© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja tipe-tipe virus yang ada di game Resident Evil ?

Zombie yang berada di dalam game ini terkena mutasinya berasal dari virus-virus, nah apa saja tipe-tipe virus yang ada di game ini?

1. Abyss Virus

Virus yang ditemukan dalam diri hewan-hewan bawah laut yang memberikan mereka kemampuan hidup dan beradaptasi di laut bagian terdalam. Sampel pertama didapat dari ikan dasar laut di Parit Kermadec, Selandia Baru. Kemudian perusahaan saingan Umbrella, TRICELL, menggabungkan Abyss Virus dengan t-Virus, menciptakan T-Abyss Virus.

2. Ancient Virus

Virus kuno tidak bernama ini ditemukan oleh Kepala Peneliti Senior Umbrella Alexia Ashford dari gen ratu-ratu semut yang memfosil. Tidak seperti virus lain, jenis ini tidak mampu “melompat” antarspesies sehingga tidak berpengaruh pada manusia biasa. Saat dikombinasikan dengan Progenitor Virus maka lahirlah jenis virus baru bernama t-Veronica.

3. Progenitor Virus

Merupakan jenis virus Resident Evil pertama, virus ini ditemukan di dalam bunga bernama “Stairway of The Sun” di Afrika oleh para pendiri Umbrella: Oswell E. Spencer, Edward Ashford dan James Marcus.

RNA retrovirus ini memiliki kemampuan untuk mengakibatkan mutasi genetis secara spontan dan memberikan kekuatan super; peningkatan kecerdasan, kekuatan fisik, dan jangka hidup; bagi pemakan bunga tersebut — jika mereka tidak mati terlebih dahulu. Bangsa Ndipaya kuno di Afrika biasa memakainya sebagai bagian dari ritual mencari pemimpin suku baru.
Namun virus ini tidak memberikan pengaruh besar pada bangsa manusia modern dan hanya membuat penerima virus tewas seketika. Melalui penelitian lebih lanjut terciptalah t-Virus, G-virus, dan Uroboros.

4. t-Virus

t-Virus atau Tyrant Virus merupakan proyek dari para pendiri Umbrella untuk membuat Progenitor Virus bisa diterima manusia modern, dan agar mereka mendapatkan kemampuan super bagi diri mereka sendiri. Virus ini dibuat melalui penggabungan Progenitor Virus dengan DNA lintah.
Namun pendanaan proyek ini terus menurun sampai akhirnya fokus pengembangan virus berubah menjadi pembuatan B.O.W. untuk dijual ke pasar-pasar gelap. Virus ini juga lah yang sempat lepas di Raccoon City dan mengubah penduduknya menjadi zombie.

5. G-Virus

Alias “God Virus” merupakan penyimpangan dari t-Virus dengan kemampuan yang lebih hebat. Ilmuwan Umbrella William Birkin membuat G-Virus dari mutasi Progenitor Virus yang didapat dari tubuh Lisa Trevor, salah satu subjek percobaan Progenitor Virus.
Meski awalnya dibuat untuk mengembangkan teknologi B.O.W. lebih jauh, Birkin malah memanfaatkannya untuk mengubah manusia jadi ras “setengah dewa”.

6. t-Veronica

t-Veronica dikembangkan oleh ilmuwan lain di Umbrella, Alexia Ashford, bertentangan dengan proyek t-Virus. Dia menggabungkan gen tanaman dan serangga ke dalam Progenitor Virus untuk memberikan kemampuan tertentu yang didasari dari ratu semut, seperti membuat pengikut yang selalu menurut menggunakan feromon.

7. t-Abyss Virus

t-Abyss Virus diciptakan dengan menyatukan gen t-Virus dengan Abyss Virus. Hal ini dilakukan demi membuat B.O.W. yang bisa beradaptasi di dalam air, karena t-Virus sendiri tidak berefek banyak pada organisme laut.

8. t+G-Virus

Kombinasi t-Virus and G-Virus, t+G-Virus dibuat sebagai “virus perbaikan” terhadap B.O.W. yang sudah terinfeksi t-Virus. t+G-Virus menghilangkan kelemahan yang dimiliki oleh kedua virus tersebut, seperti kerusakan otak dan mutasi mendadak, membuat makhluk B.O.W. yang tercipta jadi lebih stabil.

9. Las Plagas

Meskipun bukan virus, Las Plagas — alias “The Plague” atau Wabah — tetap wajib masuk karena menjadi subjek utama dalam petualangan Leon Kennedy di Resident Evil 4. Plaga merupakan organisme parasit yang membuat korbannya menjadi lebih kuat, sangat tahan terhadap rasa sakit, dan selalu mematuhi perintah dari spesies Plaga yang lebih dominan.
TRICELL berhasil mengembangbiakan Plaga berkat kerjasama rahasia bersama Albert Wesker, ilmuwan Umbrella ambisius yang sempat menyamar sebagai anggota kepolisian Raccoon City. Mereka kemudian menciptakan serta menyebarluaskan para Ganado di Amerika Selatan dan Majini di Afrika.

10. Uroboros

Uroboros Virus merupakan versi “peningkatan” Progenitor Virus. Diprakarsai Albert Wesker sendiri, dia membuatnya dengan menggabungkan t-Virus, G-Virus, t-Veronica, dan antibodi alami yang dimiliki oleh Jill Valentine. Wesker memakai virus ini untuk memberikan dirinya kekuatan super.

11. C-Virus

Virus satu ini dikembangkan oleh The Family, sebuah kelompok persaudaraan rahasia yang telah ada selama berabad-abad lalu. Melalui kekuasaan mereka terhadap pemerintahan Amerika Serikat di balik layar, mereka ingin menciptakan ketertiban di dunia. Namun rencana mereka terancam hancur saat Presiden Adam Benford ingin mengungkap keterlibatan Pemerintahan AS dengan Umbrella dalam menutupi kasus kehancuran Raccoon City.

Dengan menggabungkan t-Virus, t-Veronica, dan G-Virus dari tubuh Sherry Birkin (anak William Birkin), mereka berhasil menciptakan “Chrysalis Virus” yang memungkinkan korban membuat kepompong serta beregenerasi dan bermutasi di dalamnya. J’avo, orang yang terinfeksi virus ini, juga masih memiliki kepintaran dan bisa menggunakan senjata.

12. E-Series

Senjata biologis E-Series akan menginfeksi korban-korbannya melalui jamur yang mampu mempengaruhi pikiran. Begitu terinfeksi, subjek virus mendapatkan kendali penuh terhadap pikiran para korban, memberikan mereka kemampuan regenerasi dan mutasi fisik lainnya — tapi dengan efek samping menjadi gila.