Apa saja teknik dan tools dalam Human Resource Management Plan?

Human Resource Management Plan merupakan suatu perencanaan yang dibuat untuk mengatur sumber daya (tenaga kerja) yang ada dalam perusahaan. Sistem tersebut diciptakan untuk memaksimalkan setiap individu secara efektif, sehingga tujuan bersama dapat tercapai. Lalu teknik dan tools apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut?

1 Like

Tools dan Teknik dalam Human Resource Management Plan

fig9-2

Terdapat 5 (lima) tools dan teknik dalam human resource management plan, diantaranya :

  1. Organization Charts and Position Description
    Berbagai format yang ada untuk mendokumentasikan peran anggota tim dan tanggung jawab. Sebagian besar format jatuh ke salah satu dari tiga jenis yaitu hirarkis, matriks dan orientasi teks.
    Selain itu, beberapa tugas proyek terdaftar dalam rencana anak perusahaan, seperti risiko, kualitas atau rencana manajemen komunikasi. Apapun metode yang digunakan, tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap paket pekerjaan memiliki seorang pemilik yang jelas dan bahwa semua anggota tim memiliki pemahaman yang jelas tentang peran dan tanggung jawab mereka.

  2. Networking
    Merupakan interaksi formal dan informal dengan orang lain dalam sebuah organisasi, industri atau lingkungan profesional. Manfaat manajemen sumber daya manusia dari suksesnya networking yakni dengan meningkatnya pengetahuan dan akses ke aset sumber daya manusia seperti kompetensi yang kuat, pengalaman khusus dan peluang kemitraan eksternal.
    Contoh kegiatan jaringan sumber daya manusia termasuk korespondensi proaktif, pertemuan makan siang, percakapan informal, termasuk rapat dan acara, konferensi perdagangan dan simposium.

  3. Organizational theory
    Teori organisasi memberi informasi tentang cara seseorang, tim dan unit organisasi berperilaku. Teori organisasi yang berlaku mungkin merekomendasikan berolahraga gaya kepemimpinan yang fleksibel yang menyesuaikan dengan perubahan tingkat kematangan tim di seluruh siklus hidup proyek.

  4. Expert Judgement
    Dalam rencana manajemen sumber daya manusia, expert judgement digunakan untuk :

  • Daftar kebutuhan awal untuk ketrampilan yang dibutuhkan
  • Menilai peran yang diperlukan untuk proyek berdasarkan deskripsi peran standar dalam organisasi
  • Menentukan tingkat upaya awal dan jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan proyek
  • Menentukan hubungan pelaporan yang dibutuhkan berdasarkan pada budaya organisasi
  • Memberikan pedoman lead time yang dibutuhkan untuk staf berdasarkan pelajaran dan kondisi pasar
  • Mengidentifikasi risiko yang terkait dengan akuisisi staf, retensi dan rencana rilis
  • Mengidentifikasi dan merekomendasikan program untuk mematuhi pemerintah yang berlaku dan kontrak serikat
  1. Meetings
    Ketika perencanaan manajemen sumber daya manusia dalam sebuah proyek, tim manajemen proyek akan mengadakan rapat perencanaan. Rapat atau meeting ini berpengaruh terhadap kombinasi alat dan teknik lain yang mengijinkan semua anggota tim manajemen proyek untuk mencapai tujuan dari rencana manajemen sumber daya manusia.

Referensi :