Apa saja tipe-tipe sistem informasi?

Sistem Informasi (SI) [adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Apa sajakah tipe-tipe sistem informasi?

  1. Transaction Processing Systems (TPS)
    TPS atau Sistem Pengolahan Transaksi adalah sistem tingkat operasional di bagian bawah piramida. Mereka biasanya dioperasikan oleh shop floor workers (pekerja yang berhubungan langsung dengan mesin) atau staff front line (pegawai yang berhubungan langsung dengan konsumen). Data ini biasanya diperoleh melalui penelusuran otomatis dan semi otomatis aktivitas tingkat rendah dan transaksi dasar.

  2. Management Information Systems (MIS)
    Untuk alasan historis, banyak jenis Sistem Informasi yang ditemukan di organisasi komersial disebut sebagai “Sistem Informasi Manajemen” atau MIS. Namun, dalam model piramida, Management Information Systems adalah sistem tingkat manajemen yang digunakan oleh manajer menengah untuk membantu memastikan kelancaran organisasi dalam jangka pendek dan menengah. Informasi terstruktur yang diberikan oleh sistem ini memungkinkan manajer mengevaluasi kinerja sebuah organisasi dengan membandingkan keluaran saat ini dan sebelumnya.

  3. Decision Support Systems (DSS)
    Decision Support Systems dapat dilihat sebagai sistem berbasis pengetahuan, yang digunakan oleh manajer senior, yang memfasilitasi penciptaan pengetahuan dan memungkinkan pengintegrasiannya ke dalam organisasi.Sistem ini sering digunakan untuk menganalisis informasi terstruktur yang ada dan memungkinkan manajer memproyeksikan dampak potensial dari keputusan mereka ke masa depan. Sistem semacam itu biasanya bersifat interaktif dan digunakan untuk mengatasi masalah terstruktur. Mereka memberikan akses ke database, alat analisis, memungkinkan simulasi “what if”, dan dapat mendukung pertukaran informasi dalam organisasi.

  4. Executive Information Systems (EIS)
    Executive Information Systems adalah sistem informasi tingkat strategis yang ditemukan di puncak Piramid. Mereka membantu eksekutif dan manajer senior menganalisis lingkungan di mana organisasi beroperasi, untuk mengidentifikasi tren jangka panjang, dan merencanakan tindakan tindakan yang sesuai. Informasi dalam sistem semacam itu seringkali terstruktur lemah dan berasal dari sumber internal dan eksternal. Sistem Informasi Eksekutif atau EIS dirancang untuk dioperasikan langsung oleh eksekutif tanpa memerlukan perantara dan mudah disesuaikan dengan preferensi individu yang menggunakannya.

source

https://www.mindmeister.com/37310006/5-types-of-information-systems

Berikut adalah tipe-tipe sistem informasi

Transaction Processing System
Setiap perusahaan perlu memproses transaksi untuk melakukan operasi bisnis sehari-hari. Sebuah transaksi mengacu pada peristiwa atau aktivitas yang mempengaruhi organisasi. Tergantung pada sebuah bisnis organisasi, transaksi mungkin berbeda dari satu organisasi ke organisasi lainnya.

Office Automation System
Office automation system atau sistem otomasi kantor adalah kumpulan teknologi komunikasi, komputer, dan orang untuk melakukan tugas-tugas. SOK menjalankan transaksi kantor dan mendukung aktivitas resmi di setiap tingkat organisasi. Aktivitas ini dapat dibagi menjadi aktivitas klerikal dan manajerial.

Knowledge Work System
Knowledge Work System(KWS) atau sistem kerja pengetahuan adalah sistem khusus yang dibangun untuk mempromosikan penciptaan pengetahuan dan untuk memastikan bahwa pengetahuan dan keterampilan teknis terintegrasi ke dalam bisnis.

Management Information System
Manajemen information system atau sistem informasi manajemen dikembangkan secara khusus untuk mendukung fungsi perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dari manajer menengah.

Decision Support System
Decision support system atau sistem pendukung keputusan adalah sistem berbasis komputer interaktif yang berfungsi pada tingkat manajemen sebuah organisasi. Namun, berbeda dengan sistem informasi manajemen, DSS memproses informasi untuk mendukung proses penghambilan keputusan para manajer.

Executive Support System
Executive support system atau sistem pendukung eksekutif adalah sistem informasi berbasis komputer yang membantu pembuatan keputusan di tingkat atas sebuah organisasi. Keputusan yang diambil dengan executive support system adalah keputusan non-rutin yang mempengaruhi keseluruhan organisasi.