Apa saja tempat wisata di Kupang?

Pariwisata tanah air yang mungkin tidak terlalu diperhatikan banyak wisatawan namun menyimpan begitu banyak keajaiban adalah Kupang yang merupakan ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Beragam lokasi eksotis dapat ditemukan saat berada di Kupang walau memang sejumlah tempat belum mendapat pengelolaan yang baik dan belum begitu banyak terjamah. Apa saja tempat wisata di Kupang?

Goa Kristal

image

Bila berkesempatan berlibur di Kupang, satu lokasi yang tidak akan mengecewakan adalah Goa Kristal. Goa ini memiliki kolam yang isinya diketahui sebagai air payau jernih yang kebeningannya disamakan dengan kristal. Karena adanya daya tarik tersebutlah, maka goa ini kini dikenal dengan sebutan Goa Kristal. Sesampainya di dalam, wisatawan akan disuguhkan dnegan kesejukan airnya, dan karena namanya air payau, rasa dari airnya tidak asin.

Pantai Neam

image

Jika Anda memiliki jiwa petualang sejati, pantai ini adalah destinasi yang tepat untuk berpetualang sepuasnya. Pantai ini tidak mudah diakses karena ada banyak jalur yang perlu dilewati dan medannya pun berliku-liku. Dari kota Kupang sendiri, para wisatawan harus menempuh waktu 3 jam ditambah dengan melewati hutan belantara yang makin menguras tenaga.

Pantai Pasir Panjang

image

Tampaknya wisata bahari di Kupang tidak ada habisnya dan satu lagi obyek wisata yang dapat ditemukan adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini merupakan lokasi wisata yang tidak akan mengenakan biaya masuk alias gratis kepada pengunjungnya. Pantai dengan lokasi tepat di pusat kota Kupang ini memiliki warna air biru jernih dengan pengaruh sekelilingnya berwarna hijau karena ada karang-karang besar.

Alasan mengapa pantai ini bernama Pasir Panjang adalah karena sisi pantai yang memang panjang serta pasirnya begitu luas. Untuk berleha-leha menikmati pemandangan pantai, para pengunjung harap tidak keberatan untuk langsung duduk di atas pasirnya.

Air Terjun Oenesu

image

Selain dari pantai, ada air terjun yang merupakan spot terkenal juga di Kupang. Air terjun yang bisa diakses dengan jarak tempuh sekitar 17 kilometer dari kota Kupang ini punya sisi unik yang tidak ada di lokasi wisata air terjun lain.

Keunikan yang tampak adalah batuan yang penampakannya persis dengan mulut gorila dan singa. Sisi eksotisnya masih ditambah dengan pepohonan yang membuat kawasan ini selalu sejuk.
Pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp 2 ribu. Pengunjung yang mengendarai sepeda motor bisa memarkirnya dengan membayar Rp 1 ribu saja.