Apa saja tempat wisata alam di Banyuwangi?

wisata Banyuwangi

Kabupaten yang terletak di paling timur Pulau Jawa ini merupakan kabupaten yang paling luas di Jawa Timur sekaligus Pulau Jawa. Bahkan Kabupaten Banyuwangi ini luasnya melebihi Pulau Dewata Bali, wilayahnya pun beragam dari dataran rendah hingga pegunungan. Tak salah kalau tempat wisata di Banyuwangi banyak yang spesial, terutama destinasi wisata alam di Banyuwangi. Apa saja tempat wisata alam di Banyuwangi?

Berikut adalah 5 tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi.

  1. Kawah Ijen
    Dengan datang ke Kawah Ijen, kita akan disuguhkan dengan sajian mengagumkan yang hanya akan kamu temukan di dua tempat saja yaitu di Islandia dan Indonesia. Ya, blue fire ini memang fenomena alam yang unik dan sangat langka. Fenomena alam ini hanya bisa kamu nikmati pada malam hari dan tentunya kamu harus menyusuri jalur pendakian selama kurang lebih 3 jam sebelum matahari terbit. Ingat, kamu akan melakukan perjalanan jauh dengan jalur menanjak dilengkapi aroma belerang yang sangat pekat. Sebelum melakukan tracking, pastikan kamu menggunakan jaket tebal, sarung tangan serta masker pelindung. Jangan lupa juga untuk menjaga badanmu tetap hangat selama pendakian, karena jalur tracking cukup sulit kamu juga sebaiknya tidak terlalu memaksakan diri.

  2. Pantai Wedi Ireng
    Walau memiliki nama Wedi Ireng, pantai ini adalah pantai berpasir putih yang masih alami lengkap dengan batu karang sebagai pemecah deburan ombak. Letaknya yang berada di belakang bukit, membuat kita harus menyebrang menggunakan kapal nelayan dari Pantai Mustika dengan tarif Rp 25.000 sekali jalan. Pantai ini tidak berpenghuni, hanya terdapat beberapa kios-kios pedagang saja, itupun hanya dibuka pada saat ramai pengunjung. Jika sepi pengunjung, biasanya hanya ada satu kios yang berdagang. Terdapat begitu banyak spot foto. Di pinggir pantai, di atas batu karang hingga di atas ayunan yang disediakan oleh pengelola.

  3. Jawatan Benculuk
    Jawatan Benculuk lahan seluas 3,8 hektar yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyuwangi Selatan ini, sering disebut-sebut mirip dengan lokasi shooting The Lord of The Rings atau Hobbit yang ada di Selandia Baru. Bisa dilihat dari pepohonan yang berada disana dan juga sisa-sisa kayu jati yang tergelatak di tanah. Paduan hutan serba hijau ini akan mengingatkanmu pada beberapa adegan di film Hobbit. Belum lagi suasananya yang sepi membuat tempat wisata di Banyuwangi ini wajib dikunjungi. Sama dengan tempat wisata Banyuwangi lainnya, Jawatan Benculuk ini juga banyak spot foto yang bisa diandalkan. Salah satu yang diminati para pengunjung adalah Rumah Pohon. Kamu juga bisa menikmati Jawatan Benculuk dari ketinggian, caranya kamu hanya perlu menaiki beberapa anak tangga. Dari sini kamu bisa menikmati keindahan Jawatan Benculuk dari ketinggian 10 meter.

  4. Bangsring Underwater
    Buat kamu yang suka wisata alam bawah laut, wisata Banyuwangi juga bisa memuaskanmu. Spot underwater yang selalu jadi favorit ada di daerah Bangsring. Keindahan bawah laut di Brangsing underwater ini bisa membuatmu berdecak kagum. Matamu akan dimanjakan dengan keindahan bawah laut Bangsring yang dipenuhi dengan terumbu karang dan ikan laut. Serunya di sini kamu juga punya kesempatan untuk bertemu dengan bayi-bayi hiu yang sengaja dibudidayakan. Bangsring juga punya rumah apung yang jadi salah satu objek wisata yang cukup terkenal di sini. Bangsring Underwater ini nggak kalah dengan keindahan alam bawah laut yang ada di Karimun Jawa.

  5. Pulau Tabuhan
    Tempat wisata lain yang nggak kalah indah adalah Pulau Tabuhan. Kamu bisa menyebrang ke Pulau Tabuhan dengan menyewa perahu seharga Rp 600.000 untuk bisa menikmati pulau indah ini. Sama seperti pulau di sekitar Banyuwangi, Pulau Tabuhan juga tak berpenghuni makannya alamnya masih sangat terjaga. Hampir sama dengan Bangsring, Pulau Tabuhan ini menyajikan keindahan bawah laut yang tidak kalah keren. Tentu saja biota laut di Pulau Tabuhan ini masih sangat terjaga. Jadi kamu yang hobi snorkeling bisa puas berlama-lama menyalami keindahan alam bawah lautnya.

Sumber:

sebenarnya masih banyak tempat wisata yang ada dibanyuwangi tapi masih belum banyak yang tau dengan wisata tersebut, seperti Red Island, Green Bay, Telunjuk Raung, Hutan Pinus, Villa Bejong, Pantai Solong.

Green Bay

Red Island

1 Like