Apa saja teknik pencahayaan yang ada pada dunia fotografi?

Pencahayaan

Pencahayaan dalam dunia fotografi memang sangatlah penting atau merupakan peran yang sangat vital sekali, karena dengan adanya tekhnik pencahayaan yang bagus maka kita mendapatkan gambar atau hasil yang sangat bagus, lalu apa saja teknik pencahayaan yang ada di dalam dunia fotografi ?

Berikut ini merupakan teknik pencahayaan yang ada pada dunia fotografi:

1.Pencahayaan Outdoor

Daylight dan sinar matahari bukan sumber cahaya yang konstan, karena mereka berubah sesuai dengan jam dan cuaca, musim, lokasi, dan lintang. Warna sinar matahari berubah paling cepat di ujung hari yaitu di pagi dan senja hari.

Kualitas sinar matahari tergantung pada intensitas dan arah cahaya. Sinar matahari langsung yang kuat akan menghasilkan cahaya yang “keras”. Sinar matahari adalah pencahayaan yang paling sulit, terutama pada siang hari. Sinar matahari yang kuat membuat warna yang kuat menjadi lebih cemerlang, tapi warna yang pucat akan menjadi lemah.

2.Front light

Jenis pencahayaan yang dibuat ketika sumber cahya berada di belakang fotografer disebut front light. Pencahayaan di atas bahu mungkin adalah teknik pencahayaan fotografi yang paling umum. Hal ini tampaknya menjadi resep universal untuk menghasilkan foto yang baik. Namun kasus terhadap pencahayaan di atas bahu itu menghasilkan efek yang flat, tidak menunjukan detail maupun memberikan kesan mendalam. Oleh karena itu, untuk memberikan kesan bentuk, kedalaman, dan tekstur pada subjek, idealnya kamu harus memiliki cahaya datang dari samping atau setidaknya dari sudut.

3.Side light

Side light (pencahayaan dari samping) sangat penting dalam fotografi hitam putih yang mengandalkan warna abu-abu, bukan warna, untuk menangkap subjek. Bayangan yang disebabkan oleh pencahayaan dari samping mengungkapkan detail yang dapat membuat foto menjadi lebih menarik dari yang awalnya biasa-biasa saja. Hal ini berlaku untuk foto berwarna juga.

Gambar yang dibuat dengan side light biasanya memiliki bayangan yang keras dan kontras. Untuk meringankan bayangan dan mengurangi kontras, kamu mungkin ingin menggunakan beberapa jenis reflektor atau menggunakan lampu kilat.

4.Back light

Ketika sumber cahaya berada di depan fotografer, datang langsung ke kamera, kamu memiliki apa yang disebut sebagai back light. Jenis pencahayaan seperti ini sangat efektif untuk foto seseorang di luar ruangan di bawah sinar matahari yang cerah. Dalam terang sinar matahari, ketika subjek diterangi dari depan maupun samping, mereka mungkin tidak nyaman dan menyipitkan mata. Back light membantu untuk menghilangkan masalah ini. Back light juga mungkin memerlukan penggunaan reflektor atau lampu kilat untuk mencerahkan bayangan gelap dan meningkatkan detail subjek. Back light juga digunakan untuk menghasilkan efek siluet.

Bila kamu menggunakan back light, hindari sinar matahari jatuh langsung ke lensa (kecuali untuk efek khusus). Sebuah hood lensa atau beberapa cara lain dapat digunakan untuk mencegah flare lensa.

5.Existing Light

Terkadang disebut juga cahaya yang tersedia atau fotografi cahaya natural, adalah pembuatan gambar dengan cahaya yang kebetulan berada di tempat kejadian. Ini termasuk cahaya dari meja, lantai, lampu langit-langit, lampu-lampu neon, jendela, lilin, lampu ponsel otomatis, dan jenis cahaya lainnya. Dengan existing light, fotografer memiliki kesempatan untuk membuat gambar yang kreatif dan dramatis.

Existing light memungkinkan fotografer bergerak bebas karena peralatan pencahayaan tambahan tidak diperlukan. Jarak subjek, bila tidak menggunakan flash, tidak mempengaruhi pada exposure/paparan. Untuk foto existing light, kameramu harus dilengkapi dengan lensa cepat setidaknya f/2.8, tetapi lebih disukai sekitar f/1.4. Shutter kamera harus memiliki pengaturan B atau T, dan untuk eksposur lebih dari sekitar 1/60 detik, selain itu kamu membutuhkan tripod atau hal lain untuk mendukung kamera.

Foto Outdoor pada Malam Hari

Waktu yang baik untuk membuat foto berwarna dengan kesan malam adalah sebelum benar-benar gelap. Pada saat ini, warna biru (atau bahkan oranye) akan nampak di langit. Warna ini, ketika senja, akan memberikan latar belakang yang dramatis untuk fotomu. Banyak bangunan terlihat agak biasa di siang hari, tapi pada malam hari, mereka sering terlihat menarik.