Apa saja tipe ideal teori ekonomi berdasarkan para ahli ekonomi?

tipe ideal teori ekonomi

Dalam perdebatan politik sehari-hari, pemikiran dari Smith, Marx, dan Keynes selalu muncul. Tipe ideal ketiga tokoh ekonomi ini berbeda.

Adam Smith, Karl Marx, dan Keynes memiliki tiga visi ekonomi yang berbeda yang selalu akan dikemukakan oleh setiap kubu politik terkait pertanyaan tentang distribusi, relasi pasar dan negara serta masalah ekonomi-politik lainnya.

Tiga tipe ideal tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Negara agar tidak mencampuri proses ekonomi. Nafsu untuk mengumpulkan kepemilikan pribadi adalah energi pendorong perilaku ekonomi dan karena itu jangan diganggu (pandangan libertarian, Adam Smith).

  2. Sistem ekonomi kapitalis yang berbasiskan kepemilikan pribadi atas alat produksi dan persaingan, mengarah pada penindasan dan pemiskinan. Karena itu, perlu dihapus (pemahaman komunistis, Karl Marx).

  3. Tatanan perekonomian berbasis kepemilikan dan ekonomi pasar, namun negara harus berperan dalam pengaturan, pendistribusian, dan pengendalian ekonomi makro, lewat permintaan terarah dalam ekonomi rakyat. Pemilikan diizinkan, namun pada saat yang sama harus ada pengaturan terkait dengan aspek sosial dan kepentingan umum (sosial demokrasi, Keynes).

Referensi:
Vaut, Simon, dkk. 2009. ekonomi dan Sosial Demokrasi. Jakarta: Friedrich-Ebert-Stiftung Kantor Perwakilan Indonesia.