Apa saja teknik yang dapat digunakan untuk menggali insight dari user?

Insight merupakan sebuah kebenaran yang ada pada konsumen dan di dalamnya ada penekanan suatu masalah yang consumer hadapi dan belum terselesaikan. Namun, bagaimanakah cara atau teknik dalam menggali insight tersebut?

Untuk menggali insight dari user dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti berikut ini.

  • Show Me
    Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu menggunakan teknik Show Me. Teknik ini merupakan cara untuk menggali insight dengan meminta user menunjukkan obyek atau proses terkait dengan konteks yang sesuai. Sebagai contoh jika kita ingin mendapat insight terhadap suatu sistem informasi maka mintalah user untuk menunjukan masalah tersebut secara langsung menggunakan sistem informasi tersebut.

  • Draw It
    Cara yang kedua yaitu menggunakan teknik Draw It. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara meminta user memvisualisasikan pengetahuannya dengan gambar/diagram. Teknik ini dapat dilakukan jika user yang sedang kita wawancara mengalami kesulitan untuk menyampaikan masalahnya menggunakan kata-kata, maka masalah tersebut dapat divisualisasikan dengan menggunakan gambar atau diagram.

  • Why
    Cara yang ketiga yaitu menggunakan teknik Why, Teknik ini dapat dilakukan dengan cara menanyakan “mengapa”. Pertanyaan membuat user menggali lebih dalam tentang sebab-sebab dibalik sebuah pemikiran/aksi. Teknik ini juga berguna untuk lebih menjelaskan pernyataan-pernyataan user yang masih bersifat umum, sehingga diharapkan mendapatkan permasalahan yang spesifik.

  • Think Aloud
    Cara yang keempat yaitu menggunakan teknik Think Aloud. Cara ini dapat dilakukan dengan meminta user mengemukakan apa yang dipikirkan ketika berinteraksi dengan sebuah obyek atau menjalankan sebuah proses. Dalam teknik ini user dituntut untuk selalu berbicara ketika sedang berinteraksi atau menggunakan suatu sistem dengan tujuan untuk mendapat insight dari user selama penggunaan sistem.