Terdapat beberapa jenis komunikasi bisnis yang dikelompokkan berdasarkan bentuk dan kegunaannya. Terdapat empat jenis atau kategori komunikasi bisnis, yakni:
1. Organization Communication
Organization Communication adalah komunikasi yang berkaitan dengan masalah-masalah internal perusahaan ataupun dilancarkan terhadap lembaga atau persona dalam perusahaan. Termasuk dalam jenis ini adalah:
-
Dokumen remi dan artikel, yaitu dokumen resmi perusahaan, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perusahaan, perjanjian-perjanjian, kontrak dan sebagainya.
-
Bagan organisasi, adalah skema-skema organisasi yang menggambarkan dengan ringkas sesuatu proses ataupun struktur, misalnya struktur organisasi perusahaan.
-
Memorandum, catatan, instruksi atau permintaan dari seorang kepada orang lainnyadalam satu perusahaan.
-
Surat keputusan, adalah surat formal perusahaan yang berisikan pertimbangan, pengkajian, perujukan dan decission perusahaan terhadap sesuatu keadaan dalam perusahaan. Surat keputusan berlaku dan mengikat bagi seluruh persona ataupun lembaga yang berada dalam perusahaan.
-
Surat Intruksi, sama dengan surat perintah, adalah surat yang ditujukan kepada seseorang atau lembaga dalam perusahaan, agar persona atau lembaga dalam perusahaan, agar persona atau lembaga itu melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.
Pada surat instruksi juga ada pertimbangan, pengkajian dan perujukan, namun surat intruksi biasanya hanya berlaku untuk satu kali kejadian atau rangkaian kejadian, namun rlatif pendek masa berlakunya kalau dibanding dengan surat keputusan.
-
Surat edaran, biasanya berisikan pemberitahuan tentang sesuatu yang berlaku dalam perusahaan.
Boleh dikatakan surat edaran adalah penyebaran informasi yang perlu diketahui oleh semua pekerja dan pejabat yang ada dalam sasaran surat edaran tersebut.
-
Rapat kerja diskusi dan semacamnya
Rapat-rapat kerja diskusi, lokakarya, seminar dan semacamnya dalam lingkup perusahaan adalah merupakan komunikasi bisnis organisasional. Disana dipertukarkan gagasan, informasi, pendapat ataupun sikap para peserta dalam rangka meningkatkan kemampuan perusahaan.
2. Business Corespondence
Business Corespondence, adalah segala kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan surat menyurat. Komunikan pada korespondensi bisnis bisa publik internal misalnya pimpinan cabang- cabang, unit, divisi, stockholder ataupun dewan komisaris.
Bisa juga eksternal publik seperti pemerintah, pers, suppliers, consumers, customers, community dan publik luas pada umumnya ( stakeholders ).
Korespondensi bisnis mempunyai tiga bagian penting, yaitu:
- Surat keluar
- Surat masuk
- File ( pengarsipan )
3. Specific / technical data exchange
Specific/technical data exchange. Ada lima macam specific/technical data exchange yang biasa digunakan pada komunikasi bisnis: akuntansi, stock/ persediaan gudang, proses produksi, finacial statement/financialdata, grafik, dan statistik.
4. Promotional communication
Promottional communication merupakan komunikasi bisnis yang diarahkan kepada peningkatan citra perusahaan dan sales, digolongkan pada komunikasi promosional, yang dapat berbentuk oral/signal dan gestural communication.
Beberapa di bawah ini merupakan komunikasi promosional: public speaking, advertisment, brosur/leafet, offering letter, pameran/promosi, billboard, moving sign, dan megatron.