Apa saja tips anti mabuk laut?

Baik kamu atau orang lain yang sedang bepergian naik kapal atau road trip lintas pulau, perjalanan laut seringkali membuat mabuk alias seasick. Pastinya itu sangat tidak enak dan perjalanan malah menjadi tidak menyenangkan. Lalu, apa saja tips anti mabuk laut?

Berikut mungkin beberapa tips yang bisa membantu agar tidak mabuk laut saat perjalanan naik kapal. Jujur saya juga orangnya mudah mabuk saat naik kapal terutama dengan waktu yang lama.

Istirahat yang cukup

Untuk menjaga kondisi badan, sebaiknya sehari sebelum perjalanan Anda beristirahat yang cukup. Pastikan sebelum perjalanan Anda mendapatkan tidur yang cukup setidaknya 8 jam. Istirahat yang cukup membantu stamina Anda terjaga sehingga tidak gampang loyo dan terserang mabuk laut.

Makan secukupnya

Di kapal laut terdapat kantin dimana Anda dapat membeli makanan baik yang ringan maupun berat. Fatal akibatnya jika Anda memasuki kapal laut dengan keadaan perut penuh. Perut penuh dengan kapal laut yang bergoyang dapat memacu mabuk laut.

Pilihlah tempat duduk yang tepat

Beberapa kapal laut menyediakan tempat duduk untuk penumpangnya . Ada juga yang hanya menyediakan kamar-kamar yang dapat dipesan dari jauh-jauh hari. Untuk tempat duduk, Anda tidak dapat memesannya di sini lah berlaku siapa cepat dia dapat. Carilah tempat duduk dengan siklus udara yang lancar. Pilihlah kabin yang berada di tengah, sebab pada titik ini goyangan kapal paling tidak terasa.

Jaga pandangan Anda

Disarankan bagi pandangan Anda tidak berfokus pada satu titik seperti membaca, mengetik pesan singkat atau menonton video. Hal-hal di atas membuat otak Anda menerima ketidakseimbangan informasi. Otak Anda bingung apakah harus menuruti badan yang bergerak sesuai dengan goyangan kapal atau mata Anda yang berfokus pada satu titik. Ketidakseimbangan otak ini yang memicu mabuk laut.

2 Likes