Apa saja tempat wisata di kebumen?

Kebumen merupakan salah satu kota di Jawa Tengah, keberadaannya tidak sepopuler kota Yogyakarta atau Semarang namun apakah ada tempat wisata yang menarik buat dikunjungi. Apa saja tempat wisata di kebumen?

Beberapa yang terpopuler di Kebumen:

  1. Gua Jatijajar
    Salah satu obyek wisata andalan kota Kebumen adalah Gua Jatijajar yang keseluruhannya terbentuk dari batu kapur, di dalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit yaitu tetesan air hujan yang bereaksi dengan batu kapur yang ditembusnya. Keunikan di dalam gua ini adalah peletakan diorama-diorama yang mengisahkan Legenda Raden Kamandaka-Lutung Kasarung, semuanya ada 32 patung. Di dalam gua ada 7 sungai atau sendang, tetapi hanya 4 yang mudah dicapai adalah Sungai Puser Bumi, Jombor, Mawar dan Kantil.

  2. Benteng Van Der Wijck
    Benteng Van Der Wijck juga tak kalah populer dengan Benteng Van der Burg di Jogja dan Benteng Pendem di Cilacap. Selain itu benteng ini adalah satu-satunya benteng berbentuk persegi delapan di Indonesia. Dibuat untuk meredam kekuatan musuh Belanda waktu itu yakni Pangeran Diponegoro, di mana Belanda melakukan taktik benteng stelsel. Kini komplek ini menjadi sekolah calon tamtama, barak militer TNI AD, hotel, ruangan serba guna, tempat wisata yang dilengkapi dengan taman bermain anak seperti kincir outar, perahu angsa dan mobil-mobilan.

  3. Pantai Karang Bolong
    Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki fenomena alam bukit karang yang berlubang atau bolong. Deburan ombaknya yang besar dengan hamparan pasir putih keabu-abuan dibalut bukit-bukit tinggi di sekelilingnya menjadi sajian utama para wisatawan yang berkunjung ke sini. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri laut lepas atau mendaki ke puncak karang melalui anak tangga yang sempit dan berkelok-kelok. Meski agak lelah tapi semuanya akan terbayar dengan pemandangan laut yang indah dengan latar belakang Anak Gunung Krakatau.

  4. Goa Petruk
    Berbeda dengan Gua Jatijajar yang telah diperlengkapi dengan penerangan, gua ini justru dijaga kealamiannya. Untuk masuk ke dalam, diperlukan alat-alat seperti headlamp, sepatu boat, baju tahan air, helm pelindung dan pemandu. Meski minim fasilitas di dalam gua, fasilitas seperti mushola, tempat parkir, warung makan bahkan penginapan tetap tersedia di sekitar obyek wisata.

  5. Tempat Wisata Waduk Sempor
    Meski berada dekat pantai, udara di waduk ini tergolong sejuk karena letaknya berada di perbukitan dengan ribuan pohon pinus. Kamu juga bisa menikmati sunrise, pemandangan bebatuan dan suara gemericik air di sungai pada sekitar waduk atau mencoba fasilitas wisata seperti speedboat, slowboat, bebek dayung dan perahu dayung.

Sumber: