Apa saja tari-tarian ritual untuk pesta kematian dari Sulawesi Selatan?


Tari-tarian merupakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Tidak hanya dalam keadaan senang saja melainkan dalam keadaan sedih juga dapat melakukan tari-tarian. Contohnya tari-tarian ritual untuk pesta kematian dari Sulawesi Selatan, ada apa saja ya tarian khas kematian dari Sulawesi Selatan?

Tari Mabadong
Tari Mabadong adalah perpaduan tarian dan nyanyian dukacita pada upacara kematian khas Sulawesi Selatan. Dari namanya sendiri ‘Ma’ yang berarti ‘melakukan’ dan pa’ yang berarti pelaku, sehingga Ma’badong berarti melakukan tarian dan nyanyian Badong, dan Pa’badong berarti penari Badong. Ma’Badong ini dilakukan secara berkelompok oleh pria dan wanita setengah baya atau tua dengan cara membentuk lingkaran besar dan bergerak sambil menyanyikan syair-syair dukacita.
Pelaksaan upacara kematian di Toraja,Sulawesi Selatan umumnya hanya dilakukan oleh keturunan bangsawan, serta keluarga dengan status sosial yang tinggi, yaitu mereka yang memiliki banyak harta kekayaan. Hal inilah yang menyebabkan Badong hanya dilakukan oleh golongan masyarakat yang kaya, walaupun dalam kenyataannya mereka sebagai penyelenggara, penari Badong sendiri adalah keluarga dan masyarakat umum yang dengan sukarela ingin mendoakan orang yang meninggal pada saat itu.