisa memperlambat waktu exposure.

  6. TRIPOD, TRIPOD, DAN TRIPOD. Untuk long exposure dan hasil yang tajam, tripod yang kokoh sampai detik ini masih tetap diperlukan.