Apa saja Tarian yang dapat membakar banyak kalori?


(Shannuel Shalom) #1

image

Secara alami, aktivitas menari membutuhkan lemak sebagai sumber energi utamanya, meski karbohidrat dan protein juga digunakan dalam tingkat yang lebih kecil. Makanya, untuk menghilangkan lemak tubuh yang membandel dan mendapatkan bentuk fisik terbaik, anda perlu untuk melakukan tarian-tarian yang dapat memicu pembakaran kalori, kira-kira tarian apa saja yang dapat membakar banyak kalori?


(Brigita Janesta Sinaga) #2
  1. Salsa
    Salsa adalah bentuk dance berpasangan yang dinamis pun menyenangkan dengan menggabungkan gaya afro-caribbean dan latin menjadikan salsa sebagai salah satu tarian yang paling ‘hidup’. Menarikan salsa – yang namanya berasal dari bahasa Spanyol “saus” yang berarti panas/pedas – selama satu jam maka anda dapat membakar kurang lebih 405 kalori untuk seseorang dengan berat sekitar 60 kg, atau sekitar 480 kalori untuk orang dengan berat tubuh sekitar 80 kg.

  2. Street Dance
    Street dance terdiri dari berbagai genre yang mempunyai satu kesamaan: gerak eksplosif berdaya gedor Hulk yang sedang mengamuk. Sebut saja breaking, locking, popping dan krumping. Semuanya adalah tarian yang membutuhkan energi yang mumpuni untuk melakukannya mengingat tarian-tarian adalah dansa dengan gerakan-gerakan yang intens. Masing-masing tarian pada street dance rata-rata membakar kalori dalam jumlah yang tak jauh berbeda: antara 370 kalori per jam untuk berat badan ringan hingga 610 kalori per jam untuk berat badan 80 kg ke atas. Yang agak sedkit berbeda adalah breaking, karena dalam tarian asal Bronx itu terdapat gerakan-gerakan ekstrim yang menuntut untuk menopang berat seluruh tubuh pada tangan atau kepala sehingga akan membekar kalori yang lebih banyak.

  3. Zumba
    Zumba adalah program kebugaran yang amat populer yang terinspirasi dari latin dance, termasuk di Indonesia ketika tarian ini sukses membawa orang (kebanyakan wanita) berbondong-bondong mendatangi pusat kebugaran untuk mencobanya. Zumba – yang berarti bergerak cepat dan bersenang-senang dalam bahasa Kolombia - menggunakan musik latin up beat yang dikombinasikan dengan latihan kardiovaskular yang menjadikannya sebagai aerobic dance yang menyenangkan dan mudah untuk dipelajari. Wanita dalam kisaran berat badan antara 54 – 77 kg akan membakar sebanyak 350 -650 kalori dalam satu jam latihan zumba dengan intensitas penuh. Pengeluaran kalori juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: berat badan, konten otot dan tingkat kebugaran.

  4. Tap Dance
    Tap dance adalah tarian yang menitik beratkan kepada kelincahan gerak kaki dengan menggunakan sepatu dengan pelat logam kecil di alasnya untuk membuat ketukan yang menjadi musik untuk tarian itu sendiri. Tari tap banyak berkembang di Amerika, berakar dari tarian Afrika, Irlandia dan clog dance. Jenis tarian ini merupakan latihan kardio yang sangat baik mengingat rancaknya gerakan kakinya. Tap dance memiliki jangkauan yang luas dalam hal pembakaran kalori, yaitu antara 200 – 700 kalori per jam.