Apa saja tempat wisata di Sukabumi?

sukabumi

Sukabumi, daerah yang terletak di kota Jawa Barat ini ternyata memiliki beragam wisata alam nan eksostis yang dapat kita kunjungi, ada beberapa tempat yang tidak kalah menarik untuk didatangi oleh kalian jika berkunjung ke Sukabumi. Jarak Sukabumi juga nggak terlalu jauh dari Jakarta maupun Bogor jadi cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Tempat wisata di Sukabumi ini kebanyakan mengandalakan pemandangan alam yang miripi dengan Puncak. Apa saja tempat wisata di Sukabumi?

Tempat wisata di Sukabumi berikut ini:

  1. Pantai Ujung Genteng
    Pantai Ujung Genteng, bukan diujungnya terdapat genteng rumah melainkan perumpamaan daerah tersebut yang daerahnya berada di pesisir pantai selatan Jawa Barat. Nama Ujung Genteng berasal dari Ujung Gunting. Bagian ujung gunting bawah disebut Ujung Genteng, sedangkan bagian ujung gunting atas berada di Ujung Kulon. Pantai ini sangat indah dan enak dipandang mata, kesunyian plus keindahan lautnya sangat santai untuk dinikmati. Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini sebenarnya sudah menjadi primadona di kalangan traveller. Pantai ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap lho. Penginapan yang tidak jauh, Turtle Beach Hotel, Pondok Hexa Hotel, dan Batu Besar Homestay. Di Ujung Genteng pun terdapat tempat penangkaran penyu, biasanya akan diberi tumpangan berupa motor atau bisa dengan kendaraan pribadi. Jika kalian beruntung maka kalian bisa melihat proses saat penyu-penyu tersebut bertelur untuk perjalanan ke pantai Ujung Genteng membutuhkan waktu kira-kira enam sampai tujuj jam.

  2. Goa Buniayu
    Goa buni ayu merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang dikelola oleh Pihak Perum Perhutani sebelum menjadi Goa Buni Ayu. Nama sebelumnya adalah Goa Cipicung, karena letaknya yang berada di Cipicung. Area Goa Buni Ayu luasnya sekitar 10 hektar dan memiliki ornamen cantik alami dari bebatuan stalaktit yang menggantung dari langit-langit gua kapur. Belum lagi stalakmit, flow stone, dan garundam yang mampu membuat kagum para pengunjung yang datang. Selama mengunjungi tempat wisata di Sukabumi ini pengunjung yang datang, wajib menggunakan sepatu boot dan perlengkapan lainnya. Biasanya perlengkapan ini sudah disediakan jadi kamu nggak perlu lagi repot membawa. Goa Buniayu memiliki pemandangan yang mempesona, terdapat tiga titik zona yang dilewati di dalam goa. Zona terang, zona senja, dan zona gelap abadi yang akan membuatmu merinding. Untuk harga yang ditawarkan dimulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 600 ribu, oh ya kamu harus mengumpulkan 6 sampai 12 orang.

  3. Pantai Cimaja
    Pantai Cimaja surganya kaum perselancar bagi wisatawan luar maupun lokal. Ombak yang besar menjadi tempat favorit untuk surfing ini berada di Sukabumi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para surferr. panorama yang dihadirkan sungguh mempesona dan memanjakan mata bagi wisatawan. Pada bulan-bulan tertentu pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan antara bulan Mei -Oktober, namun tetap harus waspada karena arus ombaknya sangat kuat tapi itu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan penyuka surfing.

  4. Kampung Gede Ciptagelar
    Sebuah kampung adat yang jadi tempat wisata di Sukabumi ini juga patut dikunjungi. Kampung Gede Ciptagelar berada di Sukabumi ini masih memiliki ciri dari bentuk rumah serta tradisi yang masih dipegang oleh warga setempat. Masyarakat Kampung Gede Ciptagelar dikenal dengan sebutan masyarakat Kasepuhan Ciptagelar. Sebenarnya lokasi Kampung Gede Ciptagelar ini masih belum banyak tahu. Makanya tempat wisata di Sukabumi ini wajib untuk dikunjungi. Sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan dengan udara yang terasa sejuk karena melewati hutan dengan pohon yang tinggi di sisi kanan dan kiri.

Sumber: